40 Orang     Mobil Bak Terbuka     Karangtirta     Rantobatang     
Wisata Pangandaran
4 Fakta Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran, Rumah bagi Beragam Flora dan Fauna
Wisata Pangandaran
4 Fakta Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran, Rumah bagi Beragam Flora dan Fauna


Pangandaran memiliki begitu banyak tempat wisata yang menawarkan pesona alam yang indah. Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi adalah Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran, yang merupakan rumah bagi flora dan fauna.

Cagar alam ini terletak di Pananjung, Pangandaran, Jawa Barat dengan ketinggian 100 mdpl, dan memiliki luas sekitar 460 hektare.

Tempat ini merupakan kawasan hutan semenanjung dan memiliki 2 pantai, yaitu Pantai Barat dan Pantai Timur. Cagar alam buka setiap hari setiap hari mulai pukul 07.00-17.00. Untuk memasuki tempat ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk seharga Rp17.000-Rp20.000.

Bagi SobatMy yang penasaran dengan daya tarik Cagar Alam Pangandaran, yuk simak ulasan berikut sebagaimana dilansir dari laman Okezone dikutip dari berbagai sumber.

1. Rumah flora dan fauna


(Foto: Flora dan Fauna IG/@cagaralampangandaran)

Cagar Alam Pangandaran menawarkan daya tarik utama yaitu keanekaragaman hayati. Keanekaragaman hayati yang melimpah menjadikannya tempat yang menarik bagi pencinta alam dan peneliti.

Cagar alam ini menawarkan berbagai jenis tumbuhan, termasuk pohon-pohon besar, liana, dan tanaman endemik. Selain itu, kawasan ini menjadi rumah bagi berbagai jenis satwa liar seperti rusa, kijang, banteng, lutung, monyet ekor panjang, landak jawa, dan beragam jenis burung.

Tak hanya itu, kawasan ini juga melindungi tanaman langka, yaitu bunga Raflesia yang merupakan salah salah satu bunga terbesar di dunia.


2. Pantai pasir putih


(Foto: Pantai Pasir Putih IG/@cagaralampangandaran)

Salah satu daya tarik pantai pasir putih adalah bangkai kapal Viking Lagos, kapal ilegal yang ditenggelamkan pada tahun 2016. Area ini menjadi salah satu spot foto instagramable dan disukai wisatawan.

Namun, keindahan Pantai Pasir Putih tak hanya terletak pada bangkai kapalnya saja. Pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih menjadikannya tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Selain itu, bagi penggemar snorkeling, pantai ini adalah surga bawah laut yang menakjubkan. Anda bisa menjelajahi keindahan bawah laut yang menakjubkan dengan keanekaragaman hayati laut yang kaya.


3. Spot menikmati sunset dan sunrise

(Foto: Pemandangan gunung IG/@cagaralampangandaran)

Taman wisata dan cagar alam Pangandaran memiliki bentuk yang menyerupai semenanjung yang menjorok ke laut. Dengan letak geografis ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang luar biasa, yaitu di Pantai Barat dapat menikmati sunset dan menikmati sunrise di pantai timur.


4. Rekreasi sejarah

(Foto: Goa Panggung IG/@cagaralampangandaran)

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat rekreasi sejarah melalui situs bersejarah dan eksplorasi goa yang memberi gambaran tentang masa lalu

Di cagar alam ini, Anda bisa menemukan situs Batu Kalde yang merupakan peninggalan sejarah Hindu pada abad ke-15. Tempat ini berbentuk balok batu, yang diyakini sebagai fondasi candi pada masa lalu.

Selain situs Batu Kalde, Cagar Alam Pangandaran juga memiliki banyak goa seperti goa Jepang, goa panggung, goa keramat/parat, dan goa rengganis. Goa-goa ini diyakini terbentuk secara alami. Namun, ada juga goa yang sengaja dibuat, yaitu goa Jepang. Goa ini digunakan tentara Jepang sebagai tempat perlindungan di masa Perang Dunia II.


Nah, itulah 4 fakta Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran, yang merupakan rumah bagi beragam flora dan fauna. Bagi SobatMy yang ingin berlibur ke Pangandaran terutam mengunjungi TWA Cagar Alam Pangandaran, usahakan pergi bersama tour guide ya, Sobat!


(Foto/Gambar: TWA Cagar Alam Pangandaran/@cagaralampangandaran)




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Pangandaran Lainnya
Pantai Timur Versus Pantai Barat, Yang Mana Lebih Indah?
Pantai Timur Versus Pantai Barat, Yang Mana Lebih Indah?
Jum'at, 05 Januari 2018 05:57 WIB
Pangandaran adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki garis pantai yang sangat panjang, banyak nama pantai sepanjang garis pantai yang
7 Cafe Hitz Rekomended di Pangandaran
7 Cafe Hitz Rekomended di Pangandaran
Senin, 08 Juni 2020 11:20 WIB
Pangandaran sebagai salah satu kabupaten pariwisata di jawa barat dengan tujuan destinasi wisata yang banyak tentunya akan butuh waktu berhari-hari jika ingin
Indahnya Pemandangan Batu Karang di Pantai Madasari
Indahnya Pemandangan Batu Karang di Pantai Madasari
Senin, 21 Januari 2019 13:22 WIB
Kabupaten Pangandaran merupakan sebuah kabupaten yang terkenal dengan tempat wisatanya, diantaranya wisata pantai yang menjadi tujuan wisata paling utama, salah satunya ada
Melihat Fenomena Laut Dua Warna di Pantai Karapyak Pangandaran
Melihat Fenomena Laut Dua Warna di Pantai Karapyak Pangandaran
Sabtu, 23 Desember 2017 15:10 WIB
Anda pernah melihat laut dengan dua warna? sebagian orang menganggap bahwa itu adalah cerita, tetapi tidak bagi warga sekitaran Pantai Karapyak Pangandaran,
7 Objek Wisata Pantai di Kabupaten Pangandaran
7 Objek Wisata Pantai di Kabupaten Pangandaran
Jum'at, 07 Februari 2020 13:30 WIB
Kabupaten Pangandaran merupakan slah satu Kabupaten pariwisata yang terkenal dengan Pantainya, dimana para wisatawan yang datang ke Pangandaran tujuan utamanya adalah Pantai
Tujuh Hikmah Berpuasa Selama Bulan Ramadhan
Tujuh Hikmah Berpuasa Selama Bulan Ramadhan
Kamis, 26 Juli 2012 06:15 WIB
Ibadah puasa dalam Islam dimaksudkan untuk pembinaan, baik rohani maupun jasmani pemeluknya. Dari segi rohani, ibadah puasa setidaknya mengandung nilai-nilai sebagai berikut

Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini