myPangandaran - Informasi Pangandaran Terlengkap

Melihat Fenomena Laut Dua Warna di Pantai Karapyak Pangandaran

Oleh Adi Sumaryadi pada Sabtu, 23 Desember 2017 15:10 WIB

Anda pernah melihat laut dengan dua warna? sebagian orang menganggap bahwa itu adalah cerita, tetapi tidak bagi warga sekitaran Pantai Karapyak Pangandaran, fenomena itu sering terlihat di Pantai yang terletak sekitar 20 KM sebelum Pantai Pangandaran. Fenomena laut dengan dua warna itu terjadi ketika air dari aliran sungai Citanduy yang menjadi batas dari Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah ini berwarna kuning akibat lumpur dan abrasi yang terjadi sepanjang sungai.


Pantai Karapyak dengan dua warna laut terekam oleh Satelit Nasa melalui Google Earth

Air sungai citanduy yang berwarna kuning tanah masuk ke laut dan membentuk warna baru dengan luasan yang cukup luas sehingga perbedaan warna laut sangat terlihat jelas. Fenomena ini akan sangat nampak terlihat jika cuaca di Pangandaran khususnya terang dan tidak hujan.

Sebagai Informasi, Pantai Karapyak adalah satu dari Pantai di Kabupaten Pangandaran yang menjadi destinasi wisata, ditempat ini kita bisa melihat hamparan laut samudra hindia, apabila air sedang surut, hamparan karang terlihat jelas jauh menjorok kelautan, tidak sedikit warga yang memanfaatkan waktu ini untuk mencari kerang ataupun rumput laut.