myPangandaran - Informasi Pangandaran Terlengkap

Berburu Ikan Segar Tangkapan Nelayan Jaring Arad Pangandaran

Oleh Amin pada Senin, 08 April 2019 09:15 WIB

Pangandaran merupakan salah satu tujuan objek wisata di Jawa Barat yang begitu terkenal keindahan Pantainya, selain untuk menikmati pemandangan alamnnya wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pangandaran disuguhkan kegiatan lain diantaranya berburu ikan segar langsung dari para nelayan jaring arad yang tentunya dapat menjadi pengalaman tersendiri bagi para wisatawan.

Jaring arad sendiri merupakan salah satu cara tradisional nelayan Pangandaran untuk menangkap ikan yaitu dengan cara ditarik dari daratan Biasanya, satu jaring ditarik antara 10 sampai 20 orang. Tidak hanya kaum laki-laki, para penarik jaring arad juga banyak didominasi oleh kaum perempuan, dan ada juga diantaranya anak-anak remaja.



Tidak hanya di Pantai Timur, di Pantai Barat Pangandaran pun kegiatan jaring arad banyak diburu wisatawan dan warga lokal untuk mendapatkan ikan segar hasil tangkapan nelayan jaring arad. Mereka rela menunggu 10 sampai 20 menitan hingga jaring arad mendarat alasannya sederhana selain ikanya masih dalam keadaan segar harganya pun dijamin akan terjangkau.



Untuk menarik jaring arad tidak dibutuhkan keahlian khusus hanya membutuhkan tenaga dan fisik yang kuat, kalau ikannya sedang banyak bisanya para nelayan jaring arad biasa menagkap ikan sampai sore hari.

Adapun hasil tangkapan nelayan jaring arad biasanya ikan teri, ikan pari, ikan jajambean, cumi-cumi, dan masih banyak lagi tergantung musim ikannya.