myPangandaran - Informasi Pangandaran Terlengkap

Bunga Raflesia Fatma Icon Taman Wisata Alam Pangandaran

pada Kamis, 18 November 2010 11:19 WIB

Bunga Raflesia Fatma yang langka,di temukan di Taman Wisata  Alam Pangandaran pada tahun 1961.Bunga Raflesia Fatma berdiameter 15–33 cm, Rafflesia Fatma dapat tumbuh pada akar dan batang inang Tetrastigma Lanceolarium dan Tetrastigma Papillosum.

Proses terbentuknya bunga diawali dengan pembengkakan di dalam akar tumbuhan inang serta terbentuknya kuncup pada permukaan akar tumbuhan inang tersebut.

Kuncup ini mulai dari diameter beberapa mm kemudian membesar terus sampai kuncup tersebut berukuran ± 17 cm dan kemudian kuncup tersebut seakan–akan robek yang berarti bunga mekar.Bunga Raflesia Fatma biasa mekar di Kawasan Taman Wisata Pangandaran saat musim penghujan.

Siklus hidup bunga Rafflesia ini masih misteri, dia benar-benar tumbuhan parasit. Dia tidak punya batang atau daun sebagaimana pohon, ada sedikit serabut semacam akar yang langsung menembus inti batang pohon inang. Namun, bagaimana bibit bunga dapat masuk ke batang pohon inangnya, itu masih misteri.

Untuk Membudidayakan Bunga Raflesia Fatma ini, Pihak Kebun Raya Bogor sengaja membibitkan Bunga Raflesia Asal Pangandaran, untuk dikembang biakan pada tahun 2004 lalu dan sampai sekarang masih dapat ditemui di Kebun Raya Bogor.

Dari Bebagai Sumber

#