Rinjani     Jokowi     Pondok Pelangi     Mustika Ratu     
Ragam
10 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui!
Ragam
10 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui!


Secara dasar, minum air putih dengan suhu apapun tetap memberikan manfaat untuk mendukung kesehatan dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Namun, nyatanya, terdapat beragam manfaat yang dapat diperoleh dari minum air hangat, yang sayang untuk dilewatkan.

Apa saja manfaat-manfaat tersebut? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.


Beragam Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Ada berbagai keuntungan dari kebiasaan minum air hangat secara rutin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari membantu menurunkan berat badan, melancarkan sistem pencernaan, mencegah dehidrasi, hingga memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit.


Berikut penjelasan lebih lanjut sebagaimana dilansir dari laman Siloam Hospitals.

1. Menurunkan Berat Badan
Minum air hangat sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan dengan memberikan efek kenyang, mengendalikan nafsu makan, dan meningkatkan suhu internal tubuh untuk optimalisasi metabolisme pembakaran lemak.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan
Air hangat merangsang peristaltik usus, mendukung pergerakan makanan melalui saluran pencernaan, dan mengoptimalkan penyerapan lemak.

3. Pengeluaran Racun dari Tubuh
Minum air hangat mendukung proses detoksifikasi dengan meningkatkan efisiensi pencernaan dalam mengeluarkan racun dari tubuh.

4. Meredakan Hidung Tersumbat dan Batuk Berdahak
Air hangat menghasilkan uap yang membantu mengencerkan lendir di saluran pernapasan, meredakan hidung tersumbat, dan mengurangi iritasi tenggorokan.

5. Mencegah Dehidrasi
Minum air hangat atau dingin mencegah dehidrasi, kondisi kekurangan cairan yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

6. Mengatasi Kedinginan
Air hangat meningkatkan suhu internal tubuh, membantu mengatasi kedinginan, dan mengurangi respons tubuh seperti menggigil.

7. Meningkatkan Suasana Hati
Minum air hangat dapat memperbaiki mood dengan mengurangi stres berlebih dan membuat tubuh lebih rileks.

8. Melancarkan Sirkulasi Darah
Air hangat melebarkan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan memastikan pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup ke sel dan jaringan tubuh.

9. Meredakan Nyeri Haid
Minum air hangat membantu merelaksasi otot rahim, meredakan nyeri haid, dan dapat disertai dengan mandi atau kompres hangat.

10. Memperlambat Tanda-Tanda Penuaan Kulit
Air hangat, dengan meningkatkan sirkulasi darah, membantu produksi elastin dan kolagen, memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit.


Itulah beberapa manfaat minum air hangat yang penting untuk diketahui. Selain minum air hangat, perhatikan pula pola makan dan asupan gizi untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.



(Foto/Gambar: Ilustrasi air hangat/iStockphoto)




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Ragam Lainnya
7 Hewan Penghuni Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran
7 Hewan Penghuni Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran
Selasa, 30 Juli 2013 12:40 WIB
Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran merupakan kawasan hutan yang dilindungi jadi jangan kaget jika saat perjalanan menyusuri hutan Anda akan menemui
7 Hotel Terbesar di Pantai Barat  Versi myPangandaran
7 Hotel Terbesar di Pantai Barat Versi myPangandaran
Senin, 30 Mei 2011 09:47 WIB
Pantai Pangandaran merupakan objek wisata primadona di Jawa Barat, Adanya fasilitas yang terdapat di tepi pantai seperti hotel-hotel mewah menambah kenyamanan dan
7 Oleh-Oleh Paling Banyak Di Buru Di Pangandaran
7 Oleh-Oleh Paling Banyak Di Buru Di Pangandaran
Sabtu, 28 Desember 2013 13:17 WIB
Pelesir belum lengkap tanpa cendera mata. Setiap daerah pasti memiliki kerajinan tangan maupun hasil alam yang bisa dijadikan oleh-oleh.Tak terkecuali Pangandaran yang
Kereta Jalur Pangandaran kini Tinggal Kenangan
Kereta Jalur Pangandaran kini Tinggal Kenangan
Kamis, 29 April 2010 07:28 WIB
Kereta memang menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk transportasi, tidak terkecuali di Pangandaran, dulu dari Banjar menuju Pangandaran ada jalur
7 Lokasi di Pangandaran yang Sering Digunakan Untuk Berfoto Ria
7 Lokasi di Pangandaran yang Sering Digunakan Untuk Berfoto Ria
Selasa, 30 April 2013 22:01 WIB
Di Pangandaran banyak hal menarik yang bisa menjadi objek foto bagi Anda pencinta fotografi atau yang hobi berfoto ria mengabadikan kenangan liburan
7 Tempat di Pangandaran Yang Sering Dipakai Syuting Film Laga
7 Tempat di Pangandaran Yang Sering Dipakai Syuting Film Laga
Senin, 05 November 2012 09:00 WIB
Pangandaran terkenal menjadi salah satu tempat yang dipergunakan untuk pengambilan gambar syuting film laga, dari era film 90-an Pangandaran sering dijadikan latar

Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini