Ragam
Wajib Diatasi, Inilah 7 Ancaman Serius Akibat Sampah Plastik di Laut
Ragam
Wajib Diatasi, Inilah 7 Ancaman Serius Akibat Sampah Plastik di Laut


Sampah plastik bukan lagi permasalahan baru di planet tempat kita tinggal. Dalam beberapa tahun terakhir, masalah ini semakin membesar dan menjadi sumber kekhawatiran. Tidak hanya daratan yang telah dipenuhi oleh tumpukan sampah plastik, tetapi laut juga menjadi korban polusi plastik yang meresahkan.

Dampak dari sampah plastik di laut sangat beragam, melibatkan ancaman terhadap ekosistem laut, kesehatan manusia, dan dampak ekonomi. Berikut adalah 7 bahaya dan konsekuensi yang perlu segera diatasi terkait sampah plastik di laut dilansir dari laman IDN Times.


1. Merusak Keseimbangan Nutrien di Laut
Adanya mikroplastik atau partikel plastik berukuran kurang dari 5mm mengakibatkan ketidakseimbangan nutrien di laut. Mikroplastik merupakan ancaman serius terhadap organisme penyaring dan pemakan, seperti ikan paus dan Manta Ray. Kehadiran sampah plastik dapat membahayakan ikan paus dan Manta Ray karena racun dalam mikroplastik dapat merusak metabolisme dan fungsi reproduksi mereka, mengancam keseimbangan nutrien di laut.

2. Membahayakan Keselamatan Hewan Laut
Berbagai hewan laut sekarang hidup berdampingan dengan sampah plastik, seringkali keliru menganggapnya sebagai makanan. Contohnya, penyu yang seharusnya memakan ubur-ubur, malah memakan sampah plastik di laut. Saat ini, sekitar 3 dari 7 spesies penyu terancam punah, dan 267 spesies di seluruh dunia, termasuk 84% penyu laut dan 43% mamalia laut, terancam oleh sampah plastik.

3. Merusak Terumbu Karang
Terumbu karang memainkan peran penting dalam menyediakan habitat vital bagi spesies laut dan mengatur kadar karbon serta nitrogen dalam air. Namun, terumbu karang yang terpapar sampah plastik memiliki tingkat infeksi penyakit yang tinggi, menyebabkan kekhawatiran karena 60% dari terumbu karang rusak parah, termasuk setengah dari Karang Penghalang Besar, terumbu karang terbesar di dunia, yang telah mati.

4. Mengurangi Populasi Fitoplankton
Sampah plastik di laut juga mengancam populasi fitoplankton, yang berperan penting dalam produksi oksigen di lautan melalui proses fotosintesis. Jika sampah plastik mengganggu populasi fitoplankton, produksi oksigen dari lautan akan berkurang, mengakibatkan potensi peningkatan emisi karbon dioksida.

5. Mengancam Eksistensi Burung Laut
Sampah plastik juga membahayakan burung laut, dengan 90% dari burung laut diketahui mengonsumsi sampah plastik. Isi perut burung laut umumnya terdiri dari sampah plastik seperti tutup botol, serat sintetis pakaian, dan mikroplastik. Prediksi menyatakan bahwa jumlah spesies dengan sampah plastik di dalam tubuh mereka akan terus meningkat setiap tahunnya.

6. Berbahaya bagi Kesehatan Manusia
Sampah plastik di laut tidak hanya berdampak pada lingkungan, tetapi juga membahayakan kesehatan manusia melalui rantai makanan. Racun-racun yang terkandung dalam plastik, seperti timbal, kadmium, merkuri, dan diethylhexyl phthalate (DEHP), dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan manusia, termasuk kanker, gangguan sistem kekebalan tubuh, gangguan perkembangan anak, dan cacat lahir.

7. Berdampak Buruk pada Perekonomian
Meningkatnya sampah plastik di laut juga merugikan perekonomian, terutama dalam industri perikanan dan pariwisata. Kepingan plastik dapat merusak alat penangkapan ikan, memerlukan perbaikan dan penggantian kapal. Selain itu, kehadiran sampah plastik di pantai mengurangi daya tarik wisata, mengakibatkan penurunan jumlah pengunjung dan pendapatan yang merosot.


Dampak dari sampah plastik di laut sangat serius, tidak hanya bagi biota laut tetapi juga bagi manusia. Penting untuk segera meningkatkan kesadaran dan mengatasi masalah ini agar dampaknya tidak semakin meruncing.

Maka dari itu, yuk SobatMy yang mau berlibur ke pantai atau kemana pun selalu buang sampah ke tempatnya, ya. Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan agar tidak menyakiti atau merugikan makhluk hidup lainnya juga.




(Foto/Gambar: Ilustrasi sampah plastik di laut/Dok. Andriy Nekrasov/Getty Images/iStockphoto)




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Ragam Lainnya
7 Hewan Penghuni Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran
7 Hewan Penghuni Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran
Selasa, 30 Juli 2013 12:40 WIB
Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran merupakan kawasan hutan yang dilindungi jadi jangan kaget jika saat perjalanan menyusuri hutan Anda akan menemui
7 Hotel Terbesar di Pantai Barat  Versi myPangandaran
7 Hotel Terbesar di Pantai Barat Versi myPangandaran
Senin, 30 Mei 2011 09:47 WIB
Pantai Pangandaran merupakan objek wisata primadona di Jawa Barat, Adanya fasilitas yang terdapat di tepi pantai seperti hotel-hotel mewah menambah kenyamanan dan
7 Oleh-Oleh Paling Banyak Di Buru Di Pangandaran
7 Oleh-Oleh Paling Banyak Di Buru Di Pangandaran
Sabtu, 28 Desember 2013 13:17 WIB
Pelesir belum lengkap tanpa cendera mata. Setiap daerah pasti memiliki kerajinan tangan maupun hasil alam yang bisa dijadikan oleh-oleh.Tak terkecuali Pangandaran yang
Kereta Jalur Pangandaran kini Tinggal Kenangan
Kereta Jalur Pangandaran kini Tinggal Kenangan
Kamis, 29 April 2010 07:28 WIB
Kereta memang menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk transportasi, tidak terkecuali di Pangandaran, dulu dari Banjar menuju Pangandaran ada jalur
7 Lokasi di Pangandaran yang Sering Digunakan Untuk Berfoto Ria
7 Lokasi di Pangandaran yang Sering Digunakan Untuk Berfoto Ria
Selasa, 30 April 2013 22:01 WIB
Di Pangandaran banyak hal menarik yang bisa menjadi objek foto bagi Anda pencinta fotografi atau yang hobi berfoto ria mengabadikan kenangan liburan
7 Tempat di Pangandaran Yang Sering Dipakai Syuting Film Laga
7 Tempat di Pangandaran Yang Sering Dipakai Syuting Film Laga
Senin, 05 November 2012 09:00 WIB
Pangandaran terkenal menjadi salah satu tempat yang dipergunakan untuk pengambilan gambar syuting film laga, dari era film 90-an Pangandaran sering dijadikan latar

Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini