myPangandaran - Informasi Pangandaran Terlengkap

Gembus Yang Maknyus Semakin Langka di Pangandaran

pada Selasa, 08 Mei 2012 08:50 WIB

Wilyah Pangandaran yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah, secara tidak langsung membawa dampak terhadap adat istiadat dan budaya orang Pangandaran salah satunya kuliner, maka tak heran jika ke Pangandaran Anda menemukan makanan khas dari Jawa tengah yaitu Gembus.

Gembus mempunyai bentuknya seperti donat putih, rasanya gurih, renyah, empuk dan sedikit kenyal.Gembus cocok disantap saat masih panas, lebih enak lagi bila ditemani dengan pecel atau disiram bumbu pecel.

Gembus merupakan goreng-gorengan yang terbuat dari ketela pohon atau singkong, bahan baku gembus sangat mudah didapat di daerah pangandaran dan sekitarnya maka tak heran gembus dapat di temui di wilayah padaherang sampai ke ciijulang.

Cara pembuatan gembus pun tidak terlahu sulit, setelah singkong dikupas kemudian dikukus selanjutnya ditumbuk. Setelah menjadi adonan kemudian dibentuk seperti donat kecil-kecil setelah selesai kemudian digiling dan dibentuk seperti donat dan selanjutnya dianginkan beberapa saat.

Saat ini gorengan gembus di Pangandaran sudah mulai jarang di temukan, biasanya untuk menikmati gorengan gembus harus menunggu ada orang hajatan dan biasanya yang ada tontonannya, atau di pasar malam.

#