myPangandaran - Informasi Pangandaran Terlengkap

Suka Konsumsi Kerang-Kerangan? Yuk Intip Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kerang

Oleh Eva pada Kamis, 30 November 2023 15:03 WIB

Kerang, sering diolah dengan berbagai macam bumbu, seperti asam manis saus Padang, saus tiram, dan lainnya, memiliki rasa yang lezat dan menggugah selera. Kebanyakan orang menikmati hidangan kerang dan sulit untuk berhenti saat menyantapnya. Namun, di balik cita rasanya yang lezat, ternyata kerang juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Di bawah ini, kita akan membahas kandungan nutrisi dalam kerang dan manfaatnya.


Kandungan Nutrisi

Beberapa jenis kerang yang umum dikonsumsi meliputi kerang dara dan kerang hijau. Kedua jenis kerang ini kaya akan nutrisi, asalkan dipilih dalam kondisi segar. Bagi ibu hamil, konsumsi kerang juga diperbolehkan, asalkan kerang tersebut sudah dimasak hingga matang.


Manfaat Kerang

Dengan berbagai nutrisi yang terkandung dalam kerang, konsumsi makanan laut ini dapat memberikan sejumlah manfaat.

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Dilansir dari laman Halodoc, kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dalam kerang dapat menurunkan kadar trigliserida yang berlebihan, mengurangi risiko pengerasan pembuluh arteri, dan serangan jantung. Meskipun demikian, perlu diingat untuk tidak mengonsumsi kerang secara berlebihan karena tingginya kandungan kolesterol yang dapat membahayakan jantung.

2. Mengatasi Anemia
Bagi mereka yang sering mengalami anemia, konsumsi kerang yang kaya zat besi dapat membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah. Hemoglobin adalah protein khusus yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, membantu mencegah anemia.

3. Menjaga Fungsi Sistem Saraf
Kehadiran vitamin B12 dalam kerang mendukung fungsi sistem saraf. Kekurangan vitamin B12 dapat berisiko menyebabkan kerusakan saraf dan penurunan fungsi otak.

4. Meningkatkan Kekebalan dan Metabolisme Tubuh
Tingginya kadar protein hewani dan asam amino esensial dalam kerang membantu menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan metabolisme. Protein juga esensial untuk pembentukan otot, enzim, hormon, dan organ tubuh lainnya.


Itulah kandungan nutrisi dan manfaat dari mengonsumsi kerang. Penting untuk tidak mengonsumsi kerang secara berlebihan guna mencegah peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.

Nah, SobatMy suka dengan jenis kerang apa nih? Kerang hijau, kerang dara, atau kerang-kerung? Berchandyaaa :’D