Artikel
Libur Lebaran, Ini 8 Lokasi Wisata Favorit di Jawa Barat
Minggu, 28 Agustus 2011 21:25 WIB | Dibaca 7.867 kali
Libur Lebaran, Ini 8 Lokasi Wisata Favorit di Jawa Barat
Pesona alam Jawa Barat masih menjadi daya tarik wisata saat libur Lebaran. Tahun lalu, misalnya, tujuan wisatawan banyak mengarah ke pantai dan pegunungan. Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat Herdiwan, sedikitnya ada delapan lokasi wisata yang dibanjiri pengunjung selama empat hari sejak hari pertama Lebaran.

1. Kota Bandung. Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini menjadi magnet bagi para wisatawan yang gemar belanja fashion, menikmati pemandangan dari bukit, hingga doyan makan. Selain itu, kebun binatang menjadi tempat rekreasi favorit keluarga. "Tamu yang masuk berdasarkan data keluar tol Bandung mencapai 600 ribu orang," kata Herdiwan, Ahad, 28 Agustus 2011.

2. Pantai Pangandaran, Ciamis, disambangi 200-300 ribu orang.

3. Sejumlah obyek wisata di kawasan Puncak, Bogor, seperti Taman Safari, diserbu 300 ribu wisatawan.

4. Obyek wisata Gunung Tangkuban Parahu serta pemandian air panas Ciater, Subang, menarik sekitar 300 ribu wisatawan.

5. Kawah Putih dan Situ Patengan di Kabupaten Bandung dinikmati lebih dari 150 ribu pengunjung.

6. Di Kota Bogor, Kebun Raya menjadi tempat favorit bagi lebih dari 100 ribu lebih pengunjung.

7. Pantai Pelabuhan Ratu didatangi lebih dari 30 ribu orang.

8. Keraton Cirebon dipadati lebih dari 20 ribu orang.

Menurut Herdiwan, musim libur Lebaran ikut meningkatkan hunian hotel. Di kawasan Pantai Pangandaran, Pelabuhan Ratu, Puncak dan Cipanas, serta Ciater umumnya melonjak 70 persen dibanding hari biasa, atau naik 30 persen dibanding Sabtu dan Minggu.

Selain itu, kata Herdiwan, ada belasan obyek wisata alternatif lainnya. Di Bandung, ada Gua Pawon, Cipatat, yang menyimpan fosil manusia purba, serta Curug (air terjun) Malela di daerah Rongga Kabupaten Bandung Barat. Di Kabupaten Bandung ada pula wisata kesehatan air panas di Cibuni dan wisata kebun di Gambung.

Di Karawang ada Candi Jiwa, serta situs megalitikum di Gunung Padang, Cianjur. Sedangkan di daerah Indramayu ada Pulo Biyawak, Sindang Kerta di Tasikmalaya, Pantai Cimaja dan Ujung Genteng di Sukabumi, serta Taman Nasional Ciremai Kuningan. Menurut Herdiwan, lokasi wisata alternatif itu selain masih jarang dikunjungi wisatawan, akses dan fasilitas akomodasinya juga masih kurang.
Baca Juga Artikel Lainnya:

Print PDFPDF ArsipArsip RSSRSS


Anda ingin mengirimkan Artikel ataupun menjadi Citizen Journalism? anda bisa mengirimkan Artikel kepada kami melalui fasilitas Kontribusi Berita


Rundreise Java
1
Rundreise Java
Senin, 23 Juni 2014 14:25 WIB
Wah boleh juga utk alternatif lebaran tahun depan.
Jasa SEO Sleman
2
Jasa SEO Sleman
Senin, 13 Juli 2015 13:53 WIB
sangat menarik sekali bisa mengunjungi salah satu dari itu...
Agent Pulau Tidung
3
Agent Pulau Tidung
Kamis, 23 Juli 2015 05:54 WIB
Blogpost bertajuk Libur Lebaran, Ini 8 Lokasi Wisata Favorit di Jawa Barat ini demikian kami senangi disisi yg lain andaikata seluruh audience pingin wawasan hal-hal yg berkaitan dengan Paket Pariwisata Pulau Tidung bisa mampir ke web site ane.

Anda dapat memberikan komentar tentang Libur Lebaran, Ini 8 Lokasi Wisata Favorit di Jawa Barat dengan menggunakan form dibawah ini .





 Notifikasi via email jika ada yang komentar



comments powered by Disqus
Akomodasi,Pangandaran
Pondok Dewi
Rp. 400.000
Pondok Dewi
Pondok Dewi Pangandaran adalah penginapan yang dikhususkan bagi para backpacker. soal harga tidak perlu diragukan lagi, sangat terjangkau.Letaknya tidak terlalu
Pondok Dona
Rp. 500.000
Pondok Dona
Letaknya kurang lebih 100 M dari pantai pangandaran,suasana yang asri dan nyaman untuk anda berlibur di pantai pangandaran,tarif yang ekonomis
Aneka,Pangandaran
Tradisi Munggahan Warga Pangandaran

Tradisi Munggahan Warga Pangandaran
Setiap tradisi merupakan budaya turun temurun yang mau tidak mau harus dipertahankan oleh setiap generasinya , serta harus dipegang teguh karena itu salah satu bentuk rasa hormat kita terhadap leluhur di daerah tempat tradisi