Desa Batukaras     Ruman     Satpam     Dilarang     
Ragam
Banyak yang Kurang Memperhatikan, Berikut Hal-Hal yang Perlu Diwaspadai Saat Mudik
Ragam
Banyak yang Kurang Memperhatikan, Berikut Hal-Hal yang Perlu Diwaspadai Saat Mudik


Mudik menjadi momen yang sangat dinantikan untuk berkumpul dengan keluarga dan orang-orang terkasih. Namun, ada beberapa hal yang harus dihindari agar perjalanan mudik berjalan lancar dan aman bagi semua pihak.


Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat mudik dilansir dari laman Bekasi.Com:

1. Tidak Memperhatikan Waktu Keberangkatan
Menunda waktu keberangkatan dapat menyebabkan terjebak dalam kemacetan parah, terutama pada puncak arus mudik. Sebaiknya rencanakan waktu keberangkatan dengan teliti dan perhitungkan estimasi waktu tempuh perjalanan.

2. Mengemudi dengan Tergesa-gesa
Kesabaran merupakan hal yang sangat penting saat mudik. Hindari mengemudi dengan tergesa-gesa, seperti menyalip secara membahayakan, mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi, atau melanggar lampu merah. Tindakan semacam ini dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

3. Meninggalkan Rumah Tanpa Pengamanan
Sebelum berangkat mudik, pastikan rumah dalam keadaan aman. Matikan peralatan listrik yang tidak diperlukan, cabut kabel gas, dan pastikan semua pintu dan jendela terkunci dengan baik. Minta bantuan tetangga atau keluarga untuk menjaga rumah selama Anda mudik.

4. Membawa Barang Berharga Terlalu Banyak
Bawalah hanya barang-barang yang benar-benar diperlukan selama perjalanan mudik. Hindari membawa barang berharga secara berlebihan, seperti perhiasan atau jumlah uang tunai yang besar.

5. Mengabaikan Istirahat
Perjalanan mudik yang panjang bisa menyebabkan kelelahan. Pastikan untuk beristirahat secara berkala di tempat yang aman dan nyaman. Hindari mengemudi dalam keadaan mengantuk.

6. Meninggalkan Anak di Dalam Mobil
Meninggalkan anak di dalam mobil, meskipun sebentar, bisa sangat berbahaya. Suhu dalam mobil bisa meningkat dengan cepat dan membahayakan nyawa anak-anak.

7. Memaksakan Diri untuk Tetap Mengemudi Saat Lelah
Jika merasa lelah, segera cari tempat peristirahatan dan istirahatlah sejenak untuk memulihkan energi. Jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi saat tubuh sudah lelah.

8. Terlalu Sering Menggunakan Peta Digital
Menggunakan peta digital terlalu sering saat mengemudi dapat mengganggu konsentrasi dan meningkatkan risiko kecelakaan. Jika memungkinkan, sebaiknya berhenti sejenak untuk melihat peta dengan lebih cermat.

9. Mengemudi dalam Kondisi Mabuk
Mengemudi saat dalam pengaruh alkohol sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kecelakaan yang fatal. Hindari konsumsi alkohol sebelum atau selama perjalanan mudik.

10. Melanggar Aturan Lalu Lintas
Berkendara melawan arus adalah tindakan yang sangat berbahaya bagi diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Patuhi semua aturan lalu lintas dan hindari melanggar aturan tersebut.


Dengan menghindari hal-hal di atas, perjalanan mudik akan menjadi lebih menyenangkan dan aman. Selalu prioritaskan keselamatan diri sendiri dan orang lain selama perjalanan mudik.



(Foto/Gambar: Ilustrasi Mudik/Dok. brgfx/Freepik)




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Ragam Lainnya
7 Hewan Penghuni Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran
7 Hewan Penghuni Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran
Selasa, 30 Juli 2013 12:40 WIB
Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran merupakan kawasan hutan yang dilindungi jadi jangan kaget jika saat perjalanan menyusuri hutan Anda akan menemui
7 Hotel Terbesar di Pantai Barat  Versi myPangandaran
7 Hotel Terbesar di Pantai Barat Versi myPangandaran
Senin, 30 Mei 2011 09:47 WIB
Pantai Pangandaran merupakan objek wisata primadona di Jawa Barat, Adanya fasilitas yang terdapat di tepi pantai seperti hotel-hotel mewah menambah kenyamanan dan
7 Oleh-Oleh Paling Banyak Di Buru Di Pangandaran
7 Oleh-Oleh Paling Banyak Di Buru Di Pangandaran
Sabtu, 28 Desember 2013 13:17 WIB
Pelesir belum lengkap tanpa cendera mata. Setiap daerah pasti memiliki kerajinan tangan maupun hasil alam yang bisa dijadikan oleh-oleh.Tak terkecuali Pangandaran yang
Kereta Jalur Pangandaran kini Tinggal Kenangan
Kereta Jalur Pangandaran kini Tinggal Kenangan
Kamis, 29 April 2010 07:28 WIB
Kereta memang menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk transportasi, tidak terkecuali di Pangandaran, dulu dari Banjar menuju Pangandaran ada jalur
7 Lokasi di Pangandaran yang Sering Digunakan Untuk Berfoto Ria
7 Lokasi di Pangandaran yang Sering Digunakan Untuk Berfoto Ria
Selasa, 30 April 2013 22:01 WIB
Di Pangandaran banyak hal menarik yang bisa menjadi objek foto bagi Anda pencinta fotografi atau yang hobi berfoto ria mengabadikan kenangan liburan
7 Tempat di Pangandaran Yang Sering Dipakai Syuting Film Laga
7 Tempat di Pangandaran Yang Sering Dipakai Syuting Film Laga
Senin, 05 November 2012 09:00 WIB
Pangandaran terkenal menjadi salah satu tempat yang dipergunakan untuk pengambilan gambar syuting film laga, dari era film 90-an Pangandaran sering dijadikan latar

Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini