Home >

Warga Sidamulih Pangandaran Panen Padi di Bulan Puasa


Warga Sidamulih Pangandaran Panen Padi di Bulan Puasa

Sidamulih, myPangandaran.com - Ditengah Ibadah Puasa, sebagian warga Kampung Drawolong Kecamatan Sidamulih Pangandaran, tengah asik memanen tanaman Padi mereka disawah, padaumumnya mereka sangat bersyukur karena panen kali ini bertepatan dengan bulan puasa dengan harapan pada Hari Raya Idul Fitri nanti mereka dapat memanfaatkan hasil panennya untuk kebutuhan-kebutuhan seperti kesediaan pangan dan bikin kue untuk lebaran.

Ditengah musim penhujan yang tidak menentu ini wilayah Pangandaran masih tetap bisa mengupayakan lahan pertanian khususnya persawahan, selain kesediaan air yang mencukupi juga didukung adanya penghijauan disekeliling sawah.

Salah satu Warga Drawolong Darsono(40) saat dihubungi menuturkan’’ syukur allhamdullilah bulan ini bisa panen, biasanya kalau kemarau panjang suka puso, (gagal panen) namun panen ini termasuk bagus pulir padi ngak ada yang gabuk (kosong) semua berisi pungkasnya.

Para petani yang ada di Pangandaran biasanya bila memanen padi menggunakan peralatan yang sangat sederhana yaitu, Rengkek Bambu, Ayakan dan Karung untuk tempat padi yang sudah terpisah dari jerami.

Warga Pangandaran beberapa bulan yang lalu juga terlihat saat melakukan pemupukan Padi mereka mulai banyak yang menggunakan Pupuk Kompos atau Organik yang mereka olah sendiri secara sederhana, selain Pupuk tersebut membuat tanaman Padi tumbuh subur juga menjaga hara yang terkandung didalam tanah agar tetap terjaga sehingga Padi mereka tetap tumbuh dan berkembang secara sempurna.

Harapan para Petani Pangandaran agar Pemerintah juga bisa menjamin kesetabilan harga Gabah kering bila petani menjualnya nanti.

Berita kiriman dari Saji Fathurrohmah, Kp. Drawolong Desa Nengklok Pajaten Kec. Sidamulih Pangandaran



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini