Jambal Roti     OK STORE     Family     Psbb     
Wisata Pangandaran
10 Rekomendasi Destinasi Wisata Favorit dan Terbaik di Pangandaran 2023
Wisata Pangandaran
10 Rekomendasi Destinasi Wisata Favorit dan Terbaik di Pangandaran 2023


Pangandaran merupakan salah satu destinasi wisata favorit di ujung Jawa Barat. Ada ratusan destinasi wisata di Pangandaran, dan Pangandaran sering menjadi perbincangan dan magnet bagi para calon wisatawan.

Selain pantainya yang landai dan dapat untuk berenang, garis pantainya pun panjang. Namun, masih banyak orang yang bertanya dan belum tahu mengenai lokasi Pangandaran. Oke, minMy kasih tau ya!

Cek rute ke Pangandaran di sini https://www.mypangandaran.com/transportasi dan tiket masuk Pangandaran yang dihitung per kendaraan di sini https://www.mypangandaran.com/ticket.

Setelah beberapa tahun tidak bisa jalan-jalan atau healing karena pandemi covid-19, sekarang saatnya healing time nih sobat!


Berikut myPangandaran rangkum 10 destinasi wisata paling favorit dan terbaik Pangandaran di tahun 2023:

1. Pantai Pangandaran


Pantai Pangandaran merupakan jantungnya kota Kab. Pangandaran. Memiliki daerah dengan garis pantai yang panjang membuat Pangandaran memiliki berbagai destinasi wisata pantai, dan yang paling terkenal yaitu Pantai Pangandaran.

Tak hanya wisata pantai, namun di Pantai Pangandaran wisatawan juga bisa menikmati beberapa atraksi wisata seperti watersport yang terletak di bagian timur Pantai Pangandaran. Selain itu, di pantai timur Pangandaran wisatawan bisa menikmati wisata bahari dan snorkling.

Sedangkan di pantai barat Pangandaran, wisatawan pun bisa menikmati wisata bahari dan wisata Pasir Putih. Pantai Barat sangat cocok untuk wisatawan yang hendak berenang atau pun menikmati sunset sambil berkuda, lho.


2. Taman Wisata Alam (TWA) Cagar Alam


Taman Wisata Alam (TWA) Cagar Alam masih terletak di kawasan Pantai Pangandaran persisnya berada di semenanjung pantai Pangandaran. TWA Cagar Alam menawarkan wisatawan untuk berlibur sambil edukasi belajar sejarah serta mengenal flora dan fauna yang ada di kawasan TWA Cagar Alam. TWA Cagar Alam Pangandaran sangat cocok dikunjungi untuk wisatawan yang berlibur bersama keluarga.

Tiket masuk TWA Cagar Alam terbilang cukup terjangkau yakni di Rp25.000*/orang untuk akhir pekan. Untuk bisa menikmati keindahan TWA Cagar Alam wisatawan bisa sewa jasa guide yang siap memberikan informasi dan sejarah tentang TWA Cagar Alam. Kegiatan yang bisa di lakukan di TWA Cagar Alam diantaranya jungle tracking, caving (wisata goa) dan wisata sejarah buhun masyarakat asli Pangandaran.


3. Pantai Batu Hiu


Pantai Batu Hiu menawaran wisata pantai dari atas bukit. Terletak di Kec. Parigi berjarak 30 menit dari pantai Pangandaran. Pantai Batu Hiu bisa diakses dengan berbagai jenis kendaraan termasuk kendaraan umum.
Menikmati deburan ombak dan angin sepoi-sepoi dengan view laut lepas sangat cocok dinikmati bersama teman atau pun keluarga sambil botram atau makan-makan di atas tikar.

Pantai Batu Hiu sering kali disebut sebagai Tanah Lotnya Jawa Barat, karena mirip dengan Tanah Lot yang ada di Bali. Fasilitas yang terdapat di Pantai Batu Hiu di antaranya adalah foto stop, shelter, toko oleh-oleh, lahan parkir yang luas dan tersedia juga toilet/wc.

Selain wisata bukit, Pantai Batu Hiu juga memiliki penangkaran penyu yang bisa wisatawan kunjungi tanpa dikenakan tiket masuk, cukup memberikan donasi seikhlasnya saja. Namun di Pantai Batu Hiu wisatawan tidak bisa berenang , dikarenakan ombaknya yang cukup tinggi.


4. Pantai Batukaras


Pantai Batukaras berjarak sekitar 1 jam dari Pantai Pangandaran. Menawarakan wisata pantai dengan bukit, Pantai Batukaras menjadi primadona bagi para pemain surfing dan seringkali Pantai Batukaras menjadi lokasi pilihan untuk kejuaraan surfing tingkat nasional, lho.

Selain itu, ombaknya yang landai sangat cocok untuk berenang bersama keluarga. Kegiatan yang bisa dilakukan selain berenang dan surfing ialah watersport dan wisata bukit. Fasilitas di Pantai Batukaras bisa dibilang cukup lengkap yakni tersedia hotel, restoran, lahan parkir yang luas, life guard, dan masih banyak lagi.


5. Green Canyon


Green Canyon merupakan salah satu objek wisata sering kali menjadi buruan wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran. Berwisata perahu dan berenang di sungai yang diapit oleh tebing tinggi yang indah dan dihiasi dengan ngarai hijau memang menyenangkan.

Green Canyon berjarak sekitar 45 menit dari Pantai Pangandaran dan 15 menit dari Pantai Batukaras. Untuk berwisata ke Green Canyon wisatawan bisa langsung membeli tiket masuk di loket Green Canyon dengan harga mulai dari Rp200.000*/perahu dan 1 perahu bisa diisi 6 orang. Harga tersebut belum termasuk body rafting. Apabila wisatawan ingin body rafting bisa booking terlebih dahulu langsung di lokasi atau bisa booking dari jauh hari di https://tour.mypangandaran.com/paketwisata/read/12/paket-body-rafting-green-canyon.


6. Citumang


Destinasi wisata Citumang terletak di Desa Bojong Kec. Parigi. Cukup dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari Pantai Pangandaran, wisatawan bisa menikmati suasana asri Citumang.

Akses menuju Citumang bisa di jangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi hingga medium bus. Namun, jika ada wisatawan yang berkunjung menggunakan bus besar, wisatawan bisa mengganti kendaraan dengan shutle pickup atau padesaan dengan cara booking dari terlebih dahulu.

Kegiatan yang bisa di lakukan di destinasi wisata Citumang yaitu body rafting, terapi ikan, dan menikmati suasana alam Citumang. Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap seperti hotel, homestay, rumah makan, lahan parkir yang luas, dan shelter.

Bagi wisatawan yang akan menikmati suasana alam dan terapi ikan cukup membayar tiket masuk dengan harga Rp25.000*/orang saat weekend, dan untuk wisatawan yang akan body Rafting harus melakukan booking terlebih dahulu.


7. Pantai Karapyak


Pantai Karapyak terletak di desa Bagolo tepatnya 30 menit sebelum masuk area kecamatan Pangandaran. Pantai karapyak memiliki pemandangan yang istimewa karena letaknya yang berdekatan dengan pulau nusa kambangan.

Pantai karapyak sangat cocok bagi wisatawan yang hendak berlibur menghabisakan waktu bermain air di pantai. Dengan pasirnya yang putih menjadikan Pantai Karpayak banyak diburu wisatawan.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Karapyak yaitu bermain air, berenang saat ombak sedang landai, dan makan-makan bersama keluarga (botram). Selain itu di Pantai Karapyak wisatawan bisa berselfie ria di beberapa spot foto yang ada seperti di Teras Kaca dan di Karapyak Glamping.

Akses menuju Pantai Karapyak cukup mudah, bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi ata bus besar. Fasilitas yang tersedia di Pantai Karapyak diantaranya glamping/hotel, spot foto menarik, toilet umum, lahan parkir, warung, dan lain-lain.

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Karapyak ialah sore hari saat matahari terbenam. Wisatawan bisa menikmati indahnya sunset di Pantai Karapyak sambil mengabadikan moment tersebut.


8. Santirah


Santirah merupakan salah satu destinasi wisata dengan atraksi wisata River Tubbing. Terletak di Desa Selasari berjarak kurang lebih sekitar 30 menit dari Pantai Pangandaran. Memiliki akses yang mudah dijangkau, Santirah menjadi pilihan bagi wisatawan yang hendak berlibur menikmati alam Pangandaran.

Selain memiliki alam yang masih terjaga, Santirah juga menjadi bagian dari desa wisata yaitu Desa Wisata Selasari yang memiliki fasilitas lengkap sepeti homestay, resto, dan pusat oleh-oleh khas desa.

Santirah terkenal dengan River Tubbingnya yang memicu adrenalin. Menyusuri sungai Santirah dengan view tebing hijau dan ngarai dengan bersantai di atas ban tubbing adalah pengalaman yang sangat seru. Tak hanya bersantai, sepanjang track wisatawan akan disuguhkan dengan arus yang beragam, dan akan diajak melewati beberapa titik air tejun yang ada di sepanjang aliran sungai santirah.

Selain air terjun, wisataran juga akan menikmati suasana gelap memasuki 2 goa, dimana salah satu goa memiliki jarak yang cukup panjang sehingga wisatawan yang river tubbing harus menyalakan senter. Namun jangan risau, senter telah disediakan oleh instrktur river tubbing yang memandu wisatawan. Setelah lelah berkegiatan, di Santirah baiknya wisatawan menikmmati nasi liwet khas Desa Selasari. Dijamin bakal ketagihan!


9. Madasari


Pantai Madasari terletak di Desa Masawah Kecamatan Cimerak berada di ujung barat Kabupaten Pangandaran. Berjarak kurang lebih sekitar 1,5 jam dari Pantai Pangandaran. Akses menuju pantai madasari cukup mudah yakni bisa di akses menggunakan kendaraan pribadi hingga big bus.

Pantai Madasari memiliki keunikan yaitu memiliki batu karang yang menonjol di bibir pantai, dan memiliki pulau-pulau kecil di sepanjang pantainya. Selain itu, pantainya masih bersih dan tidak terlalu bising.

Pantai Madasari sangat cocok untuk wisatawan yang hendak camping menikmati suasana malam di pinggir pantai. Waktu terbaik mengunjungi Pantai Madasari ialah saat pagi hari sambil berburu sunrise dan sore hari untuk menikmati indahnya sunset sambil berkemah.

Selain panorama alamnya yang indah, Pantai Madasari juga terkenal dengan hasil laut yang melimpah yaitu udang karang. Saat berkunjung ke Pantai Madasari sempatkanlah mencicipi nasi liwet khas dan teh serai serta udang bakar yang terkenal dengan kelezatannya.


10. Karang Nini


Last but not least, Karang Nini Terletak di Desa Kalipucang Kec. Pangandaran tepatnya berjarak sekitar 30 menit sebelum Pantai Pangandaran dari arah Banjar.

Karang Nini menawarkan panorama pantai dan bukit yang masih dipenuhi dengan pepohanan hijau membuat pantai terasa lebih sejuk. Waktu terbaik mengunjungi pantai Karang Nini ialah saat pagi hari menuju siang. Wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan sunrise yang indah dari balik bukit.

Selain itu, wisatawan bisa menikmati pantai dengan cara bermain pasir sembari menikmati view bukit karang yang menjulang, serta bisa berfoto ria disalah satu spot yang di sediakan pemda setempat.

Pantai Karang Nini sering kali menjadi pilihan wisata tambahan oleh wisatawan sebelum check in hotel di Pantai Pangandaran atau saat pulang dari Pantai Pangandaran menuju kota masing-masing.


Nah, itulah dia 10 rekomendasi destinasi wisata favorit dan terbaik di Pangandaran 2023 yang bisa minMy share. Gimana nih sobatMy? Tertarik liburan ke lokasi yang mana nih? Yuk, gaskeun!




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Pangandaran Lainnya
Pantai Timur Versus Pantai Barat, Yang Mana Lebih Indah?
Pantai Timur Versus Pantai Barat, Yang Mana Lebih Indah?
Jum'at, 05 Januari 2018 05:57 WIB
Pangandaran adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki garis pantai yang sangat panjang, banyak nama pantai sepanjang garis pantai yang
7 Cafe Hitz Rekomended di Pangandaran
7 Cafe Hitz Rekomended di Pangandaran
Senin, 08 Juni 2020 11:20 WIB
Pangandaran sebagai salah satu kabupaten pariwisata di jawa barat dengan tujuan destinasi wisata yang banyak tentunya akan butuh waktu berhari-hari jika ingin
Indahnya Pemandangan Batu Karang di Pantai Madasari
Indahnya Pemandangan Batu Karang di Pantai Madasari
Senin, 21 Januari 2019 13:22 WIB
Kabupaten Pangandaran merupakan sebuah kabupaten yang terkenal dengan tempat wisatanya, diantaranya wisata pantai yang menjadi tujuan wisata paling utama, salah satunya ada
Melihat Fenomena Laut Dua Warna di Pantai Karapyak Pangandaran
Melihat Fenomena Laut Dua Warna di Pantai Karapyak Pangandaran
Sabtu, 23 Desember 2017 15:10 WIB
Anda pernah melihat laut dengan dua warna? sebagian orang menganggap bahwa itu adalah cerita, tetapi tidak bagi warga sekitaran Pantai Karapyak Pangandaran,
7 Objek Wisata Pantai di Kabupaten Pangandaran
7 Objek Wisata Pantai di Kabupaten Pangandaran
Jum'at, 07 Februari 2020 13:30 WIB
Kabupaten Pangandaran merupakan slah satu Kabupaten pariwisata yang terkenal dengan Pantainya, dimana para wisatawan yang datang ke Pangandaran tujuan utamanya adalah Pantai
Tujuh Hikmah Berpuasa Selama Bulan Ramadhan
Tujuh Hikmah Berpuasa Selama Bulan Ramadhan
Kamis, 26 Juli 2012 06:15 WIB
Ibadah puasa dalam Islam dimaksudkan untuk pembinaan, baik rohani maupun jasmani pemeluknya. Dari segi rohani, ibadah puasa setidaknya mengandung nilai-nilai sebagai berikut

Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini