Pangandaran,berita
Berita Kecamatan Cijulang
Masyarakat Cimerak Pangandaran Tolak Penambangan Pasir Besi
Selasa, 16 April 2013 21:04 WIB | Dibaca 1.817 kali
Masyarakat Cimerak Pangandaran Tolak Penambangan Pasir Besi
Tampak jejeran mobil wisatawan melewati jalan yang rusak di wilayah Pangandaran, salah satu penyebabnya adalah truk pasir besi yang kelebihan tonase (Photo by Avinkhansamu)
Cimerak, myPangandaran.com - Sejumlah elemen masyarakat di wilayah Kecamatan Cimerak daerah otonom baru (DOB) Kabupaten Pangandaran menolak rencana penambangan pasir besi di wilayah pesisir pantai daerah tersebut. Salah satu alasannya karena khawatir jalan utama yang merupakan urat nadi perekonomian bagi masyarakat bakal hancur.

"Kami bersama dengan masyarakat menolak keras keberadaan penambangan pasir besi. Kami tidak ingin kejadian di Tasikmalaya kembali terulang di sini, lingkungan hancur akibat penambangan mineral tersebut," ungkap salah seorang tokoh masyarakat Cimerak, Agus Gunawan, Senin (15/4/13).

Dia mengatakan banyak masyarakat yang gelisah akibat adanya penelitian kandungan pasir besi yang dilakukan di daerah pantai. Di Cimerak setidaknya terdapat empat desa yang berpotensi untuk penambangan pasir besi, yakni Desa Legokjawa, Kertamukti, Masawah serta Ciparanti.

Salah seorang tokok masyarakat lainnya Ahmad irfan Alawi menegaskan bahwa pada prinsipnya sejalan dengan keinginan masyarakat. Hanya saja dia menamabahkan bahwa potensi tambang pasir besi di wilayah Cimerak masih dapat dimanfaatkan, hanya saja pengelolaannya harus selektif serta mengutamakan kelestarian lingkungan dan tidak merugikan masyarakat.

Dia mengatakan bahwa potensi sumber daya alam di wilayah Cimerak harus dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk meningkatkan kesejehteraan masyarakat. Selain pasir besi, Ahmad Irfan menambahkan Kecamatan CImerak juga menyimpan potensi bahan mineral lainnya seperti emas di wilayah Limus Gede, penambangan batu onyk, serta gas bumi. Selain itu juga menyimpan potensi pariwisata yang tidak kalah indahnyanya dibandingkan dengan yang terdapat di wilayah kecamatan pangandaran. Misalnya Pantai Madasari, Serta Pantai Keusik Luhur.

Lebih lanjut Ahmad Irfan yang juga anggota DPRD Kabupaten Ciamis mengungkapkan bahwa sampai saat ini Kabupaten Pangandaran belum memiliki cetak biru atau grand desain untuk pengembangan seluruh poytensi yang ada di wilayah itu. Cetak biru atau blue print merupakan pegangan bagia semua pihak untuk pengembangan atau pembangunan wilayah, tidak hanya mencakup wilayah kabupaten akan tetap juga detil hingga kecamatan, termasuk Kecamatan Cimerak. .

"Keberadaan cetak biru sangat penting, bahkan menjadi acuan untuk pengelolaan serta pembangunan wilayah. Tanpa ada cetak biru, maka arah pembangunan menjadi tidak teratur, acak-acakan. Itu pekerjaan penting yang harus diselesaikan sebelum membangun wilayah," katanya. Sumber Berita PikiranRakyat 



Print PDF Versi PDF Arsip Lihat Arsip Berita Kecamatan Cijulang RSS Sindikasi RSS

Anda ingin mengirimkan berita ataupun menjadi Citizen Journalism untuk Daerah Pangandaran dan sekitarnya? anda bisa mengirimkan berita kepada kami melalui fasilitas Kontribusi Berita



manisah
1
manisah
Kamis, 24 Oktober 2013 23:14 WIB
Jika akan mengadakan penambangan pasir didaerah-daerah tertentu harus teliti karena akibatnya akan dirasakan oleh msyarakat yang berada dilingkungan tersebut,bukan dirasakan oleh orang yang membuat izin,ataupun yang menambang pasir melainkan warga yang terdekat ,contohnya lumpur lapindo sampai saat ini belum ada pertanggung jawaban dari pihak yang bersangkutan dan menyebabkan lingkungan rusak dan puluhan bahkan ratusan hektar ladang dan perkebunan warga tenggelam,dan pada akhirnya masyarakatpun mengungsi ke tempt yang kumuh dan tidak steril. Jangan hanya mementingkan diri seendiri tapi harus mementingkan orang lain. Dalam Pemerintahan ada hal-hal yang mendukung terbentuknya Governance salah satunya yaitu Service Orientation yang artinya Berorientasi pada pelayanan. dalam hal ini pemerintah harus melayani masyarakat JANGAN INGIN DILAYANI !

Anda dapat memberikan komentar tentang Masyarakat Cimerak Pangandaran Tolak Penambangan Pasir Besi dengan menggunakan form dibawah ini .





 Notifikasi via email jika ada yang komentar



comments powered by Disqus
Akomodasi,Pangandaran
Malabar
Rp. 250.000
Malabar
Rencanakan liburan Anda dan keluarga ke Pantai Pangandaran dan menginaplah di Hotel Malabar,terletak di Jl. Pamugaran Pantai Barat No.128,bisa di
Menara Laut Hotel Pangandaran
Rp. 0
Menara Laut Hotel Pangandaran
"Meraskan sejuknya udara pagi Pantai Barat Pangandaran,minum kopi hangat setelah sarapan pagi, menyaksikan riakan ombak Pantai Barat dengan santai dari
Aneka,Pangandaran
7 Alasan Mengapa Harus Liburan Musim Panas di Pangandaran

7 Alasan Mengapa Harus Liburan Musim Panas di Pangandaran
Liburan terutama di Pangandaran selalu menjadi pilihan menarik mengingat dalam satu daerah wisata terdapat begitu beragamnya aktifitas yang dapat anda lakukan mulai dari bermain di air laut, bermain di air tawar, hingga menje