Pangandaran,wisata
Tempat Wisata
Citumang Pangandaran
Citumang Pangandaran
Obyek wisata alam Citumang merupakan obyek wisata yang memiliki daya tarik khusus, yaitu sungai Citumang yang mengalir membelah hutan jati dengan airnya yang bening kebiruan. Tepian sungai yang terdiri dari ornamen batu-batu padas dengan relung dalam dihiasi relief alam dan aliran sungai yang menembus ke dalam goa. Keheningan alam akan Anda jumpai disini. Musik alami berupa gemercik air sungai, bisikan angin sepoi yang menyelinap di antara pepohonan dan suara satwahutan yang tak pernah sepi. Obyek wisata ini terletak di Desa Bojong Kecamatan Parigi Ciamis, berjarang lebihJalan menuju lokasi kurang 15 km dari Pangandaran ke arah barat. Atau sekitar 4 km dari jalan raya Pangandaran - Cijulang. Jarak seluruhnya dari kota Ciamis sekitar 95 km.

CitumangDapat dicapai dengan kendaraan umum jurusan Cijulang, dilanjutkan dengan kendaraan ojeg, disambung dengan jalan kaki menelusuri tepi sungai dan kebun pendudukan sepanjang 500 meter.

Sisi lain CitumangSetelah melewati pintu masuk, kurang lebih 300 meter perjalanan yang harus Anda tempuh menuju titik tujuan. Sambil berjalan menuruh lokasi, perlu Anda ketahui bahwa nama Citumang berasal dari legenda tentang seekor buaya buntung, Si Tumang. Begitu kuatnya kepercayaan penduduk akan kehadirna buaya buntung tersebut sehingga sampai sekarang meninggalkan nama yang melekat kuat menjadi nama sungai. Versi lain kisah Citumang, berasal dari Cai (Bhs. Sunda = air) yang numpang (cai numpang) yang berkaitan dengan adalah air sungai yang mengalir di bawah tanah. Kata cai numpang ini seiringAir yang bening menanti Andaperjalanan waktu lama-lama berubah menjadi Citumang.

Ketika Anda jumpai sungai yang rimbun dengan pohon di tiap sisinya, lanjutkan perjalanan Anda agak ke hulu, karena di sanalah bening dan sejuknya air dapat segera Anda nikmati.Tibalah kita di tempat tujuan. Aliran air yang mengalir menanti Anda untuk segera turun menikmati bening dan sejuknya air.

Pada kedalaman tertentu Anda dapat menikmatinya dengan mandi dan berenang. Lima ratus meter dari lokasi pamandian ke arah hulu, dijumpai pesona alam berupa aliran sungai Citumang yang masuk ke dalam perut bumi dan keluar lagi di arah hilir. Aliran sungai yang masuk ke dalam goa ini diberi nama Goa Taringgul yang kemudian diberikan nama baru sebagai Sanghyang Tikoro (Batara Tenggorokan).

Menikmati Citumang, tidak sekedar mandi dan berenang seperti yang selama ini banyak dilakukan wisatawan asing, tapi dapat AndaAir keluar dari Sanghyang Tikorolakukan kegiatan lainnya seperti: menikmati suasana sepanjang sungai, petualangan ke dalam goa dan menikmati privacy di tengah alam yang asli, sejuk dan eksotis.Citumang

Tips Ketika Berkunjung ke Citumah

Sekedar kontribusi mengenai salah satu tempat yang asik buat Hunting Foto di Pantai Selatan Jawa Barat. Adalah Citumang nama desa kecil yang terletak disebelah barat laut desa Pangandaran Kabupaten Ciamis. Bagi anda yang punya GPS, masukan koordinat ini untuk membimbing anda menuju lokasi Citumang, S 07˚ 38.674� E 108˚ 32.090�.

Rencanakan perjalanan anda 3H/2M agar acara hunting anda optimal dan tidak terlalu melelahkan. Waktu terbaik untuk menuju lokasi ini adalah musim kemarau, pada musim hujan biasanya langit selalu mendung, juga perjalanan ke lokasi yang basah dan licin.

Di Hari Pertama, arahkan kendaraan anda menuju ke Pangandaran yang tentu saja sudah tak asing lagi bagi anda. Berbagai jenis akomodasi bertebaran di saentero Pangandaran, saya rasa anda tidak akan kesulitan untuk mencari akomodasi ditempat ini.

Hari kedua, Berangkatlah pagi hari setelah sarapan pagi, jangan lupa bawa perbekalan untuk makan siang, karena di Citumang tidak ada Restaurant. Belilah juga air minum secukupnya, karena tidak ada warung di lokasi. Arahkan kendaraan anda kearah timur keluar kota Pangandaran menuju arah Parigi. Sekitar 15 km dari Pangandaran anda akan menjumpai petunjuk jalan kearah kanan yang menunjukan jalan ke Parigi. Harap diingat !, pelankan laju kendaraan anda setelah melewati SPBU, karena tanda penunjuk jalan dan jalan masuknya cukup kecil.

Memasuki jalan kecil menuju ke Citumang, anda bisa mencari objek-objek landscape dan human interest. Hamparan sawah, sungai, hutan, semuanya kumplit ada disini. Mau bikin foto refleksi air wah juga bisa, namun harus menunggu waktu sampai agak senja. Jalan kecil ini panjangnya kurang lebih 15 km, ditempuh kurang lebih 1 jam karena ada sebagian ruas jalannya agak buruk. Meskipun jalan ini agak buruk, kendaraan jenis Sedan masih bisa masuk meski agak riskan.

Setibanya di ujung jalan (buntu), parkirkan kendaraan anda, laporlah pada masyarakat setempat, berjalanlah kearah jembatan, bila anda belum pernah ke lokasi air terjun, sewa lah seorang guide untuk mengantarkan anda ke lokasi. Guide biasanya dibayar sukarela, tergantung kerelaan anda. Jarak jalan setapak dari lokasi parkir ke curug citumang kurang lebih 800m jalan kaki. Anda akan melintasi ladang, bukit2 kecil, untuk mencapai lokasi. Setibanya di airterjun, anda bisa renang, lompat indah dari akar-akar pohon yang tumbuh di langit-langit goa setinggi 5 meter. Air disini sangatlah segar, hati-hati batu-batunya agak licin. Setelah puas menikmati pemandangan citumang, jangan lupa lewat pantai barat bulak laut untuk mengabadikan sunset di pantai tsb.

Hari ketiga, Sempatkan makan di pasar ikan Pangandaran untuk hidangan seafood yang murah meriah sebelum pulang kembali ke kota anda.

