Home >

Warga di Dua Desa Khawatir Kekurangan Pasokan Air


Warga di Dua Desa Khawatir Kekurangan Pasokan Air

Padaherang, myPangandaran.com - khawatir sawahnya kekurangan air, puluhan warga Mangunjaya dan Padaherang mengadu ke anggota dewan beberapa waktu lalu. Bertempat di Balai Desa Paledah Kecamatan Padaherang, warga menyatakan tidak setuju dengan rencana PDAM yang akan membuka saluran baru. Pasalnya, PDAM berencana akan mengambil air dari Bendungan Manganti, yang saat ini menjadi sumber pengairan sawah mereka.

Hadir dalam acara tersebut, Iwan M Ridwan dan Erma Bastaman, anggota Komisi II DPRD Kabupaten Ciamis, H E Kusnadi, anggota DPRD Provinsi, kelompok tani dan tokoh masyarakat setempat. Menurut warga, saat ini saja petani kesulitan air saat musim tanam kedua. “Debit air di Bendungan Manganti dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Saat ini saja jika tiba musim tanam kedua, kami harus rebutan air. Apalagi saya denger ada rencana PDAM mau ngambil dari situ (Manganti, red). Jelas saja kami khawatir, bagaimana nasib sawah kami,” ungkap Dahlan, warga Karangpawitan Kecamatan Padaherang.

Sementara itu, menurut H E Kusnadi, anggota DPRD Provinsi dari Partai Golkar itu menilai, aksi protes yang dilakukan warga sangatlah wajar. Pasalnya, warga menggantungkan hidupnya dari lahan pertanian.Sementara Iwan M Ridwan, anggota Komisi II DPRD Kabupaten Ciamis, mengatakan bahwa sebagai wakil rakyat dirinya akan memperjuangkan aspirasi warga tesebut. “Rencana PDAM membuka saluran baru memang baik dan bisa membantu sebagian warga. Namun hal tersebut harus dilakukan kajian terlebih dahulu, dengan melihat berbagai aspek. Jangan sampai rencana yang baik tersebut membuat warga lainnya menjadi korban,” ungkapnya.

Pihaknya pun akan merundingkan bersama rekan yang lain di Komisi II. Iwan berjanji, secepatnya akan memanggil PDAM untuk mencarikan solusi permasalahan yang dikhawatirkan warga.

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini