Layur     Menuju     Burung     Pondok Nusawiru     
Ragam
10 Manfaat Terumbu Karang untuk Kehidupan Biota Laut dan Manusia
Ragam
10 Manfaat Terumbu Karang untuk Kehidupan Biota Laut dan Manusia


Indonesia, sebagai negara kepulauan, memegang predikat sebagai surga terumbu karang terkaya di dunia. Terumbu karang menjadi salah satu aset penting dalam kemaritiman dan sumber daya laut Indonesia yang luas, mencapai 5,8 juta kilometer persegi, mencakup dua per tiga wilayah negara ini.

Terumbu karang, yang fisiknya terbentuk oleh batuan sedimen kapur di laut, mayoritas dihasilkan oleh koral yang membentuk koloni ribuan koral. Ekosistem laut yang dibentuk oleh biota laut yang menghasilkan kapur, terutama karang batu dan alga berkapur, bersama dengan biota laut lainnya di dasar laut, dikenal sebagai terumbu karang. Dalam konteks ekologis, terumbu karang menjadi tempat bagi organisme hewan dan tumbuhan mencari makan dan perlindungan.


Indonesia, dengan luas terumbu karang mencapai 284,3 ribu kilometer persegi, setara dengan 18% dari total terumbu karang dunia, menjadi negara dengan terumbu karang terluas di dunia. Keberhasilan pertumbuhan terumbu karang di Indonesia dipengaruhi oleh suhu perairan laut yang optimal, antara 21-29 derajat Celsius, dan kondisi air yang jernih dan dangkal, dengan kedalaman air ideal tidak lebih dari 18 meter.

Terumbu karang terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu karang lunak (soft coral) dan karang keras (hard coral), dengan tiga tipe umum, yaitu terumbu karang tepi (fringing reef), terumbu karang penghalang (barrier reef), dan terumbu karang cincin (atoll). Terumbu karang merupakan ekosistem laut tropis dengan tingkat kalsium karbonat tinggi dan didominasi oleh berbagai jenis hewan karang keras.


Berikut adalah 10 manfaat terumbu karang dilansir dari laman resmi Gramedia yang memperkaya kehidupan biota laut dan memberikan kontribusi positif bagi manusia:

1. Pelindung Pesisir dan Pantai
Kehadiran terumbu karang berdampak besar pada energi ombak, meredam gelombang laut sehingga melindungi pantai dari kerusakan oleh ombak besar.

2. Ekosistem Penyokong Kehidupan
Terumbu karang menciptakan ekosistem kaya kehidupan, menjadi tempat mencari makan, berkembang biak, dan tinggal bagi berbagai biota laut.

3. Media Bibit Budidaya
Terumbu karang menyediakan lingkungan ideal untuk budidaya berbagai jenis ikan, rumput laut, dan teripang, mendukung ekonomi lokal.

4. Sarana Rekreasi
Keindahan terumbu karang menjadi daya tarik bagi kegiatan rekreasi seperti diving, snorkeling, dan fotografi, berkontribusi pada sektor pariwisata.

5. Bahan Baku Obat dan Kosmetik
Terumbu karang mengandung senyawa kimia yang berguna sebagai bahan baku obat-obatan dan kosmetik, terutama berasal dari hewan laut dan alga.

6. Keanekaragaman Genetik dan Spesies
Sebagai ekosistem, terumbu karang memiliki keanekaragaman hayati tertinggi, mendukung banyak spesies dan genetika yang berharga.

7. Pengurangan Pemanasan Global
Terumbu karang berkontribusi pada penyerapan gas karbon dioksida laut, membantu mengurangi dampak pemanasan global melalui proses kalsifikasi.

8. Sarana Pendidikan dan Penelitian
Terumbu karang digunakan untuk kegiatan penelitian dan pendidikan, membantu pemahaman ekosistem laut dan organisme penting yang ada di dalamnya.

9. Bahan Baku Perhiasan dan Industri
Terumbu karang batu yang keras dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan perhiasan dan aksesoris dengan nilai ekonomi tinggi.

10. Sumber Perikanan yang Produktif
Terumbu karang menyediakan habitat bagi ikan-ikan berharga mahal, memainkan peran penting dalam sumber daya perikanan yang tinggi dan berkelanjutan.

Dengan memahami manfaat terumbu karang, diharapkan dapat mendorong upaya pelestarian dan keberlanjutan ekosistem laut yang sangat penting ini.



(Foto/Gambar: Ilustrasi terumbu karang/wirestock-Freepik)




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Ragam Lainnya
7 Hewan Penghuni Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran
7 Hewan Penghuni Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran
Selasa, 30 Juli 2013 12:40 WIB
Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran merupakan kawasan hutan yang dilindungi jadi jangan kaget jika saat perjalanan menyusuri hutan Anda akan menemui
7 Hotel Terbesar di Pantai Barat  Versi myPangandaran
7 Hotel Terbesar di Pantai Barat Versi myPangandaran
Senin, 30 Mei 2011 09:47 WIB
Pantai Pangandaran merupakan objek wisata primadona di Jawa Barat, Adanya fasilitas yang terdapat di tepi pantai seperti hotel-hotel mewah menambah kenyamanan dan
7 Oleh-Oleh Paling Banyak Di Buru Di Pangandaran
7 Oleh-Oleh Paling Banyak Di Buru Di Pangandaran
Sabtu, 28 Desember 2013 13:17 WIB
Pelesir belum lengkap tanpa cendera mata. Setiap daerah pasti memiliki kerajinan tangan maupun hasil alam yang bisa dijadikan oleh-oleh.Tak terkecuali Pangandaran yang
Kereta Jalur Pangandaran kini Tinggal Kenangan
Kereta Jalur Pangandaran kini Tinggal Kenangan
Kamis, 29 April 2010 07:28 WIB
Kereta memang menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk transportasi, tidak terkecuali di Pangandaran, dulu dari Banjar menuju Pangandaran ada jalur
7 Lokasi di Pangandaran yang Sering Digunakan Untuk Berfoto Ria
7 Lokasi di Pangandaran yang Sering Digunakan Untuk Berfoto Ria
Selasa, 30 April 2013 22:01 WIB
Di Pangandaran banyak hal menarik yang bisa menjadi objek foto bagi Anda pencinta fotografi atau yang hobi berfoto ria mengabadikan kenangan liburan
7 Tempat di Pangandaran Yang Sering Dipakai Syuting Film Laga
7 Tempat di Pangandaran Yang Sering Dipakai Syuting Film Laga
Senin, 05 November 2012 09:00 WIB
Pangandaran terkenal menjadi salah satu tempat yang dipergunakan untuk pengambilan gambar syuting film laga, dari era film 90-an Pangandaran sering dijadikan latar

Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini