myPangandaran - Informasi Pangandaran Terlengkap

Bulan Purnama Terdekat dan Terbesar tahun 2013

pada Sabtu, 22 Juni 2013 19:10 WIB

Bulan purnama jatuh pada tanggal 22 Juni 2013 pukul 23:32 WIB. Dengan demikian, bagi banyak orang, bulan tampak sekitar sebagai penuh dalam 22 Juni langit malam seperti halnya pada malam 23 Juni. Ini bulan purnama tidak hanya bulan purnama terdekat dan terbesar tahun ini. Hal ini juga menyajikan pertemuan bulan yang paling dekat dengan Bumi untuk semua tahun 2013. Bulan tidak akan menjadi begitu dekat lagi sampai Agustus 2014. Dengan kata lain, ini bukan hanya sebuah supermoon. Ini adalah supermoon terdekat 2013.

Menurut para astronom menyebutnya semacam ini bulan purnama dekat bulan purnama perigee. Kata perigee menggambarkan titik terdekat bulan itu ke bumi untuk bulan tertentu. Dua tahun lalu, saat bulan purnama terdekat dan terbesar jatuh pada tanggal 19 Maret 2011, banyak menggunakan istilah supermoon, yang kita belum pernah mendengar sebelumnya. Tahun lalu, kami mendengar istilah ini lagi untuk menggambarkan bulan purnama terdekat tahun ini pada tanggal 6 Mei 2012. Sekarang supermoon istilah yang banyak digunakan. Purnama bulan lalu - 24-25 Mei, 2013 - juga supermoon a. Tapi Juni purnama bahkan lebih super! Dengan kata lain, saat bulan purnama jatuh bahkan lebih dekat dengan saat perigee, titik terdekat bulan itu ke Bumi. Puncak fase bulan yang penuh pada Juni 2013, dan perigee, jatuh dalam satu jam satu sama lain.

Di Pangandaran untuk menikmati supermoon diperkirakan akan jauh lebih terlihat jelas bila melihatnya dari pantai barat Pangandaran, sembari menikmati indahnya malam dan menyaksikan fenomena yang jarang sekali terjadi dengan di hiasi deburan ombak pantai barat Pangandaran akan menjadi sangat berkesan.

sumber : Earthsky.org

#