Pangandaran,berita
Berita Kecamatan Pangandaran
19 RUU Pemekaran Dibahas 2013
Sabtu, 05 Mei 2012 11:25 WIB | Dibaca 4.391 kali
19 RUU Pemekaran Dibahas 2013
Pangandaran,myPangandaran.com-
JAKARTA - Mendagri Gamawan Fauzi tetap bersikukuh pada sikapnya bahwa pembahasan 19 Rancangan Undang-Undang (RUU) pemekaran daerah, baru akan dimulai pembahasannya setelah terbit UU pemda terbaru hasil revisi UU Nomor 32 Tahun 2012.

Dia memperkirakan, jika revisi UU pemda itu kelar akhir tahun ini, maka pembahasan serta pengesahan 19 RUU pembentukan otonom baru itu dilakukan 2013. Saat ditanya apakah pembentukan daerah otonom baru menjelang pemilu 2014 tidak akan menggangu penetapan dapil, Gamawan mengatakan, tidak. 

"Kalau pun 2013 disetujui, tidak akan mengganggu pemilu, karena daerah itu harus terlebih dulu menjadi daerah administrasi, tidak langsung otonom," ujar Gamawan Fauzi di kantornya, Jumat (4/5).Dia menyebutkan, untuk daerah administrasi sebagai persiapan menjadi otonom ini, memerlukan waktu tiga tahun. "Jadi tak mengganggu pemilu 2014," ulang Gamawan.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya secara internal sedang membahas 19 RUU pemekaran yang diusulkan DPR. Gamawan pun blak-blakan mengatakan, dirinya menyampaikan bahan pertimbangan ke Presiden SBY bahwa saat ini pemerintah masih berkomitmen dengan kebijakan masa jeda atau moratorium pembahasan pemekaran. 

Di masa jeda ini, sedang dibahas revisi UU pemda, yang didalamnya nanti memasukkan grand design penataan daerah, yang nantinya menjadi rujukan pembentukan daerah otonom baru. "Jadi tinggal sedikit lagi, tunggu UU hasil revisi ini," ucap Gamawan.Seperti diberitakan, 19 RUU pemekaran telah diajukan DPR ke presiden untuk dibahas. Salah satu RUU daerah provinsi baru yang akan dibentuk adalah Provinsi Kalimantan Utara.

Selebihnya pembentukan RUU daerah otonomi baru kabupaten yakni Mahakam Ulu di Provinsi Kalimantan Timur, Musi Rawas Utara di Provinsi Sumatera Selatan, Penukal Abab Lematang Ilir di Provinsi Sumatera Selatan, Malaka di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Pangandaran di Provinsi Jawa Barat, Pulau Taliabu di Provinsi Maluku Utara, Pesisir Barat di Provinsi Lampung, Mamuju Tengah di Provinsi Sulawesi Barat.Selanjutnya, Kabupaten Banggai Laut di Provinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten Morowali Utara di Provinsi Sulawesi Tengah. 

Sedangkan di Provinsi Sulawesi Tenggara akan dibentuk kabupaten/kota yakni Kabupaten Konawe Kepulauan, Kabupaten Kolaka Timur, Kabupaten Buton Selatan, Kabupaten Buton Tengah, Kabupaten Muna Barat, dan Kota Raha. Begitu juga dengan Kabupaten Manokwari Selatan dan Kabupaten Pegunungan Arfak di Provinsi Papua Barat.

Sumber : Jawa Pos


Print PDF Versi PDF Arsip Lihat Arsip Berita Kecamatan Pangandaran RSS Sindikasi RSS

Anda ingin mengirimkan berita ataupun menjadi Citizen Journalism untuk Daerah Pangandaran dan sekitarnya? anda bisa mengirimkan berita kepada kami melalui fasilitas Kontribusi Berita



Abah Kidang Pananjung
1
Abah Kidang Pananjung
Senin, 07 Mei 2012 08:27 WIB
Alhamdulillah, walaupun masih harus menunngu revisi UU Otda di th 2013 kita masih bersyukur bahwa Panagnadaran sudah termasuk salah satu calon Otda Baru di Provinsi Jawa Barat untuk itu kepada saudaraku di Pakidulan masih ada waktu untuk bebenah mempersiapkan diri menyongsong DOB Pangandaran mari kita bahu membahu supaya cepat ngawujud, meureun ceuk anu dilaluhur teh oh oh ngeding enya masyarakat Pakidulan katingali tos leres-leres hoyong MANDIRI da geuning ka Kota Kabupaten teh mani 90 han kilo tebihna, sok ayeuna mah enggal benahan Infrasrtuktur Kaparawisataan di Pakidulan tur Pemberdayaan Ekonomi Masyarakatna.........wass Abah
NANA SUHANA
2
NANA SUHANA
Kamis, 10 Mei 2012 07:58 WIB
Pemekaran ini harus berhasil karena akan lebih mendekatkan penguasa dengan masyarakat sehingga masyarakat akan lebih mudah meminta pertanggung jawaban dari pimpinannya.... amin.
Wahyu Hidayat
3
Wahyu Hidayat
Kamis, 17 Mei 2012 06:55 WIB
Tolong di kaji bersama,,itu sangat merugikan bagi kita masyarakat yang berada di daerah otonom baru, UU no. 32 thn 2012 itu blum di revisi,kita g tau bunyi pasal itu apa,tapi kenapa pemerintah sudah bisa menyimpulkan bahwa DOB tidak akan lngsung menjadi daerah otonom baru melainkan harus menjadi daerah adminisstrasi terlebih dahulu sebagai persiapan daerah otonom baru,memerlukan waktu 3 thn,,itu waktu yg lama,,UU 32 belum di sahkan tpi kenapa DOB yg mnjdi korban yg harus menunggu waktu jeda ini!
Mungkkin itu saja terimakasih!
Zubair halulanga
4
Zubair halulanga
Jum'at, 18 Mei 2012 19:46 WIB
Sebaiknya pemerintah dalam hal ini kementrian dalam negeri meninjau ulang rencana penundaan penetapan DOB di tahun 2013, mengingat DPR RI ditahun ini sdah mengajukkan ke Presiden untuk meminta persetuan, yang artinya ketika Presiden mengeluarkan persetujuan pada tahun 2012 ya, kementrian tidak punya alasan yg kuat untuk menunda Surpres yang dikeluarkan oleh Presiden di tahun 2012. dengan kata lain DOB hatus sdah di undangkan tahun 2012.
Gustavo Soares
5
Gustavo Soares
Rabu, 30 Mei 2012 07:05 WIB
Warga di Calon Kabupaten Malaka sangat mengharapkan agar kalau bisa proses pemekaran di wilayah perbatasan diperioritaskan supaya pembangunan di wilayah perbatasan ini dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain di propinsi NTT yang tidak berbatasan dengan RDTL.
Taufik Syamsuddin
6
Taufik Syamsuddin
Jum'at, 13 Juli 2012 15:20 WIB
Pemerintah selaulu mencari-cari alasan untuk terus menunda-nunda pemekaran, padahal pemekaran sudah menjadi keharusan bagi daerah yang sudah layak mekar seperti kab. musi rawas utara yang jelas-jelas penduduknya sudah sangat ingin memisahkan diri dari kab musi rawas, untuk pemerintah pusat janganlah keinginan rakyat selalu dikebiri toh anggarannya juga berasal dari uang rakyak juga, pemerintah hanya menjalankan saja.
Zulkifli Ds.
7
Zulkifli Ds.
Rabu, 06 Maret 2013 19:45 WIB
Alhamdulillah., Morowali utara sdh msuk dlm 19 DOB yg akan dibahas pd 2013 ini, meskipun bgitu rakyat sdh sangat mnginginkan scepatx... Sbb slain prjuangan pmekaran ini sdh dimulai dr thn 2000, pd saat ini jg brtepatan dgn Pmungutan Suara Ulang pd tgl 13/03/13... Rakyat morowali utara tdk lg merasa atw tdk memrlukan campur tangan dr cabup yg trpilih nantix... Sbb rakyat sdh muak dgn janji2. Dgn bgitu yg mnjadi pahlawan n patut dianugrahi doa n kesuksesan dimasa2 mndatang adlh mreka yg brjuang saat ini dibawa kendali bupati krateker. Trima ksh byk pak bupati.
udin waicang
8
udin waicang
Selasa, 13 Agustus 2013 10:15 WIB
kenapa 19 daerah kabupaten yg mekar tahun ini 2013,trus grime nawanya kapan bpk bpk DPR RI dan bpk MENTRI dan Bapak Presiden .
udin waicang
9
udin waicang
Selasa, 13 Agustus 2013 10:15 WIB
kenapa 19 daerah kabupaten yg mekar tahun ini 2013,trus grime nawanya kapan bpk bpk DPR RI dan bpk MENTRI dan Bapak Presiden .
UDIN WAICANG
10
UDIN WAICANG
Selasa, 13 Agustus 2013 10:39 WIB
Tolong jangan jdkan GRIME NAWA itu sebagai PROYEK PEMERINTAH,karna seluruh masyarakat sedang menunggu dan kapan karena GRIME NAWA itu sudah usul dari tahun 2002 hingga 2013 jadi jangan PEMERINTAH PUSAT dan DAERAH jadikan sebagai PROYEK untuk kepetingan.
w a i c a n g
11
w a i c a n g
Selasa, 13 Agustus 2013 10:49 WIB
GRIME NAWA tidak MEKAR tahun 2013 MAKA ASPIRASI BINTAN KEJORA BERKIBAR masyarakat minta MERDEKA....
w a i c a n g
12
w a i c a n g
Selasa, 13 Agustus 2013 10:49 WIB
GRIME NAWA tidak MEKAR tahun 2013 MAKA ASPIRASI BINTAN KEJORA BERKIBAR masyarakat minta MERDEKA....
w a i c a n g
13
w a i c a n g
Selasa, 13 Agustus 2013 10:49 WIB
GRIME NAWA tidak MEKAR tahun 2013 MAKA ASPIRASI BINTAN KEJORA BERKIBAR masyarakat minta MERDEKA....

Anda dapat memberikan komentar tentang 19 RUU Pemekaran Dibahas 2013 dengan menggunakan form dibawah ini .





 Notifikasi via email jika ada yang komentar



comments powered by Disqus
Akomodasi,Pangandaran
Pondok Adens 1
Rp. 650.000
Pondok Adens 1
Berlokasi tepat di Pusat Wisata Pantai Pangandaran, sehingga sangat cocok bagi anda para Backpacker atau Traveler untuk berkumpul bersama keluarga,
Jeng Ratu Hotel
Rp. 750.000
Jeng Ratu Hotel
Hadir sebagai sebuah Maha karya Jeng Ratu Hotel hadir dengan konsep hunian yang minimalis dan modern di pusat Jantung kota
Aneka,Pangandaran
7 Alasan Mengapa Harus Liburan Musim Panas di Pangandaran

7 Alasan Mengapa Harus Liburan Musim Panas di Pangandaran
Liburan terutama di Pangandaran selalu menjadi pilihan menarik mengingat dalam satu daerah wisata terdapat begitu beragamnya aktifitas yang dapat anda lakukan mulai dari bermain di air laut, bermain di air tawar, hingga menje