Lihat Semua Galeri Photo



udy suhara
1
udy suhara
Kamis, 16 September 2010 13:07 WIB
ya citumang memang sangat indah saya pernah ke citumang........?
Fredi Abdullah
2
Fredi Abdullah
Minggu, 14 November 2010 15:39 WIB
masa kecil saya pernah di citumang, karena orang tua saya asli penduduk desa bojong pangandaran ciamis, setiap setahun sekali saya selalu pergi ke pangandaran dan sekitarnya dalam rangka mudik bagi yang ingin kenal saya please call 087770880724
Syarif Niskala
3
Syarif Niskala
Rabu, 24 November 2010 09:13 WIB
Saya pernah ke Citumang saat bulan madu. Airnya sangat bening dan nyaman sekali untuk berenang. Waktu itu, sayangnya terlalu sore sehingga tidak sempat berlama-lama.
Sungai yang sangat asri dan indah.
udy
4
udy
Selasa, 30 November 2010 09:10 WIB
pengen rasanya menyempatkan wisata ke daerah citumang dan sekitarnya
Tina Tristina
5
Tina Tristina
Rabu, 23 Maret 2011 16:02 WIB
citumang sejukk we pkona mh,,,
aziva
6
aziva
Jum'at, 13 Mei 2011 14:34 WIB
guidenya biasanya kasih berapa ya?
ada biaya lain gak selain untuk guide itu?
Shartyqa
7
Shartyqa
Senin, 06 Juni 2011 07:17 WIB
Ada pengelola body rafting disana tidak??boleh minta CP ? nuhun
erfin
8
erfin
Rabu, 06 Juli 2011 23:59 WIB
jalan`y ko rusak banget ya.....
Clementine Srygley
9
Clementine Srygley
Minggu, 10 Juli 2011 02:54 WIB
The guidelines you shared here are truly beneficial. Rrt had been such a fun surprise to have that waiting for me after i woke up this quite day. They`re continuously to the point and straightforward to understand. Thanks a ton for the valuable suggestions you might have shared correct here.
galih
10
galih
Senin, 18 Juli 2011 10:35 WIB
harus menyempatkan berkunjung ke citumang,, pasti ketagihan air dan udara sejuknya...
Rizal
11
Rizal
Senin, 25 Juli 2011 10:13 WIB
baru kemarin saya kesana . puas banget lah .
uji adrenalin dengan terjun dari ketinggian 5-7 meter dari ketinggian sungai dengan memanjat akar pohon tua setelah itu ditambah dengan body raftling menyusuri sungai citumang . mantep banget lah ..
benar2 jernih . pemandangan yang benar2 indah yang pernah saya jajaki :D
3 kata buat citumang . subhannallloh very amazing .
alex kusnandar
12
alex kusnandar
Jum'at, 02 September 2011 20:39 WIB
bisa buat memancing ga ya?
Adi Sumaryadi
13
Adi Sumaryadi
Jum'at, 02 September 2011 20:43 WIB
Kayaknya ikannya gak banyak...hanya ikan2 kecil yang biasa hidup di air deras. Tapi selama ini belum pernah liat orang mancing disana
Asep Deni K
14
Asep Deni K
Kamis, 29 September 2011 09:18 WIB
Mutiara Wisata Tasik Malaya siap mengantar anda dengan jaminan kepuasan
gina sonia bocia
15
gina sonia bocia
Minggu, 02 Oktober 2011 09:21 WIB
waah,,gx nyangka ada tmpat sbgus itu,,, q bru liat,,,,
andi hadung
16
andi hadung
Sabtu, 22 Oktober 2011 10:06 WIB
wah pengen nyoba ke situ
Monica Andriyani
17
Monica Andriyani
Sabtu, 12 November 2011 13:09 WIB
Citumang Pokoknya TOP BGT. Airnya jernih,udara sejuk. kalau kesana mending pagi2 karna pengunjung masih sedikit dan bisa sepuasnya menikmati body rafting.
kingh
18
kingh
Sabtu, 12 November 2011 15:39 WIB
aku ada rencana mau ke citumang tahun baruan nanti. kira2 macet gk ya jalan nya? terus, tahun baruan biasanya rame kah?
satu lagi ni yg paling penting, boleh gk masang tenda di pinggiran sungai nya ???
thanks before.
:-)
Keiranic
19
Keiranic
Jum'at, 02 Desember 2011 09:42 WIB
Kingh : boleh aja kq pasang tenda d deket sungai. emang ada area buat camping gtu. tapi kyknya harus di temenin sm guide nya.
erina witriyani
20
erina witriyani
Selasa, 20 November 2012 13:31 WIB
pokonya mah citumah teh the best wehhh sejuk enak pokonyamah bagus welahhh
herdis herdiana
21
herdis herdiana
Kamis, 07 Februari 2013 13:55 WIB
saya mau tanya? kalau untuk refting jarak tempunya itu berapa jauh yah? terus bagaimana dengan obyeknya apakah kelebihan yang lainya lagi selain refting. saya tunggu informasinya?
ayi sunarya
22
ayi sunarya
Jum'at, 15 Februari 2013 16:02 WIB
bagaimana kondisi airnya kalau hujan.....
nandang
23
nandang
Senin, 11 Maret 2013 21:22 WIB
LMYN BAGUS SI KL DILIAT DRI SLURUH FHOTO NYA...CUMA YANG JD KENDALA AKSES MNUJU KSANA YANG JD KENDALA G ADA PETUNJUK ARAH.....DITAMBAH ORANG BLUM PADA TAU...TEMPAT Y LMYM EXOTICK GMN GT.......TAPI JJR MIGU KMAREN 10 MARET 2013 SAYA HUNTING KSANA N G NEMU...MUNGKIN G NAYA M ORANG X YA...SAYA CARI TITIK KORDINAT D GPS G NMUIN HASIL...SAYA MINTA ALAMAT LENGKAP NY DONG BUAT DOKUMENTASI SKALIAN PROMOSI Y
JokerTeam Indonesia
24
JokerTeam Indonesia
Minggu, 14 Juli 2013 18:42 WIB
mantappppp, main ahhh kesana
Hotel Teratai Batu Karas
25
Hotel Teratai Batu Karas
Minggu, 14 Juli 2013 18:43 WIB
kalau hujan masih tetap jernih ga yaa...??
ramdani rahman
26
ramdani rahman
Sabtu, 03 Agustus 2013 08:37 WIB
kayaknya saya baru denger nih ama tmpat wisata yg satu ini,
lokasinya sebelah mana yaa??????
Hen-hen
27
Hen-hen
Senin, 02 September 2013 22:43 WIB
Buat yang nulis dan yang baca harap tau juga info terbaru tentang rute wisata ke Citumang yang langsung bisa sampai lokasi dengan menggunakan kendaraan roda 4 atau pun roda 2. yaitu dari jalan raya (Pangandaran-Cijulang masuk dari pangkalan ojek karangnangka (samping SDN2 Cibenda), telusuri jalan hingga mencapai kampung Karangnangka darisitu lewat jembatan Citonjong, lewat Balai Desa Bojong samping SLBN WIDI ASIH BOJONG langsung masuk kampung bantarsari dari situ udah bisa tanya penduduk setempat tupun ikutin plang wisata yang ada.. dijamin sampai lokasi tujuan / loket. Smoga info ini bisa membantu buat para wisatawan yang mau berkunjung ke lokasi wisata alam Citumang...
hamdan
28
hamdan
Senin, 30 Desember 2013 11:55 WIB
yang bikin tempat usaha di pangandaran harus punya ijin biar ttp terjaga keindahannya....jgn cuma jualan ya
rijal maulana
29
rijal maulana
Kamis, 20 Maret 2014 20:50 WIB
salam sukses saya pecinta alam parahyangan dari kota bandung semoga terus memberi informasi yang bermanfaat , mohon ijin ini akan saya simpan di http://www.rijalmaulana.com/untuk dokumentasi dan rekomendasi kpd sahabat yang membutuhkan
Eri AK
30
Eri AK
Selasa, 25 Maret 2014 11:40 WIB
Komentarnya banyak, artinya banyak pengunjung. Tapi sayang sekali admin tidak pernah membalas komentar yang masuk.
desapri
31
desapri
Selasa, 08 April 2014 11:24 WIB
masih bersih.. air nya jernih tanpa polusi dan sampeh, mudah" bisa di jaga kelestarian alamnya. salam http://nakalama-adventure.comsebagian penyedia wisata adventure bandung
yayat hidayat
32
yayat hidayat
Senin, 21 April 2014 19:54 WIB
Untuk Informasi Citumang Body Rafting & Fotografi Hub: 085721972971
fitri geovani sinaga
33
fitri geovani sinaga
Selasa, 13 Mei 2014 20:26 WIB
ada yang tau nomor contac person orang di citumang?
Menyewakan Vila Di Lembang Bandung
34
Menyewakan Vila Di Lembang Bandung
Selasa, 22 Juli 2014 15:15 WIB
Enakeun pisan...
Wisata Pangandaran
35
Wisata Pangandaran
Jum'at, 08 Agustus 2014 01:04 WIB
citumang emang mantap abis. jernih dan aman yah untuk rekreasi keluarga. jadi orang tuapun tidak hawatir anaknya ikut berenang.
Sobana
36
Sobana
Jum'at, 08 Agustus 2014 15:18 WIB
aseeek bener citumang, pengalaman yang seru..
pengen kesana lagi

Anda dapat memberikan komentar tentang Citumang Pangandaran dengan menggunakan form dibawah ini .





 Notifikasi via email jika ada yang komentar



comments powered by Disqus
Akomodasi,Pangandaran
Pondok Wulan
Rp. 200.000
Pondok Wulan
Pondok Wulan Pangandaran adalah penginapan yang dikhususkan bagi para backpacker. soal harga tidak perlu diragukan lagi, sangat terjangkau.Letaknya tidak terlalu
Grand Mutiara Hotel
Rp. 0
Grand Mutiara Hotel
"Kemana rencana liburan keluarga anda pekan ini?Pangandaran jawabannya,Grand Mutiara Hotel pilihanya, tempat istirahat yang nyaman dan tenang dengan pelayanan
Aneka,Pangandaran
7 Alasan Mengapa Harus Liburan Musim Panas di Pangandaran

7 Alasan Mengapa Harus Liburan Musim Panas di Pangandaran
Liburan terutama di Pangandaran selalu menjadi pilihan menarik mengingat dalam satu daerah wisata terdapat begitu beragamnya aktifitas yang dapat anda lakukan mulai dari bermain di air laut, bermain di air tawar, hingga menje