Home >

Jalan Rusak dan Lamban Diperbaiki, Warga Purbahayu Curhat


Jalan Rusak dan Lamban Diperbaiki, Warga Purbahayu Curhat

Puluhan warga Ds. Purbahayu, Pangandaran “curhat” tentang kondisi jalan menuju tempat pembuangan akhir (TPA) kepada Presidium Pembentukkan Kab. Pangandaran. Mereka “keukeuh” akan memblokir truk pengangkut sampah melintas ke daerahnya, sebelum ada tanda-tanda dimulainya pengerjaan rehabilitasi jalan yang rusak. Curhat warga berlangsung di rumah Ketua 05/03 Dusun Karanganyar, Ds. Purbahayu bernama Tuhiran. Hadir pada kesempatan tersebut, jajaran Presidium Pembentukkan Kab. Pangandaran H. Supratman, B.Sc. S.Ap. (ketua), Andis Sose, SE (sekretaris), Untung (sie pemerintahan), Idham (sie kemasyarakatan) dan sekitar 70 orang perwakilan warga

Perwakilan warga Purbahayu bernama Darsum mengatakan warga Purbahayu sudah jengah dengan kerusakan jalan di daerahnya akibat truk pengangkut sampah. Menurut Darsum, janji manis pihak terkait yang akan memperbaiki jalan yang rusak sudah sering diucapkan namun tidak ada realisasinya.

"Sejak tahun 2009 lalu, pemangku kebijakan Ciamis berjanji akan memperbaiki jalan menuju TPA Purbahayu yang rusak. Paktanya sampai tahun ini (2013), janji itu meleset terus, sehingga warga keukeuh akan memblokit truk pengangkut sampah sebelum ada tanda-tanda dimulainya perbaikan jalan,” kata Darsum.

Kordinator aksi blokir jalan Purbahayu bernama Nana me­nambahkan, sepekan ke belakang sudah ada upaya negoisasi pemerintah melalui Dinas Ciptakarya Kab. Ciamis agar warga Purbahayu membuka akses jalan untuk pengangkutan sampah.

Menurut Nana, permohonan tersebut ditolak warga, walau­pun pihak Dinas Ciptakarya Kab. Ciamis memastikan ang­garan untuk perbaikan jalan sudah disetujui, dan tinggal menunggu waktu pencairan. Ketua Presidium Pemben­tukkan Kab. Pangandaran H. Supratman, B.Sc. S.Ap memahami kekecewaan warga Pur­bahayu tentang kerusakan jalan yang tak kunjung diperbaiki pemerintah.

Supratman berjanji, akan menyampaikan persoalan tersebut kepada pemerintah, seraya memohon agar perbaikan jalan benar-benar bisa direalisasikan.
“Saya akan mencari tahu rencana perbaikan jalan menuju TPA Purbahayu kepada pemerintahan Kab. Ciamis. Tentu saja, saya pun akan menyampaikan secara serius agar pemerintah bisa merealisasikan janjinya,” kata Supratman.

Sementara itu, akibat sampah di sekitar Kantor UPTD Cip­takarya Pangandaran yang se­ma­­kin menumpuk, pihak pe­ngelola menimbun sampah di sekitar perkantoran tersebut, Rabu malam (30/01/2013). Upa­ya penimbunan sampah dilakukan dengan mengerahkan sejumlah alat berat. Kasubag TU UPTD Cip­takarya Pangandaran Cucu Kur­niawan mengatakan, pihaknya respon terhadap ke­luhan ma­syarakat tentang dampak dari penimbunan sampah. Paling tidak, dalam waktu dekat akan diatasi, tentunya setelah dicermati dengan serius.
Menurut Cucu, untuk membuat galian tanah 5m x 7m2 dengan kedalaman tiga meter, pihaknya mendatangkan sejumlah alat berat.  kabar-priangan.com



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini