myPangandaran - Informasi Pangandaran Terlengkap

Jambal Roti Oleh-Oleh Khas Pangandaran

pada Rabu, 20 Oktober 2010 11:50 WIB

Tidak lengkap rasanya bila kita liburan ke suatu tempat wisata tidak membeli oleh-oleh sebagai  buah tangan untuk saudara atau teman,Kalau liburan ke Pantai Pangandaran jangan lupa dengan oleh-oleh khas pantainya, yaitu Ikan Asin Jambal Roti.Salah satu jenis ikan asin yang sudah sangat di kenal masarakat Jambal Roti. Jambal Roti merupakan produk hasil fementasi garam yang di buat dari ikan Manyung ( Arius thalassinus).

Istilah Jambal Roti menurut keterangan lisan dari beberapa pedagang ikan khususnya di Pangandaran,Pekalongan, Cirebon , dan Cilacap di gunakan karena daging Jambal Roti yang telah di goreng akan mudah hancur seperti roti.Ikan Asin jambal roti juga sangat bergizi dan mempunyai protein yang tinggi, ikan asin jambal roti ini diproses dengan cara alami, profesional, higenis.

Ikan Asin jambal roti sudah sangat terkenal dan merambah ke berbagai daerah di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Sumatera.Karena selain enak rasanya ikan asin jambal roti juga bisa dijadikan bermacam-macam jenis masakan.

Adapun cara pengolahan ikan Mayung menjadi Jambal Roti yaitu dengan  penggaraman yang terdiri dari lima cara yaitu:

Setelah prosess penggaraman di lanjutkan proses pengeringan yang bertujuan selain mengurangi kadar air, juga untuk menghentikan  pertumbuhan mikroba dan enzim penyebab kebusukan.

Pengeringan ada beberapa cara  yaitu menggunakan alat pengering tenaga surya dan alat pengering mekanis, namun yang biasa di lakukan oleh para pengolah Jambal roti di Pangandaran dengan cara tradisional dengan bantuan sinar matahari, pengeringan atau penjemuran dengan cara tradisional selain praktis juga murah.
        

#