myPangandaran - Informasi Pangandaran Terlengkap

Menikmati Renyahnya Calamari (Cumi Tepung) Khas Pangandaran

Oleh Amin Pnd pada Minggu, 15 Juli 2018 10:02 WIB

Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan cemilan khas Pangandaran yang satu ini. Olahan cumi-cumi yang dipotong menyerupai cincin, lalu dicelupkan ke dalam adonan tepung, dan digoreng kering. Olahan cumi-cumi biasa dijumpai di restoran-restoan atau pedagang oleh-oleh khas Pangandaran dipantai timur,tapi tahukah Anda kalau cumi tepung mempunyai nama lain yaitu Calamari?.

Tempat penjual Calamari yang berlokasi di pantai Timur Pangandaran

Sensasi memakan calamari merupakan paduan menikmati cumi dan juga tepung berbumbu, dibagian luar terasa renyah karena tepung kering goring dan dibagian tengahnya ada cumi yang tidak begitu kering sehingga kenyalnya daging cumi masih sangat terasa. Untuk menikmati calamari, anda bisa langsung memakannya sebagai cemilan atau sebagai lauk saat anda menikmati makan berat anda.

Calamari adalah bahasa lain dari cumi goreng tepung. Istilah Calamari berasal dari bahasa Inggris, mungkin bagi sebagian orang kurang familiar dengan istilah Calamari Seperti saya salah satunya.Saat mendengar istilah Calamari saya langsung Googling dan ternyata cemilan itu ada didepan saya dan sering kita makan.

Berbeda dengan olahan cumi lainnya yang dimasak secara basah seperti Cumi Saus Tiram, Cumi Asam Manis, Cumi Cah Kangkung atau bakar cumi. Jenis olahan cumi yang telah dimasak ini bisa bertahan cukup lama hingga beberapa hari, sehingga saat anda berwisata ke Pangandaran, selain bisa menikmati langsung di Pangandaran, calamari juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga anda.