Pangandaran,informasi
Akomodasi Wisata

Dawet Dawala Direkomendasikan Oleh myPangandaran

Kami berusaha untuk memberikan rekomendasi yang terbaik untuk pengunjung dan wisatawan semua. Ada beberapa point yang kami jadikan acuan bahwa kami merekomendasikan Dawet Dawala kepada anda antara lain:
  1. Melihat testimoni ataupun kesan dan pesan yang disampaikan kepada myPangandaran dari pengunjung yang pernah menginap di Dawet Dawala
  2. Kami sudah mengunjungi Dawet Dawala dan melakukan penilaian terhadap fasilitas, lingkungan dan juga kesediaan hotel untuk memberikan informasi yang update kepada kami benar dalam memberikan informasi kepada wisatawan
  3. Kemudahan pengunjung untuk mendapatkan informasi terbaru tentang Rate, Fasilitas dan Event yang terjadi didalamnya
  4. Kepedulian terhadap dunia wisata Pangandaran, Kebersihan Pangandaran dan Kemajuan Pangandaran tak lupa jadi pertimbangan kami untuk merekomendasikan Dawet Dawala kepada anda.
Komentar dan pesan serta kesan anda akan sangat berguna bagi kami dalam menentukan rekomendasi sebuah hotel,restauran ataupun pendukung akomodasi di Pangandaran, jadi jangan sungkan untuk memberikan komentar dibagian bawah halaman informasi ini.

Dawet Dawala Belum Direkomendasikan Oleh myPangandaran

Kami berusaha untuk memberikan rekomendasi yang terbaik untuk pengunjung dan wisatawan semua. Ada beberapa point yang kami jadikan acuan bahwa kami belum Dawet Dawala kepada anda antara lain:
  1. Melihat testimoni ataupun kesan dan pesan yang disampaikan kepada myPangandaran dari pengunjung yang pernah menginap di Dawet Dawala
  2. Ada kemungkinan Kami belum mengunjungi Dawet Dawala dan belum melakukan penilaian terhadap fasilitas, lingkungan dan juga sulitnya hotel untuk memberikan informasi yang update kepada kami benar dalam memberikan informasi kepada wisatawan
  3. Sulitnya pengunjung untuk mendapatkan informasi terbaru tentang Rate, Fasilitas dan Event yang terjadi didalamnya
  4. Kepedulian terhadap dunia wisata Pangandaran, Kebersihan Pangandaran dan Kemajuan Pangandaran tak lupa jadi pertimbangan kami untuk merekomendasikan atau tidaknya Dawet Dawala kepada anda.
Komentar dan pesan serta kesan anda akan sangat berguna bagi kami dalam menentukan rekomendasi sebuah hotel,restauran ataupun pendukung akomodasi di Pangandaran, jadi jangan sungkan untuk memberikan komentar dibagian bawah halaman informasi ini.
Dawet Dawala
Dawet Dawala
Dawet Ireng adalah sejenis dawet / cendol. Minuman ini asli dari daerah Butuh, Purworejo, Jawa Tengah. Kata ireng dari Bahasa Jawa yang artinya hitam. Butiran dari dawet berwarna hitam, warna hitam dawet diperoleh dari abu bakar jerami, abu bakar jerami kemudian dicampur dengan air sehingga menghasilkan air berwarna hitam, air inilah yang digunakan sebagai pewarna dawet. Sepertinya memang tak ada bedanya dengan es dawet yang biasanya berwarna hijau. Penyajiannya juga sama, dalam mangkuk dan dilengkapi santan dan gula merah asli tanpa bahan pengawet. Pembeda utamanya, dawet ini berwarna hitam pekat.

Apa yang menjadikannya istimewa? Keunggulannya adalah dawet ini berkasiat sebagai pereda panas dalam serta memperlancar pencernaan. Bahan dasar dawet ini adalah tepung aren dan tepung erot  dengan garam yang berfungsi sebagai perasa. Sedangkan warna hitam dawet ini ternyata terbuat dari merang, atau daun padi yang dibakar sampai gosong lalu diambil airnya. Satu hal lagi yang membedakan, jika dawet hijau dibuat dari tepung beras, dawet hitam ini dibuat dari sagu.

Dalam penyajiannya, campurannya cukup sederhana, yakni menggunakan santan, gula jawa dan dawet sebagai bahan utamanya. Meski demikian, kesederhanaan yang ada tidak menyebabkan rasa dawet hitam ini kehilangan rasa lezat. Rasanya pas, tidak terlalu manis.Begitu pula dengan santan yang tidak terlalu kental terasa segar di mulut. Dawet hitam ini akan lebih nikmat jika diminum dalam keadaan dingin. Kini bagi anda pencinta kuliner minuman segar ini tidak perlu jauh-jauh pergi ke Purworejo, karena kini dawet hitam sudah di terima masyarakan Jawa Barat dan di jadikan sebagai oleh-oleh khas Jawa Barat terutama Pangandaran.

Dengan merogoh kocek cukup dengan Rp. 4.000; saja anda sudah dapat menikmati segar dan khasiat dawet hitam ini, bahkan kini sebagai pusat dan berdiri sebuah saung tepat di jalan raya Babakan KM.01 No282, atau lebih terkenal dengan Rumah Makan Ciganjeng sudah tersedia juga makanan olahan yaitu Gado-gado khas dengan aroma jeruk yang menggugah selera.

Dawet dawala membuka kesempatan untuk maju bersama bagi siapa saja yang berminat untuk membuka usaha dan bersama-sama mengembangkan dawet dawala, dengan sampai saat ini masih di fasilitasi penuh oleh rumah makan Ciganjeng. Dan bagi siapa saja yang berminat membuka usaha Dawet Dawala, silahkan menghubungi contact person yang tertera di bawah.

Alamat: Jl. Raya Babakan Km. 01 No.282 PangandaranTelephone:
Fax: Email:
Website: Contact Person : 08132370705



    Lihat Restaurant dan Cafe Lainnya


Akomodasi,Pangandaran
Laut Biru
Rp. 350.000
Laut Biru
Laut Biru Resort Hotel terletak di jantung kota Pangandaran. Lokasi kami sangat cocok untuk berenang, Melihat Sunset, dan lainnya. Laut
Citra Dua Hotel
Rp. 350.000
Citra Dua Hotel
Terletak di jantung kota Pangandaran sangat cocok untuk liburan keluarga, kelompok atau perusahaan Lokasi hanya 50 meter dari pantai barat dan 400
Aneka,Pangandaran
7  Destinasi Buruan Wisatawan Ketika Ke Pangandaran

7 Destinasi Buruan Wisatawan Ketika Ke Pangandaran
Pangandaran sebagai Kabupaten Pariwisata terus berkembang dan banyak destinasi wisata baru terus bermunculan, dan sontak membuat para wisatawan penasaran dan ingin mengunjungi dan mencobanya, dan destinasi wisata yang telah