myPangandaran - Informasi Pangandaran Terlengkap

Rasakan Sensasi Pedas Gurih Kuliner Tulang Jambal Roti di Pangandaran

Oleh Eva pada Jum'at, 08 Desember 2023 15:01 WIB

Pangandaran, sebuah kota yang terletak di antara pesona pantai dan keindahan pegunungan, sering dijadikan tujuan wisata oleh Pemerintah Setempat. Kota ini menarik minat banyak pengunjung lokal maupun internasional untuk menjelajahi pesonanya, memanfaatkan waktu liburan mereka di sini.

Selain terkenal dengan keindahan wisatanya, Pangandaran juga memamerkan beragam kuliner menarik. Mulai dari hidangan hasil laut yang beraneka ragam hingga soto dan sate, cita rasa khas daerah ini tidak dapat diabaikan.


Salah satu hidangan istimewa yang berasal dari Pangandaran adalah Tulang Jambal Roti, menjadi pilihan dan favorit para pelancong saat berkunjung ke daerah ini.

Namun, jangan membayangkan tulang ikan yang bersih tanpa daging, karena dalam hidangan Tulang Jambal, yang dipilih adalah tulang yang masih menyisakan daging. Ketika dimasak hingga meresap dengan sambal pedas, rasa nikmatnya benar-benar terpancar.


Ciri khas dari masakan ini adalah irisan atau ulekan cabai gendot yang membuatnya begitu pedas, menciptakan kelezatan yang lebih terasa ketika disajikan dengan nasi putih yang masih hangat.

Santaplah hidangan ini dengan tangan untuk merasakan kelezatan lebih, memudahkan menyantap daging yang melekat pada tulang. Rasa pedas dari cabai akan memunculkan keringat pada siapa pun yang menikmatinya.


Jika tidak memungkinkan untuk merasakan sensasi pedas dari olahan Tulang Jambal Roti Khas Pangandaran ini, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, dengan menyimak resep dilansir dari laman Tribun Priangan berikut ini.

Bahan:


Cara Membuat: 

  1. Rendam tulang jambal roti dalam air panas selama kurang lebih 20 menit, kemudian angkat dan tiriskan.

  2. Panaskan sedikit minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, serai, dan lengkuas hingga harum.

  3. Masukkan cabai hijau besar dan keriting, serta cabai gendot, lalu aduk rata.

  4. Masukkan tulang jambal, dan aduk sebentar.

  5. Tuangkan air dan masukkan garam serta gula pasir, lalu aduk rata.

  6. Masukkan potongan tomat dan kemangi. Aduk rata dan masak dengan api sedang hingga air menyusut, kemudian angkat.

  7. Tulang Jambal Roti siap disajikan.



(Foto/Gambar: Ilustrasi olahan Tulang Jambal Roti Khas Pangandaran/Dok.Pinterest/TribunPriangan)