Pangandaran Waterpark     Ruangan     Pengrajin     Yenti     
Ragam
10 Tanaman Pencegah Banjir yang Berperan Penting Saat Musim Hujan
Ragam
10 Tanaman Pencegah Banjir yang Berperan Penting Saat Musim Hujan


Di Indonesia, risiko bencana banjir sangat tinggi, dipicu oleh kondisi alam seperti geografi, topografi, dan pola sungai. Faktor-faktor alam yang dinamis dan tingginya curah hujan membuat permukaan air meluap, mengakibatkan banjir. Musim hujan meningkatkan risiko ini, dengan lebih dari 170 juta jiwa tersebar di pulau-pulau Indonesia yang terkena dampak banjir, menurut BNPB.


Berikut ini adalah 10 tanaman yang direkomendasikan oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP2TPDAS) Surakarta untuk ditanam di daerah rawan longsor dan rawan banjir sebagaimana dilansir dari laman Eiger Adventure.

1. Pohon Pilang


(Foto/Gambar: Pohon Pilang/Wikipedia)

Juga dikenal sebagai kabesak, pohon ini bermanfaat dengan tajuk seperti payung. Kulit batangnya menghasilkan tanin yang dapat digunakan dalam industri pengolahan kulit.


2. Pohon Buah Sukun



Buah sukun, yang dikenal sebagai "buah roti" di Eropa, menyukai iklim tropis. Tumbuhan ini cocok di dataran rendah dan dapat membantu mengurangi risiko banjir.


3. Pohon Bambu



Bambu memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem air. Kemampuannya mengikat tanah dan air membantu mengurangi erosi, sedimentasi, dan risiko banjir.


4. Pohon Aren



Arenga Pinnata, atau aren, dapat bertahan di ketinggian tertentu dan memiliki akar serabut yang mampu menahan erosi dan mengikat air, mencegah terjadinya banjir.


5. Pohon Beringin


(Foto/Gambar: Pohon Beringin/Sourav Mahata-iStockphoto)

Dengan tinggi tumbuhan mencapai 30 meter, beringin tidak hanya berfungsi sebagai peneduh, tetapi juga dapat mengendalikan penguapan dan menyimpan air, mencegah erosi, longsor, dan banjir.


6. Pohon Trembesi



Trembesi, atau Ki Hujan, dapat tumbuh besar dan memiliki kemampuan menyerap air dengan baik, menjadikannya solusi bijak sebagai pencegah banjir dan penyimpan alami.


7. Pohon Randu


(Foto/Gambar: Pohon Randu/Pobytov-iStockphoto)

Dikenal sebagai kapuk randu, pohon ini efektif dalam mencegah erosi di lereng gunung dan menyimpan cadangan air.


8. Pohon Kepuh


(Foto/Gambar: Pohon Kepuh/Kompasiana)

Kepuh memiliki manfaat luar biasa sebagai penahan air, mengatur siklus hidrologi, dan dapat diandalkan sebagai pohon pencegah banjir dan penyimpan air.


9. Pohon Gayam


(Foto/Gambar: Pohon Gayam/Kompasiana)

Dengan daun lebat dan bunga harum, gayam dapat menjadi peneduh pekarangan rumah dan berperan dalam menahan air serta menyimpan cadangan air.


10. Pohon Bendo


(Foto/Gambar: Pohon Bendo/Wikipedia)

Bendo, atau Artocarpus elasticus, tumbuh tinggi dan memiliki akar yang kuat, cocok sebagai tanaman konservasi air untuk mencegah longsor dan menyerap air dari lapisan tanah terdalam.


Jika Anda belum dapat menanam tanaman, penting juga untuk menjaga kebersihan sekitar, tidak membuang sampah sembarangan, dan selalu membersihkan saluran pembuangan untuk mengurangi risiko banjir.




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Ragam Lainnya
7 Hewan Penghuni Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran
7 Hewan Penghuni Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran
Selasa, 30 Juli 2013 12:40 WIB
Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran merupakan kawasan hutan yang dilindungi jadi jangan kaget jika saat perjalanan menyusuri hutan Anda akan menemui
7 Hotel Terbesar di Pantai Barat  Versi myPangandaran
7 Hotel Terbesar di Pantai Barat Versi myPangandaran
Senin, 30 Mei 2011 09:47 WIB
Pantai Pangandaran merupakan objek wisata primadona di Jawa Barat, Adanya fasilitas yang terdapat di tepi pantai seperti hotel-hotel mewah menambah kenyamanan dan
7 Oleh-Oleh Paling Banyak Di Buru Di Pangandaran
7 Oleh-Oleh Paling Banyak Di Buru Di Pangandaran
Sabtu, 28 Desember 2013 13:17 WIB
Pelesir belum lengkap tanpa cendera mata. Setiap daerah pasti memiliki kerajinan tangan maupun hasil alam yang bisa dijadikan oleh-oleh.Tak terkecuali Pangandaran yang
Kereta Jalur Pangandaran kini Tinggal Kenangan
Kereta Jalur Pangandaran kini Tinggal Kenangan
Kamis, 29 April 2010 07:28 WIB
Kereta memang menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk transportasi, tidak terkecuali di Pangandaran, dulu dari Banjar menuju Pangandaran ada jalur
7 Lokasi di Pangandaran yang Sering Digunakan Untuk Berfoto Ria
7 Lokasi di Pangandaran yang Sering Digunakan Untuk Berfoto Ria
Selasa, 30 April 2013 22:01 WIB
Di Pangandaran banyak hal menarik yang bisa menjadi objek foto bagi Anda pencinta fotografi atau yang hobi berfoto ria mengabadikan kenangan liburan
7 Tempat di Pangandaran Yang Sering Dipakai Syuting Film Laga
7 Tempat di Pangandaran Yang Sering Dipakai Syuting Film Laga
Senin, 05 November 2012 09:00 WIB
Pangandaran terkenal menjadi salah satu tempat yang dipergunakan untuk pengambilan gambar syuting film laga, dari era film 90-an Pangandaran sering dijadikan latar

Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini