Home >

Advokasi Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Barat


Advokasi Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Barat

Pangandaran, myPangandaran- Pj Bupati Pangandaran  Endjang Nafandy, membuka acara kegiatan Advokasi ketahanan pangan  Kabupaten Pangandaran  Provinsi Jawa Barat di Hotel Pantai Indah, Rabu tanggal 19 Maret 2014 pukul 09.00 Wib. Acara tersebut dihadiri oleh Jajaran Badan ketahanan pangan tingkat Provinsi Jawa Barat, beserta dewan ketahana pangan, serta tamu undangan lainnya.

Bupati Pangandaran menyampaikan akan terus mengevaluasi proses maupun hasil-hasil, termasuk pembangunan ketahanan pangan serta sebagai upaya untuk menyatukan pandangan dalam rangka memecahkan persoalan dan merumuskan solusi bagi masalah ketahanan pangan khusunya di Kab.Pangandaran. Ketahanan pangan merupakan isu yang multidisiplin, multisektor dan multidimensi, oleh karenanya kita harus terus berupaya untuk meningkatkan ketahanan pangan karena pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang tidak dapat di substitusi oleh bahan yang lain. Maka pembangunan ketahanan pangan merupakan pembangunan prioritas dan sekaligus pondasi bagi sektor-sektor lainnya.
 
Berbagai permasahan yang mesti mendapat perhatian kita semua antara lain, terjadinya peningkatan jumlah penduduk yang memerlukan penyediaan bahan pangan yang lebih besar. Terjadinya kerusakan lingkungan, degradasi lahan, alih fungsi lahan pertanian dan perubahan iklim yang dapat mengganggu produksi dan produktifitas pangan, serta terjadinya kompotisi antara sumber-sumber pangan dengan sumber-sumber energi.

Dalam Advokasi ketahana pangan tersebut di sampaikan berupa sasaran konsumsi pangan  (SKP) Tahun 2013 - 2018 yaitu, A. Padi-padian 1. Beras 2. Jagung 3. Terigu B. Umbi-umbian 4. Singkong 5. Ubi Jalar 6. Sagu 7. Kentang 8. Umbi lainnya C. Pangan Hewani 9. Ikan 10. Daging Ruminansia 11. Daging Unggas 12. Telur 13. Susu D. Minyak dan Lemak 14. Minyak Kelapa 15. Minyak Sawit 16. Minyak Lain E. Buah/Biji Bnerminyak 17. Kelapa 18. Kemiri 19. Kacang Mede 20. Emping F. Kacang-Kacangan 21. Kacang Tanah 22. Kacang Kedelai 23. Kacang Hijau 24. Kacang Lain G. Gula 25. Gula Pasir 26. Gula Merah 27. Sirup H. Sayur dan Buah 28. Sayur 29. Buah I. Lain-Lain 30. Minuman 31. Bumbu

Bupati Pangandaran berharap Dewan ketahanan pangan segera merumuskan ide-ide dasar dari pembangunan ketahanan pangan yang disesuaikan dengan kondisi dan kultur masyarakat sehingga manfaatnya dapat dirasakan terutama dalam menghadapi tantangan dan perubahan lingkungan strategis pada semua tingkatan baik dari pergerakan harga-harga pangan, kenaikan BBM dan perubahan iklim yang mempengaruhi daya beli yang berdampak pada meningkatnya kerawanan pangan.

sumber : warino sikepis KTNA Pangandaran



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini