Home >

Sidomulyo Berharap Jadi Desa Agrowisata


Sidomulyo Berharap Jadi Desa Agrowisata

Pangandaran,myPangandaran.com-Menciptakan Pangandaran menjadi kota wisata dengan beragam objek menarik menjadi impian berbagai pihak, termasuk warga Desa Sidomulyo yang berupaya membangun desanya menjadi Desa Agrowisata.Guna mewujudkan hal tersebut, warga yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) Sidomulyo, secara rutin mengikuti berbagai pelatihan yang digelar Lokal Working Group (LWG).

LWG adalah kelompok kerja lokal yang fokus terhadap pengembangan kepariwisataan dengan dukungan United Nations World Tourism Organization (UNWTO) dan United Nations Development Program (UNDP).Usai mengikuti pelatihan pengolahan tanaman obat keluarga di balai desa setempat, kemarin, Ketua Pokja Sidomulyo Muslimin menyatakan warga Sidomulyo termasuk warga yang kompak dan selalu ingin tahu.Kata dia, desa Sidomulyo letaknya jauh dari jalan utama (jalan kabupaten). Makanya, kemungkinan untuk dikenal masyarakat di luar Pangandaran maupun wisatawan sangat kecil.

“Kalau ada program, baik dari pemerintah maupun pihak lain yang peduli terhadap warga dan daerah kami, tentu kami sangat menyambut baik dan berterima kasih,” tutur dia.Dikatakannya, Sidomulyo merupakan daerah yang subur. Hamparan sawah dan ribuan pohon kelapa berderet mengitari hampir setiap rumah penduduk. Karena itu sebagian besar warganya bekerja sebagai petani, seperti bercocok tannam dan petani gula kelapa.

“Mudah-mudahan dengan seringnya warga mengikuti pelatihan, wawasan mereka semakin bertambah, yang utamanya mampu mengaplikasikan di lapangan. Sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan warga,” ujar dia.Sementara Budi Nugroho, penanggung jawab program dari UNDP yang juga anggota LWG mengatakan program pelatihan direncanakan berlangsung selama satu tahun.“Saat ini kami menekankan untuk membuat satu kawasan agrowisata, kebetulan Desa Sidomulyo memiliki sumber daya baik itu alam maupun manusianya yang sangat menunjang. Tanah di sini subur, warganya juga sangat antusias,” ungkapnya.

Ke depan, lanjut dia, Desa Sidomulyo diharapkan mampu menjadi kawasan agrowisata yang mampu menarik minat wisatawan. “Saat ini kami tekankan terhadap pelestarian dan pemanfaatan obat,” tuturnya.Materi pelatihan kali ini, tambah dia, mulai dari mengidentifikasi tanaman, pengolahan tanaman hingga pengolahan pupuk kompos. “Nanti harus mampu menyusun dan mencetak buku panduan wisata tanaman obat,” harap Budi.

Budi berharap warga mampu memaksimalkan setiap halaman rumahnya. Sehingga, program tanaman obat mampu menjadi langkah awal menuju terbentuknya desa wisata di Pangandaran.“Untuk membetuk sebuah desa wisata, peran masyarakat menjadi sangat penting. Tanpa keterlibatan masyarakat, keinginan membentuk desa wisata sangatlah kecil,” pungkasnya

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini