Pangandaran,berita
Berita Kabupaten Pangandaran
Kenali Parigi, Kenapa Menjadi Ibukota Kabupaten Pangandaran?
Senin, 08 April 2013 14:05 WIB | Dibaca 3.807 kali
Kenali Parigi, Kenapa Menjadi Ibukota Kabupaten Pangandaran?
Gedung Kecamatan Parigi yang rencananya akan menjadi kantor dinas Plt Bupati Pangandaran sementara sebelum dipindahkan ke pusat pemerintahan di desa cintaratu.
Pangandaran, myPangandaran.com - Masyarakat Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Pangandaran sudah saatnya lebih dekat atau tidak lagi asing dengan Kecamatan Parigi, sebab nantinya wilayah tersebut bakal menjadi ibukota Kabupaten Pangandaran.

Agar lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, berbagai kegiatan pemerintahan maupun kebudayaan tingkat kabupaten, bakal digelar di wilayah tersebut.

Hingga saat ini masih banyak warga yang belum mengetahui apa yang menjadi alasan dipilihnya Kecamatan Parigi sebagai iku kota Kabupaten Pangandaran paska lepas dari induknya,yakni Kabupaten Ciamis.

Setidaknya apabila dilihat dari kondisi yang ada saat ini, Kecamatan Cijulang "tampak" lebih maju dibandingkan lainnya. Kecuali Kecamatan Pangandaran yang sarana dan prasarana pariwisatanya sangat jauh lebih maju dan lengkap apabila dibandingkan dengan seluruh kecamatan yang tergabung dalam Kabupaten Pangandaran. Terlebih nama Pangandaran tidak hanya terkenal seantero Indonesia, akan tetapi juga internasional.

Menyongsong peresmian Kabupaten pangandaran yang berlangsung 18 April 2013 di jakarta, saat ini Kecamatan Parigi sudah mulai menjadi titik perhatian.

Setidaknya pemerintah juga sudah mempersiapkan untuk secepatnya merahabilitasi bangunan kantor Kecamatan Parigi yang kondisinya memperihatinkan, karena banyak yang rusak. Sesuai dengan prasasti yang terdapat di dalam ruangan, Kantor Kecamatan Cijulang diresmikan pada tahun 1962.

Keberadaan Kantor Kecamatan Parigi di Desa Karangbenda sebagai Kantor Bupati Pangandaran hanya bersifat sementara, sebab berdasarkan berbagai pertimbangan nantinya Desa Cintaratu, Parigi yang bakal dijadikan sebagai ibu kota Kabupaten Pangandaran.

Menurut salah seorang tokoh massyarakat Pangandaran Andis Sose banyak hal yang melatarbelakangi dipilihnya Kecamatan Parigi sebagai ibiu Kota Kabupaten Pangandaran.

Beberapa hal penting yang menjadi pertimbangan adalah lokasi Parigi adalah sangat strategis karena berada di tengah wilayah Kabupaten Pangandaran yang terdiri dari sepuluh kecamatan.

Sepuluh kecamatan tersebut, yaitu Kecamatan Cijulang, Cigugur, Langkaplancar, Parigi, Sidamulih, Pangandaran, Kalipucang, Padaherang dan Mangunjaya.

"Dengan posisinya yang terletak di tengah menjadikan rentang kendali terhadap seluruh wilayah relatif sama. hal tersebut juga menjadi salah satu bahan pertimbangan mepagpa Kecamatan Parigi dijadikan ibu kota kabupaten," tuturnya.

Dia mengungkapkan bahwa pada saat pembahasan calon ibu kota, ada tiga kecamatan yang masuk nominasi yang bakal dijadikan sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Pangandaran, yakni Kecamatan Cijulang, Sidamulih dan Parigi.

Tiga wilayah tersebut juga menduduki posisi rangking tiga besar calon ibukota kabupaten Pangandaran hasil kajian yang dilakukan oleh tim Universitas Padjajaran (Unpad) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Disebutkan, Kecamatan Cijulang menduduki posisi pertama dengan skor 30,74, kemudian Sidamulih dengan skor 27,53, serta kecamatan parigi dengan skor 27,21. Sedangkan skor tujuh kecamatan lainnya berada di bawah ketiga wilayah tersebut.

Untuk pemilihan ibu kota kabupaten, ia menyebut tetap mengacu pada PP nomor 78 Tahun 2007 tentang Tata cara Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Daerah.

"Benar banyak yang sudah memerkirakan Cijulang bakal menjadi calon ibu kota, akan tetapi posisinya tidak di tengah. Semula memang sempat memunculkan silang pendapat menyangkut lokasi ibukota, sebab Cijulang yang pertama, akan tetapi lokasinya tidak di tengah-tengah. Setelah diberi penjelasan mendalam oleh Presidium Pembentukan Kabupaten Pangandaran, serta masukkan tokoh masyarakat lainnya, akhirnya disepakati Kecamatan Parigi sebagai ibu kota Pangandaran," ungkapnya.

Andis Sose yang juga Sekretaris Presidium Pembentukan Kabupaten Pangandaran, menambahkan pertimbangan lainnya menyangkut ketersediaan lahan milik negara yang masih cukup luas. Selain itu berdasarkan pengalaman ketika terjadi gelombang pasang Tsunami, kecamatan parigi relatif aman, padahal lokasinya juga tidak jauh dari pantai.

"Tersedia tanah negara yang cukup luas, sekitar 47,7 hektar di Desa Cintaratu. Lokasi tersebut nantinya dijadikan sebagai kawasan pusat pemerintahan. Apabila harus membeli, tentunya sangat besar biaya yang harus dikeluarkan untuk pengadaan lahan," katanya.

Terpisah Kepala Bagian Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis Uga Yugaswara juga mengungkapkan bahwa ada sejumlah pertimbangan yang menjadi dasar Kecamatan Parigi dijadikan sebagai ibu kota Kabupaten Pangandaran.

Salah satunya menyangkut posisi Kecamatan parigi yang berada di pusat atau tengah wilayah. Selain itu juga tersedianya tanah negara yang cukup luas di wilayah tersebut.

"Banyak hal yang menjadi bahan pertimbangan untuk memilih ibu kota Kabupaten Pangandaran. Dipilihnya wilayah tersebut, tentu juga hasil pertimbangan, pembahasan mendalam, serta memiliki keunggulan di bandingkan kecamatan lain," tuturnya.

Sebelumnya Ketua Presidium Pembentukan Kabupaten Pangandaran Supratman mengatakan bahwa perlu upaya untuk lebih mengenalkan Kecamatan Parigi sebagai ibu kota Kabupaten Pangandaran.

Salah satu cara yang dilakukan adalah lebih banyak menggelar kegiatan yang berskala kabupaten di wilayah tersebut. Misalnya untuk menyambut peresmian Kabupaten Pangandaran bakal digelar pesta rakyat dan helaran seluh kesenian tradisional, diadakan di Parigi.

"Biar lebih familier dengan Parigi, masyarakat juga tidak lagi canggung menyebut Parigi sebagai ibu kota Pangandaran. Semua kegiatan yang berskala kabupaten, bakal digelar di tempat tersebut," tuturnya.

Berkenaan dengan kondisi bangunan yang ada, Camat Parigi Saepulah mengungkapkan bangunan kantor Kecamatan Parigi berikut sejumlah bangunan yang terdapat di kompleks tersebut kondisinya memperihatinkan.

Sebelum dijadikan sebagai perkantoran, fisilitas tersebut segera direhab atau diperbaiki total. Diperkirakan perbaikan perkantoran tersebut berlangsung hingga empat bulan.

"Untuk sementara, pejabat calon Bupati Pangandaran terpaksa berkantor darurat di KUD Minapari Parigi. Selain itu beberapa rumah dan bangunan milik warga juga disewa.

Setelah perbaikan selesai, pejabat Bupati Pangandaran akan menempati Kantor Kecamatan Pangandaran. Untuk sementara kantor kecamatan Parigi, juga pindah ke Balai Desa Karangbenda," katanya. Berita dan gambar dikutip dari PikiranRakyat dengan Perubahan judul dari Masyarakat DOB Pangandaran Sudah Saatnya tak Asing Lagi Dengan Parigi



Print PDF Versi PDF Arsip Lihat Arsip Berita Kabupaten Pangandaran RSS Sindikasi RSS

Anda ingin mengirimkan berita ataupun menjadi Citizen Journalism untuk Daerah Pangandaran dan sekitarnya? anda bisa mengirimkan berita kepada kami melalui fasilitas Kontribusi Berita



Turmono Astadiwangsa
1
Turmono Astadiwangsa
Selasa, 09 April 2013 08:03 WIB
Parigi dijadikan sebagai pusat pemerintahan merupakan upaya kompromi yang win-win solution mengingat strategisnya daerah ini. Tapi apabila daerah ini dijadikan sebagai ibukota permanen pun saya fikir memenuhi land scape sebagai layaknya ibukota daerah kabupaten, diantaranya; adanya alun2 (ruang terbuka), adanya sungai yg melintas kota (ini penting karena karakter ibu kota daerah semuanya dialiri oleh sungai sehingga secara tata kota merupakan kota yang macapat dan sebagai drainase induk sebuah kota) dari sisi lainnya sektor ekonomi serta tata letak kota parigi berada ditengah sehingga "mudah" dijangkau dan diakses oleh seluruh kecamatan yg ada. Disamping itu dengan konsep memisahkan pangandaran dengan ibukota kabupaten misalnya parigi akan terlihat jelas diawal visi daerah ini mau kemana serta menghidupkan daerah baru diluar pangandaran.... Pemilihan parigi merupakan pilihan yg cerdas...
Udin samsudin
2
Udin samsudin
Senin, 06 Mei 2013 16:23 WIB
Sy sbg warga parigi merasa bangga dgn wacana dijadknnya kec. Parigi sbg ibukota kabupaten,.disamping letaknya yg strategis, parigi jg memiliki kekayaan alam dn sumber daya manusia yg mumpuni untuk dimanfaatkn dlm rangka memajukan kab pangandaran.
Udin samsudin
3
Udin samsudin
Senin, 06 Mei 2013 16:23 WIB
Sy sbg warga parigi merasa bangga dgn wacana dijadknnya kec. Parigi sbg ibukota kabupaten,.disamping letaknya yg strategis, parigi jg memiliki kekayaan alam dn sumber daya manusia yg mumpuni untuk dimanfaatkn dlm rangka memajukan kab pangandaran.
herri
4
herri
Kamis, 09 Mei 2013 20:21 WIB
Satuju lah ....tengah2 posisina.
Karman Sutarman
5
Karman Sutarman
Rabu, 26 Juni 2013 12:01 WIB
Ikut senang lah Walaupun saya orang Ciamis, Tapi udah Lama pindah ke parigi
Ricky Al Amin
6
Ricky Al Amin
Senin, 04 November 2013 01:35 WIB
tentang rakyat miskinnya gimana nih, bakal diperhatikan ga !!
Edi sumantoro
7
Edi sumantoro
Kamis, 14 November 2013 22:53 WIB
pangandaran is the best
den epot  thea
8
den epot thea
Kamis, 21 November 2013 20:10 WIB
th 54 kuring lahir di Parigi pojok Alun-Alun deukeut pasar trus th 60 pindah ka Pangandaran,th 70 sd th 75 ka bandung ti th 76 nepi ka ayeuna di Tangerang, atoh pisan tumpah darah jadi pusat Kabupaten euy....
IWA KUSTIWA
9
IWA KUSTIWA
Kamis, 16 Januari 2014 10:06 WIB
Desa Cintaratu sbg Ibu Kota Kab. Pangandaran sangat cocok sekali karena letaknya ditengah-tengah 10 Kecamatan (Cimerak, Cijulang, Cigugur, Langkaplancar, PARIGI, Sidamulih, Pangandaran, Kalipucang, Padaherang, Mangunjaya) yg tegabung di DOB Kab. Pangandaran. Saya asli dilahirkan di Dusun Karangnangka Desa Bojong Kec. Parigi yg skrg lagi ngumbara di Kota Kembang. Jika ibu kota di Cintaratu alternatif akses jalan jika Pangandaran macet bisa ke Desa Selasari keluar Kec. Banjarsari atau Cimerak terus ke Kab. Tasikmalaya, tapi tolong insprastrukturnya dibenahi. Pangandaran perlu segera punya Rumah Sakit, Perguruan Tinggi selain Komplek Perkantoran Terpadu. hatur nuhun
Orang babakan
10
Orang babakan
Rabu, 16 April 2014 03:47 WIB
Mdah"n kab pangandaran jadi kota idaman...nging hilap jalan" kudu alus aspal na,trus fasilitas umum na di perhatikeun...mdah"an para pejabat nteu pada korup..

Anda dapat memberikan komentar tentang Kenali Parigi, Kenapa Menjadi Ibukota Kabupaten Pangandaran? dengan menggunakan form dibawah ini .





 Notifikasi via email jika ada yang komentar



comments powered by Disqus
Akomodasi,Pangandaran
Wisma Citra Dua
Rp. 350.000
Wisma Citra Dua
Terletak di jantung kota Pangandaran sangat cocok untuk liburan keluarga, kelompok atau perusahaan Lokasi hanya 50 meter dari pantai barat dan 400
Sindang Asih
Rp. 0
Sindang Asih
Hotel Sindang Asih Terletak Jl. Pantai Timur No.67 Pangandaran,Dengan suasana rileks dan santai, Anda dan keluarga akan menikmati panorama
Aneka,Pangandaran
7 Aktifitas Menantang Saat Berlibur di Pangandaran

7 Aktifitas Menantang Saat Berlibur di Pangandaran
Terkadang wisatawan beranggapan bahwa liburan di Pangandaran itu hanyalah wisata pantai, dan memang pantai yang landai dan hamparan pasir lembut dan luas selalu menjadi daya tarik tersendiri, terlebih fasilitas bermain juga s


myPangandaran di Social Media close button abatasa minimize button abatasa maximize button abatasa
Join us on Facebook
Follow us on Twitter