Home >

Desa Kalijati Sukses Bangun Jalan 3,2 KM


Desa Kalijati Sukses Bangun Jalan 3,2 KM

Sidamulih, myPangandaran.com - Warga Dusun Karang Pete dan Dusun Lingga Desa Kalijati Kecamatan Sidamulih berhasil menyelesaikan proyek pengerasan dan rabat beton jalan sepanjang 3,2 kilometer.

Proyek tersebut menggunakan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri plus swadaya masyarakat. Pembangunan jalan yang melibatkan 281 warga itu, diselesaikan selama empat bulan.Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Asep Priyatna mengatakan pengerjaannya dimulai sejak 26 November 2009 silam. “Walaupun jalan ini meliputi dua dusun namun pengerjaannya melibatkan seluruh dusun di Desa Kalijati,” ungkapnya.

Awalnya, program PNPM Mandiri --dengan anggaran Rp 229 juta hanya untuk pengerasan dan rabat beton jalan sepanjang 1,2 kilometer. Namun berkat semangat gotong royong, jalan bisa diselesaikan sepanjang 3,2 kilometer.Camat Sidamulih Apip Winayadi mengaku sangat bangga terhadap perjuangan warga Desa Kalijati. “Yang membanggakan buat saya, walaupun desanya terpencil, tapi semangat gotong royong dan kekeluargaannya sangat tinggi,” ujar dia.

Dia berharap warga bersama-sama memelihara jalan tersebut. “Jalan ini harus dijaga dengan baik,” tegas dia saat serah terima jalan dari TPK kepada Desa Kalijati di Dusun Lingga, kemarin.Disamping semangat gotong royong yang baik, warga Desa Kalijati termasuk warga yang taat pajak. “Jarak dari sini  (Kalijati) ke kecamatan (Sidamulih) sangat jauh, naik turun bukit, namun semua warga di sini bayar pajaknya lancar,” pujinya.

Kepala Desa Kalijati Rahman Setiadi memaparkan jalan yang menghubungkan Dusun Karang Pete dan Dusun Lingga sebelumnya berupa tanah liat. Jika hujan sangat licin dan berlumur Lumpur. Saat kemarau kering dan retak-retak.

“Saya sangat merasakan, dulu bagaimana susahnya akses transportasi warga di sini. Mobil nggak bisa masuk, pengendara motor pun harus ektra hati-hati kalau lewat sini. Jika ada yang sakit, warga berduyun-duyun menggotong pakai tandu ke Puskesmas Kalijati,” ungkapnya.

Sumber RadarTasimalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini