Home >

Kapal Compreng Pindah Tempat Berlabuh


Kapal Compreng Pindah Tempat Berlabuh

Pangandaran,myPangandaran.com-Sejak sepekan terakhir, puluhan nelayan memindahkan tempat berlabuh kapal compreng dari Pantai Timur ke Pantai Barat. Hal itu dilakukan untuk menghindari bahaya karena angin timur masih kencang.Menurut para nelayan, perpindahan tempat berlabuh kapal compreng di Pangandaran kerap dilakukan saat musim angin barat maupun angin timur. “Kalau lagi angin timur, kita (berlabuh) ke barat, bigitu juga sebaliknya,” tutur Yanto (38), salah seorang nelayan compreng, kemarin.

Dia menjelaskan Pangandaran merupakan tempat yang nyaman dan aman sebagai tempat berlindung karena letak perairannya yang menjorok ke darat. Angin yang bertiup terhalang daratan Cagar Alam dan Nusakambangan.Petugas Pos Polisi Perairan Pangandaran Briptu Sujarwo mengatakan saat ini iklim tidak menentu. “Seharusnya bulan Juli sudah memasuki musim angin barat dan musim kemarau tapi sekarang cuacanya berubah-ubah, kadang angin barat, kadang angin timur. Hujan juga masih sering terjadi,” tuturnya.

Menurut dia, saat ini angin timur masih berhembus kencang terutama di malam hari. Untuk itu, nelayan berlindung di Pantai Barat. “Mereka (nelayan, red) itu kan tinggal di kapal. Jadi kalau anginnya kencang nggak nyaman buat mereka. Selain menganggu kesehatan, kapal juga menjadi goyang,” tuturnya.Fenomena cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, sambung dia, menyebabkan nelayan mengalami paceklik berkepanjangan. “Sekarang hujan masih sering terjadi, biasanya ikan sulit ditangkap. Berbeda dengan musim kemarau, hasil tangkapan nelayan lebih baik,” tuturnya.

Deretan kapal compreng yang berjarak sekitar 200 meter dari bibir pantai tersebut mengundang perhatian wisatawan yang sedang beraktivitas di Pantai Barat. “Dulu saya ke sini nggak ada kapal-kapal besar, tapi sekarang kok jadi banyak,” ungkap Dadi (33), salah seorang wisatawan asal Bandung.

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini