Pangandaran,berita
Berita
Jika Jadi Kabupaten, Tiket Masuk Wisata Pangandaran Gratis
Sabtu, 01 September 2012 16:15 WIB | Dibaca 2.704 kali
Jika Jadi Kabupaten, Tiket Masuk Wisata Pangandaran Gratis
Pangandaran, myPangandaran.com -Tiket masuk di toll gate masuk objek wisata Pantai Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, akan dibebaskan setelah terbentuknya otonom baru Kabupaten Pangandaran."Saya punya konsep, nanti kalau sudah pemekaran Pangandaran mau membebaskan toll gate (gerbang tiket masuk wisata)," kata Sekretaris Presidium pembentukan Kabupaten Pangandaran, Andi Sose, saat dihubungi melalui telepon seluler, Jumat.

Menurut dia, keberadaan toll gate yang dikelola Dinas Pariwisata, Kabupaten Ciamis, kurang menguntungkan dari pungutan uang kunjungan wisatawan ke Pantai Pangandaran."Bukan saya tidak setuju, tetapi lebih banyak modorot daripada manfaatnya," kata Andi salah seorang pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Ia merencanakan dialihkan penghasilan kunjungan wisatawan dengan memperketat pembayaran pajak hotel dan restoran di wilayah wisata Pangandaran.Menurut dia, pungutan pajak dari wisatawan akan lebih besar manfaatnya dan akan meningkatkan penghasilan daerah dibandingkan hasil pemungutan uang dari toll gate.

Ia memperhitungkan, uang pembayaran tiket dari satu mobil berjumlah lima orang kemudian membayar Rp20 ribu untuk selamanya tinggal di Pangandaran, maka jika dijumlahkan nilainya akan lebih besar hasil pajak hotel dan restoran.

Ia mencontohkan pajak yang diterapkan sebesar 10 persen untuk satu kamar/hari tarifnya Rp200 ribu, maka pajak yang harus dibayar Rp20 ribu, kemudian wisatawan makan di restoran dan rumah makan sebesar Rp100 ribu maka harus membayar pajak Rp10 ribu.

Penerapan pajak tersebut, kata Andi terus berlangsung selama wisatawan tinggal di hotel dan makan di restoran."Coba perhitungkan kalau di toll gate hanya satu kali bayar untuk selamanya di Pangandaran, tapi hotel dan rumah makan itu bisa berulangkali selama wisatawan tinggal di Pangandaran," katanya.

Namun, Andi berharap penekanan pajak hotel dan restoran perlu ada petugas pengawas yang ketat agar tertib dalam pengelolaan pajaknya, sehingga hasilnya maksimal untuk kemajuan Kabupaten Pangandaran.Konsep tersebut oleh Andi sudah dibahas dalam setiap rapat presidium, tetapi keputusannya tergantung kebijakan Kepala Daerah Kabupaten Pangandaran nanti.

"Menurut saya itu solusi cukup baik, dan sudah dibicarakan, tapi tergantung pemimpinnya nanti di Pangandaran," katanya.

Sumber BeritaAntaraNewsdengan Penambahan kata pada bagian judul

Print PDF Versi PDF Arsip Lihat Arsip Berita RSS Sindikasi RSS

Anda ingin mengirimkan berita ataupun menjadi Citizen Journalism untuk Daerah Pangandaran dan sekitarnya? anda bisa mengirimkan berita kepada kami melalui fasilitas Kontribusi Berita



iwan hendra setiawan
1
iwan hendra setiawan
Selasa, 18 Desember 2012 10:05 WIB
saya kurang setuju dengan pendapat pak andi karena tiket masuk merupakan salah satu pendapatan yang dapat diperoleh untuk meningkatkan pembangunan sehingga yang perlu dibenahi adalah aspek manusianya karena pangandaran merupakan potensi yang harus terus digali dan dimanfaatkan demi kesejahteraan masyarakat nantinya
epots
2
epots
Kamis, 12 Desember 2013 01:32 WIB
beeettttuuuulllll kang iwan memang di urang mah manusana an acan balener jeung embung dibenerkeun........

Anda dapat memberikan komentar tentang Jika Jadi Kabupaten, Tiket Masuk Wisata Pangandaran Gratis dengan menggunakan form dibawah ini .





 Notifikasi via email jika ada yang komentar



comments powered by Disqus
Akomodasi,Pangandaran
Pondok Dewi
Rp. 400.000
Pondok Dewi
Pondok Dewi Pangandaran adalah penginapan yang dikhususkan bagi para backpacker. soal harga tidak perlu diragukan lagi, sangat terjangkau.Letaknya tidak terlalu
Pondok Nicky
Rp. 250.000
Pondok Nicky
Hotel Nicky terletak di Jl. Kidang Pananjung Pangandaran Letak yang strategis membuat hotel ini menjadi salah satu tempat menginap pilihan
Aneka,Pangandaran
Angkringan Pak Dhe, Tempat Nongkrong Anak Muda Pangandaran

Angkringan Pak Dhe, Tempat Nongkrong Anak Muda Pangandaran
Angkringan (berasal dari bahasa Jawa Angkring yang berarti duduk santai) adalah sebuah gerobag dorong yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang biasa terdapat di setiap pinggir ruas jalan di Jawa Tengah dan Yog


myPangandaran di Social Media close button abatasa minimize button abatasa maximize button abatasa
Join us on Facebook
Follow us on Twitter