Ekspedisi     Inilah Sepenggal     Angkutan     Azis     
Ragam
10 Jenis Ikan Asin yang Populer di Indonesia. Manakah yang Jadi Favoritmu?
Ragam
10 Jenis Ikan Asin yang Populer di Indonesia. Manakah yang Jadi Favoritmu?


Ikan asin merupakan salah satu hidangan yang digemari oleh banyak orang di Indonesia. Rasanya yang lezat, terutama saat disajikan dengan nasi hangat, sambal, dan lalapan, membuat selera makan langsung meningkat.

Aroma dan cita rasa khas dari ikan yang diawetkan ini membuatnya cocok di lidah banyak orang. Selain tahan lama, ikan asin juga dapat diolah dengan cepat dan mudah, menjadikannya pilihan makanan harian di banyak keluarga.

Umumnya, ikan asin dibuat dari berbagai jenis ikan. Proses pengawetannya melibatkan penggunaan garam dalam jumlah besar, diikuti dengan pengeringan di bawah sinar matahari. Dilansir dari laman Berita 99, metode pengawetan alami ini memungkinkan ikan asin dapat disimpan dalam jangka waktu berbulan-bulan pada suhu ruangan.

Bingung mengenai ikan apa saja yang dapat diolah menjadi ikan asin? Simak penjelasannya di bawah ini!


10 Jenis Ikan Asin di Indonesia

1. Jambal Roti
Ikan ini populer di kalangan masyarakat karena memiliki daging yang lebih tebal dibandingkan dengan jenis lainnya. Jambal roti biasanya dinikmati dengan campuran sambal oleh masyarakat, baik saat bersantai di rumah maupun menjadi menu andalan di warung makan Sunda.

2. Peda
Peda, yang berasal dari ikan kembung betina yang dikeringkan, dapat diolah menjadi berbagai hidangan, seperti tim peda.

3. Teri
Ikan teri, jenis ikan kecil yang umumnya ditemukan di perairan Indonesia, diolah menjadi aneka hidangan, termasuk sambal goreng teri, peyek teri, dan gulai teri.

4. Tenggiri
Ikan tenggiri, yang dibuat dari ikan tenggiri yang dikeringkan, memiliki ukuran jumbo dan sering dimasak dalam jumlah besar atau disimpan untuk digunakan nanti. Olahan ikan tenggiri ini biasanya disajikan sebagai tumis dengan sambal.

5. Gabus
Olahan ikan gabus ini berasal dari ikan gabus yang telah dibersihkan sisik, insang, dan isi perutnya, kemudian diasinkan setelah dibelah.

6. Sepat
Ikan sepat, yang merupakan ikan air tawar yang diawetkan, dapat dengan mudah ditemukan di pasaran karena melimpahnya hasil panen.

7. Bulu Ayam
Meskipun namanya menyerupai bulu ayam, ikan ini sebenarnya memiliki bentuk yang tipis dan renyah, memberikan rasa yang unik.

8. Layang
Ikan asin juga dapat berasal dari laut, seperti layang. Ikan ini memiliki ukuran yang bervariasi, baik dari kecil hingga besar, dan dagingnya bisa tipis atau tebal.

9. Bilih
Ikan ini berasal dari danau Singkarak, Sumatera Barat, dan sering diolah dengan campuran sambal ijo untuk menciptakan hidangan yang lezat.

10. Tembang
Ikan tembang banyak digunakan dalam kuliner Betawi, dari pecak tembang hingga menjadi pendamping sayur asem dan sambal goreng. Ikan tembang selalu hadir dalam menu makanan sehari-hari masyarakat Betawi.


Mana yang jadi favoritmu nih, SobatMy?




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Ragam Lainnya
7 Hewan Penghuni Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran
7 Hewan Penghuni Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran
Selasa, 30 Juli 2013 12:40 WIB
Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran merupakan kawasan hutan yang dilindungi jadi jangan kaget jika saat perjalanan menyusuri hutan Anda akan menemui
7 Hotel Terbesar di Pantai Barat  Versi myPangandaran
7 Hotel Terbesar di Pantai Barat Versi myPangandaran
Senin, 30 Mei 2011 09:47 WIB
Pantai Pangandaran merupakan objek wisata primadona di Jawa Barat, Adanya fasilitas yang terdapat di tepi pantai seperti hotel-hotel mewah menambah kenyamanan dan
7 Oleh-Oleh Paling Banyak Di Buru Di Pangandaran
7 Oleh-Oleh Paling Banyak Di Buru Di Pangandaran
Sabtu, 28 Desember 2013 13:17 WIB
Pelesir belum lengkap tanpa cendera mata. Setiap daerah pasti memiliki kerajinan tangan maupun hasil alam yang bisa dijadikan oleh-oleh.Tak terkecuali Pangandaran yang
Kereta Jalur Pangandaran kini Tinggal Kenangan
Kereta Jalur Pangandaran kini Tinggal Kenangan
Kamis, 29 April 2010 07:28 WIB
Kereta memang menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk transportasi, tidak terkecuali di Pangandaran, dulu dari Banjar menuju Pangandaran ada jalur
7 Lokasi di Pangandaran yang Sering Digunakan Untuk Berfoto Ria
7 Lokasi di Pangandaran yang Sering Digunakan Untuk Berfoto Ria
Selasa, 30 April 2013 22:01 WIB
Di Pangandaran banyak hal menarik yang bisa menjadi objek foto bagi Anda pencinta fotografi atau yang hobi berfoto ria mengabadikan kenangan liburan
7 Tempat di Pangandaran Yang Sering Dipakai Syuting Film Laga
7 Tempat di Pangandaran Yang Sering Dipakai Syuting Film Laga
Senin, 05 November 2012 09:00 WIB
Pangandaran terkenal menjadi salah satu tempat yang dipergunakan untuk pengambilan gambar syuting film laga, dari era film 90-an Pangandaran sering dijadikan latar

Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini