Palma Pangandaran     Serang     Lalu     Suligar     
Blog Wisata
Potensi Pariwisata Desa Babakan Pangandaran
Blog Wisata
Potensi Pariwisata Desa Babakan Pangandaran


Babakan adalah desa di kecamatan Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia. Babakan Merupakan desa gerbang masuk ke Kota Pangandaran dimana Babakan juga seperti beberapa desa lain di Pangandaran, memiliki pantai. Pantai yang berada di Babakan adalah Pantai Timur Pangandaran dan Pantai Bulaksetra atau oleh warga sekitarlebih dikenal dengan Basisir Cileutik yang disana juga terdapat muara Cileutik.

Saat ini,di desa Babakan, tepatnya basisir Cileutik telah dibangun sebuah dermaga yang rencananya akan digunakan sebagai terminal dari laulintas kendaraan laut (kapal pesiar ataupun kapal nelayan) meskipun belum selesai, namun bangunan dan jalan menuju pelabuhan sudah selesai dibeton.

Penduduk dari Desa Babakan ini kebanyakan bermata pencaharian sebagai nelayan, selain itu petani juga mendominasi mata pencaharian dari penduduknya menyusul pekerjaan lainnya seperti PNS, pedagang dan lainnya.

Dalam sektor pendidikan, terdapat Sekolah Menengah Umum Negeri 1 (SMAN 1) Pangandaran yang berlokasi di kampung Kamurang. SMP dan SMA PGRI juga berlokasi di daerah yang sama. Untuk tingkat SD dan TK, dimulai dari SD Babakan I sampai dengan SD Babakan V dan juga terdapat 2 TK yang berada di daerah ini.

Potensi Kawasan
Sebagai daerah Penyangga Wisata Pangandaran, Desa Babakan memiliki beberapa tempat yang bisa dijadikan rekreasi bagi wisatawan diantaranya:
  • Pantai, Pantai yang berada di Babakan adalah Pantai Timur Pangandaran dan Pantai Bulaksetra atau oleh warga sekitarlebih dikenal dengan Basisir Cileutik yang disana juga terdapat muara Cileutik.Meski dipantainya tidak diperbolehkan unutk berenang, tapi pantai yang masih alami ini bisa di jadikan pemandangan yang indah.Lihat Semua Galeri Photo

  • Muara Cileutik, Saat ini sedang dibangun sebuah dermaga (pelabuhan) yang rencananya dignakan sebagai terminal dari l alu lintas kendaraan laut (kapal Pesiar ataupun kapal nelayan), selain itu di muara cileutik juga bisa di jadikan arena memancing. dan untuk aktifitas seperti aoutbond dan berkemah.
  • Sungai, Desa Babakan juga diapit oleh dua sungai sebagai batas wilayah, sungai Ciputrapinggan untuk batas wilayah timur berbatasan dengan Desa Ciputrapinggan dan sungai Cikidang untuk batas wilayah barat berbatasan dengan Desa Pangandaran, mempunyai potensi wisata air seperti bersampan (canoeing), atau bisa dengan menggunakan sepeda air (swan angsa)
  • Matras, Sebuah DAM peninggalan belanda yang di gunakan para petani untuk irigasi pertanian, selain itu juga sungainya bisa dijadikan track body rafting, sedangkan jalur daratnya bisa dijadikan Tracking sepeda.Lihat Semua Galeri Photo

  • Sawah, Sebagian Desa Babakan di kelilingi area persawahan dari segi wisata sawah bisa di jadikan tempat rekreasi bagi wisatawan, dengan tema back to nature,dari mulai membajak sawah, menanam padi sampai memanen padi.Lihat Semua Galeri Photo

  • Masyarakat Pedesaan, sebagian besar warga Desa Babakan bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan, wisatawan  bisa diajak melihat berbagai aktifitas keseharian masyarakat.diantaranya, bercocok tanam, melihat proses pembuatan gula merah, menjala ikan dan lain-lain.



#


Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Blog Wisata Lainnya
Welcome to Pangandaran Beautiful Beach
Welcome to Pangandaran Beautiful Beach
Jum'at, 26 November 2010 06:10 WIB
Pangandaran Beach is reputedly the most beautiful beach in West Java and possibly in all of Java. It is Java`s answer to

Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini