Home >

Pria yang Mempopulerkan Green Canyon Meninggal


Pria yang Mempopulerkan Green Canyon Meninggal

Pangandaran,myPangandaran.com-Sesepuh DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Pangandaran Agus Suryanata menutup mata untuk selamanya kemarin dini hari. Agus Brewok begitu ia biasa disapameninggal dunia karena penyakit komplikasi dan serangan jantung. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, pria yang mempopulerkan objek wisata Green Cayon Kecamatan Cijulang itu, sempat menghadiri jamuan kambing guling yang digelar rekan-rekannya bersama wisatawan asing di salah satu hotel.

Lalu, pria berjenggot tersebut pulang ke rumahnya di Pasar Wisata. “Kang Agus ngeluh, katanya dadanya sakit. Saya suruh istirahat tapi kondisinya makin lama malah makin parah. Lalu saya sama suami saya bawa Kang Agus ke Puskesmas (Pangandaran),” tutur Eneng, tetangga Agus kemarin.Di puskesmas, kata dia, Agus sempat ditangani tim medis. Namun kesehatan pria berusia 60 tahun tersebut terus menurun hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 03.00.

Meninggalnya Agus mengagetkan keluarga besar HPI. Maklum, dia meninggal ketika akan menerima penghargaan sebagai sesepuh HPI DPC Pangandaran yang akan diberikan bersamaan acara pelantikan anggota baru HPI di kawsan air terjun Curug Jambe Pangandaran. Sejak pukul 06.00, puluhan anggota HPI berdatangan ke Puskesmas Pangandaran. Tampak juga Hilman, putra Susi Pujiastuti, sang pengusaha sukses. “Kami semua kaget dan merasa kehilangan dengan kepergian beliau,” tutur Hilman.

Tanpa dikomando, puluhan anggota HPI dan warga yang hadir mengumpulkan sumbangan untuk mengantarkan jenazah Agus ke keluarganya di Bandung. “Kami semua (HPI) adalah murid dan saudara beliau. Karena beliau di sini tinggal sendiri, maka kewajiban kami mengantarkan beliau ke keluarganya,” tutur Jajang Nurjaman, salah seorang anggota HPI.

Di kalangan anggota HPI dan pelaku wisata, sosok Agus dianggap sebagai pahlawan wisata. “Beliau sangat berjasa dalam sejarah objek wisata di Pangandaran khususnya Green Canyon. Beliau merupakan pelopor pemandu wisata di Pangandaran,” tutur Ketua Bidang Organisasi HPI Ochid Sutan Abdul Rasyid.

Ochid menambahkan almarhum menjadi pemandu wisata di Pangandaran sejak tahun 70-an. Setelah menikah dengan Sabrina, warga negara Austria, kata dia, Agus terus konsisten menjadi pemandu wisata di Pangandaran. Bersama istrinya, ia yang pertama kali memperkenalkan Green Canyon ke wisatawan asing.

“Dia senang berpetualang mencari tempat-tempat bagus untuk diperkenalkan kepada orang asing, termasuk Green Canyon. Beliau lah yang pertama kali memperkenalkan kepada orang Amerika pada waktu itu sekitar tahun 90-an. Di situlah awal mula Cukang Taneuh mulai dikenal dengan sebutan Green Canyon. Karena bule yang dibawa Kang Agus bilang ini seperti di tempat saya Green Canyon,” tuturnya. 

Kalau banyak versi menyebutkan Green Canyon dipopulerkan oleh orang asing, Ochid tidak sependapat. “Orang-orang lupa siapa yang membawa orang asing ke tempat-tempat pelosok seperti itu, kalau bukan pemandu. Di Pangandaran beliau merupakan salah satu pelopor pemandu wisata,” tuturnya.

Setelah bercerai dengan istrinya, kata dia, kehidupan Agus sangat sederhana. Ia tinggal di kawasan Pasar Wisata dengan menempati sebuah kios sederhana. “Meskipun sekarang Green Canyon sudah menghasilkan pemasukan buat pemerintah daerah (Ciamis), namun sosok Agus luput dari perhatian. Memang buat orang lain Agus bukanlah orang penting. Mungkin juga tidak dikenal tapi bagi kami (HPI, red) adalah pahlawan,” tegasnya.

Pantauan kami, jenazah Agus diantarkan ke Bandung menggunakan ambulance Puskesmas Pangandaran sekitar pukul 08.00. Beberapa orang perwakilan HPI ikut mengantar jenazah. Tidak banyak barang yang dimiliki Agus. Sosok pahlawan bagi HPI itu hanya membawa sehelai tikar, sebuah bantal dan beberapa helai pakaian.(RadarTasikmalaya)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini