myPangandaran - Informasi Pangandaran Terlengkap

Selain Keindahan Wisata Alam, 4 Hal Ini Tak Boleh Dilewatkan Saat Mengunjungi Pangandaran

Oleh Eva pada Senin, 29 Januari 2024 14:50 WIB

Mendengar kata "Pangandaran," pikiran kita segera tertuju pada pesona dan keindahan alamnya. Pangandaran, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, terkenal dengan pantainya yang memukau.

Kabupaten ini terletak di sepanjang garis pantai Samudra Hindia di bagian selatan, menawarkan berbagai spot wisata menarik seperti Pantai Pangandaran, Green Canyon, Cagar Alam Pangandaran, hingga kawasan Mangrove Batu Karas.


Selain kecantikan alamnya yang tak terbantahkan, ada 4 hal lain dilansir dari laman Travel Indozone yang patut dijelajahi ketika mengunjungi Pangandaran. Apa saja? Yuk simak bersama!


1. Menyaksikan Keindahan Senja di Pantai Pangandaran

Pesona senja di Pantai Pangandaran tidak perlu diragukan lagi. Pukul 17.20 WIB, para pengunjung berbondong-bondong menuju tepi pantai untuk menikmati momen matahari terbenam. Mengabadikan keindahan senja dengan latar belakang perahu nelayan yang bersandar tidak akan mengurangi pesona Pantai Pangandaran ini.


2. Menikmati Kuliner Khas Pangandaran

Jelajahi pantai sambil menikmati pemandangan laut, dan jangan lupa mencicipi kuliner lokal dari para penjual di sekitar. Salah satu hidangan khas yang patut dicoba adalah pecel Pangandaran, sebuah hidangan Jawa yang terdiri dari sayuran direbus dan disajikan dengan bumbu kacang.

Wortel, tauge, bayam, dan bunga kecombrang memberikan rasa unik dengan aroma segar, sedikit asam, dan gurih. Jangan lupa mencicipi tambahan seperti bakwan dan sate kerang bumbu pedas.


3. Merasakan Kelezatan Ikan Asin di Pasar Timur Pangandaran

Di wilayah Pangandaran, sebagian penduduk bekerja sebagai nelayan, mengolah hasil laut menjadi ikan asin. Ikan asin jambal roti menjadi favorit wisatawan dengan rasa gurih khas, tekstur lembut, dan ketebalan yang berbeda dari jenis ikan asin lainnya. Para pecinta ikan asin wajib mengunjungi pasar ini untuk menikmati berbagai pilihan jenis ikan asin yang ditawarkan.


4. Berbelanja Oleh-Oleh

Kunjungan ke Pangandaran tidak lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Beberapa oleh-oleh populer termasuk sale pisang, kerupuk ikan tenggiri, noga kelapa, dan berbagai produk khas Jawa Barat lainnya yang dapat ditemukan dengan mudah di toko oleh-oleh sekitar Pangandaran dengan harga terjangkau.


Itulah beberapa kegiatan yang wajib dicoba saat mengunjungi Pangandaran. Selamat menikmati liburan ke Pangandaran ya SobatMy!