myPangandaran - Informasi Pangandaran Terlengkap

Taukah Kamu Pangandaran Punya Penangkaran Penyu Lho...!!

Oleh Syifa tiara pada Senin, 23 September 2019 10:33 WIB

Penangkaran Penyu di Pangandaran terletak di obyek wisata Batu Hiu tepatnya di Desa Ciliang Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, ±
berjarak sekitar 30 menit dari obyek wisata Pangandaran, jadi jika anda bisa berkunjung ke batuhiu sekalian mampir untuk melihat penyu - penyu yang menggemaskan.

Jenis penyu yang ada di penangkarn tak hanya satu macam, namun terdapat berbagai jenis penyu seperti penyu sisik, penyu hijau, penyu belimbing dan penyu tempayan.  Penyu ini di dapat dari pinggir pantai atau dari nelayan yang tak sengaja mendapatkan penyu  terjerat dalam jaringnya.

Pantai Batu Hiu menjadi salah satu tempat pavorit penyu untuk bertelur dikarenakan masih sepi oleh aktifitas orang dan masih rimbunnya pohon pandan disepanjang tepan pantai, namun begitu banyak predator yang mengincar hewan langka ini membuat salah seorang warga bernama Pak Didin dan kawan-awan tergerak untuk membuat tempat pelestarian penyu.

Didin Saefudin, Pria kelahiran Pangandaran 27 Januari 1956 atau yang akrab di panggil Pak Didin adalah pendiri Kelompok Pelestari Biota Laut (KPBL) Batu Hiu, Selain untuk melestarikan penyu Pak Didin juga berkata penangkaran tersebut bisa untuk wisata edukasi , sehingga dapat menambah wawasan wisatawan atau warga setempat yang berkunjung.

Untuk masuk ke penangkaran penyu ini tidak dikenakan biaya , hanya memberikan donasi seiklasnya saja, Keren bukan para pendiri penangkaran penyu tersebut. Jadi tunggu apalagi ayo kita berwisata ke Pangandaran dan belajar mengenali jenis  - jenis penyu di penangkaran Penyu Batu Hiu.