Home >

Dibukanya Rest Area dan Warung Wisata Emplak


Dibukanya Rest Area dan Warung Wisata Emplak

Kalipucang, myPangandaran- Sebagai daerah tujuan wisata, apalagi dengan pangsa pasar domestik terutama dari wilayah Bandung, Jakarta dan sekitarnya, yang notabene perjalanan menuju pusat objek wisata Pangandaran, memakan waktu yang tidak sebentar, maka dari itu keberadaan rest area atau semacamnya sangat di perlukan terutama bagi pengendara, dan wisatawan. Dengan di dirikanya rest area dan warung wisata yang terletak di daerah Emplak kecamatan Kalipucang, tepatnya di bunderan arah Pangandaran Jakarta dan Pantai Karapyak ini, yang telah di resmikan oleh Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran H. Endjang Naffandy pada hari selasa (11/03) kemarin, yang  diharidir pula tokoh masya­rakat, tokoh pemuda, pejabat terkait serta masyarakat umum.

Dalam kesempatan peresmian tersebut Pj Bupati End­jang Naffandy mengatakan rest area ini diharapan menjadi terobosan dalam pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Pangan­daran. "Setelah rest area ini berjalan dan berkembang, pemerintah daerah akan mengajukan penambahan fasilitas pelengkap ke provinsi atau pun pusat. Mudah-mudahan bisa diakomodir sehingga masuk ke APBD Perubahan,”ujarnya. Selain pengajuan untuk pengembangan wisata, pemerintah daerah juga tengah mengajukan anggaran ke pusat untuk pemerintah desa dengan besaran mencapai Rp 1 milyar per desa. “Harapan kita, ingin wisata desa menjadi garda terdepan. Dengan harapan APBD Kabupaten Pangandaran tahun 2014 ini mencapai Rp 600 milyar.

Demikian pula di sampaikan Wakil Ketua Karang Taruna Tunas Harapan Desa Empak Kecamatan Kali­pucang Agus Supriyatman me­negaskan pembangunan rest area ini bersumber dari PNPM-MD dan swadaya masyarakat. “Anggaran pemerintah sebesar Rp 160 juta dan swadaya mas­yarakat sebesar 180 juta,”ujar Agus. Agus melanjutkan, rest area ini terdiri dari 36 kios. Untuk melengkapi sarana penunjang, masyarakat baru membuat 2 MCK yang anggarannya bukan dari PNMP. Ke depan pihak desa dan masyarakat akan me­nambah fasilitas lainnya yakni masjid.an di bangun masjid. “Untuk kelancarannya, kami berharap Pemda Kab. Pangan­daran membantu kekurangan sarana penunjang lainnya. keperluan yang lebih mendesak, kami berharap pemerintah memberikan bantuan lampu mercury sebagai penerangan pasar dan aspal untuk lahan parkir rest area serta pembangunan taman,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Emplak Herna Sutisna ber­harap, dengan rest area ini bisa mendukung Kabupaten Pa­ngan­daran sebagai tujuan pariwisata yang men­dunia.”Kami dan masyarakat siap mendukung visi dan misi Pak Bupati yang ingin menjadikan Kabupaten Pangandaran sebagai tujuan wisata bagi mas­yarakat dunia,” ujarnya. Tentunya menjadi harapan banyak warga Pangandaran yang lain juga yang berharap sama.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini