Home >

Lomba Perahu Hias Meriahkan Syukuran Nelayan


Lomba Perahu Hias Meriahkan Syukuran Nelayan

Pangandaran,myPangandaran.com-Nelayan Pangandaran kembali menggelar acara Syukuran Nelayan atau biasa disebut Hajat Laut, Kamis (6/1). Namun berbeda dengan tahun sebelumnya, syukuran kali ini dimeriahkan oleh lomba perahu hias yang cukup menawan dan menarik perhatian.

“Sungguh, syukuran nelayan sekarang terasa menarik karena dimeriahkan oleh konvoi perahu hias. Ini luar biasa,” kata Ahmad, wisatawan asal Cirebon yang datang bersama keluarganya, khusus untuk menonton syukuran nelayan. Ahmad dan wisatawan lainnya menikmati acara syukuran nelayan bersama sejumlah pejabat seperti Agun Gunandjar Sudarsa, Bupati Ciamis Engkon Komara, dan sejumlah undangan lainnya.

Bukan hanya Ahmad yang terpesona. Wisatawan lainnya pun, baik wisatawan domestik maupun mancanagara tersihir. Mereka berantusias menyaksikan, rangkaian ritual syukuran nelayan Pangandaran, yang dibungkus dengan kemasan seni budaya tersebut

Salah seorang wisatawan asal Tasikmalaya, bernama Aneu (18), mengaku sudah tiga kali menyaksikan syukuran nelayan di Pangandaran. Setiap kali menyaksikan kegiatan tahunan tersebut, dirinya bahagia dan puas. Apalagi sekarang, karena syukuran sekarang dimeriahkan oleh konvoi perahu hias milik nelayan. “Memang saya sering menonton hajat laut, tapi baru kali ini saya senang sekali,” ujar Aneu.

Berdasarkan catatan, lomba perahu hias di Pangandaran tersebut dimulai Rabu (5/1) lalu. Lomba yang diselenggarakan Organisai Perahu Pesiar Pangandaran itu diikuti sebanyak 85 perahu yang didandani semenarik mungkin.

Bila Rabu lalu, perahu hias itu tidak konvoi, tetapi Kamis kemarin, panitia sengaja menyelenggarakan acara konvo perahu berkeliling Gunung Cagar Alam di Pantai Barat, hingga Pantai Timur Pangandaran. Kegiatan tersebut sengaja diselenggarakan untuk memeriahkan syukuran nelayan.

“Kami memang sengaja menyelenggarakan acara konvoi perahu pesiar. Itu dilakukan untuk memeriahkan syukuran nelayan,” kata Ketua Organiasi Perahu Pesiar Pangandaran, Dedi Hermawan, SPd.

Menurut Dedi, tiap tahun sebenarnya ada acara lomba hias perahu pesiar itu. Tetapi untuk tahun sekarang, acara lebih semarak lagi. Pesertanya, kata dia, lebih banyak lagi, sehingga acara bukan hanya diselenggarakan di pantai barat, melainkan juga di pantai timur.(PikiranRakyat)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini