Hadrah     Pusat Oleh-oleh     Mugibis     Beat     
Wisata Pangandaran
Pantai Batu Hiu Pengandaran: Destinasi Wisata Tersembunyi yang Dikelilingi Legenda
Wisata Pangandaran
Pantai Batu Hiu Pengandaran: Destinasi Wisata Tersembunyi yang Dikelilingi Legenda


Terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Ciamis, Pantai Batu Hiu menjadi pilihan utama para wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran. Selain pesonanya yang memukau, tempat wisata ini juga menyimpan kisah-kisah legendaris yang menarik.

Dikutip dari Indonesia Kaya, Pantai Batu Hiu ditandai dengan ombaknya yang ganas dan pantai berbatu tajam. Meskipun kurang cocok untuk aktivitas berenang atau berselancar, pemandangan luas Samudra Hindia di sini sungguh menakjubkan sebagaimana dilansir dari laman Good News From Indonesia.

Bagi pecinta alam, di sekitar Pantai Batu Hiu terdapat area konservasi penyu. Namun, mencari lokasi konservasi ini bisa menjadi tantangan karena sesuai dengan siklus reproduksi lambat para penyu.

Pemandangan sepanjang pantai menawarkan keindahan yang tak terlukiskan. Formasi batuan sedimen yang terbentuk dan tererosi selama ribuan tahun menciptakan panorama yang unik.

Di tepi tebing yang mengarah ke laut, pengunjung dapat melihat formasi batu karang di tengah laut yang disebut-sebut menyerupai sirip hiu oleh penduduk setempat. Namun, bentuknya telah berubah akibat abrasi ombak Pantai Selatan.


Legenda yang Memikat

Kehadiran batu yang menyerupai hiu dan menjadi nama tempat wisata ini terkait dengan cerita legenda. Kisah ini melibatkan tokoh-tokoh seperti Sembah Genter Oder, Sembah Galuh Oder, dan Sembah Galunggung Kuning.

Menurut legenda, pada abad ke-11, sebuah pasukan diusir oleh Kerajaan Mataram. Dipimpin oleh Aki Gede dan Nini Gede, pasukan itu sampai di Pantai Batu Hiu dan memutuskan untuk tinggal di sana.

Suatu hari, Nini Gede memerintahkan pasukannya mencari makanan. Salah satu anggotanya, Ki Braja Lintang, pergi mencari ikan di laut dan berhasil menangkap seekor hiu. Namun, ketika hiu itu dikembalikan ke laut, tiba-tiba berubah menjadi batu hitam yang besar.


Destinasi Wisata yang Populer

Meskipun telah mengalami abrasi selama berabad-abad, keindahan Pantai Batu Hiu tetap menarik banyak wisatawan. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri dengan lokasinya yang langsung berhadapan dengan Samudra Hindia, serta dekat dengan konservasi penyu yang bisa dikunjungi secara gratis.

Untuk menikmati keindahan pantai, pengunjung bisa mendaki bukit kecil di sekitar area ini. Dari atas bukit, mereka dapat melihat formasi batu yang menyerupai sirip hiu, menikmati angin laut yang sejuk, serta panorama Samudra Hindia yang memukau.

Bukit kecil yang dipenuhi tanaman pandan merupakan tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan Pantai Batu Hiu. Uniknya, pengunjung harus melewati gerbang berbentuk terowongan kecil yang menyerupai mulut ikan laut untuk mencapai puncak bukit.




(Foto/Gambar: Pantai Batu Hiu Pangandaran/Dok. myPangandaran)




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Pangandaran Lainnya
Pantai Timur Versus Pantai Barat, Yang Mana Lebih Indah?
Pantai Timur Versus Pantai Barat, Yang Mana Lebih Indah?
Jum'at, 05 Januari 2018 05:57 WIB
Pangandaran adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki garis pantai yang sangat panjang, banyak nama pantai sepanjang garis pantai yang
7 Cafe Hitz Rekomended di Pangandaran
7 Cafe Hitz Rekomended di Pangandaran
Senin, 08 Juni 2020 11:20 WIB
Pangandaran sebagai salah satu kabupaten pariwisata di jawa barat dengan tujuan destinasi wisata yang banyak tentunya akan butuh waktu berhari-hari jika ingin
Indahnya Pemandangan Batu Karang di Pantai Madasari
Indahnya Pemandangan Batu Karang di Pantai Madasari
Senin, 21 Januari 2019 13:22 WIB
Kabupaten Pangandaran merupakan sebuah kabupaten yang terkenal dengan tempat wisatanya, diantaranya wisata pantai yang menjadi tujuan wisata paling utama, salah satunya ada
Melihat Fenomena Laut Dua Warna di Pantai Karapyak Pangandaran
Melihat Fenomena Laut Dua Warna di Pantai Karapyak Pangandaran
Sabtu, 23 Desember 2017 15:10 WIB
Anda pernah melihat laut dengan dua warna? sebagian orang menganggap bahwa itu adalah cerita, tetapi tidak bagi warga sekitaran Pantai Karapyak Pangandaran,
7 Objek Wisata Pantai di Kabupaten Pangandaran
7 Objek Wisata Pantai di Kabupaten Pangandaran
Jum'at, 07 Februari 2020 13:30 WIB
Kabupaten Pangandaran merupakan slah satu Kabupaten pariwisata yang terkenal dengan Pantainya, dimana para wisatawan yang datang ke Pangandaran tujuan utamanya adalah Pantai
Tujuh Hikmah Berpuasa Selama Bulan Ramadhan
Tujuh Hikmah Berpuasa Selama Bulan Ramadhan
Kamis, 26 Juli 2012 06:15 WIB
Ibadah puasa dalam Islam dimaksudkan untuk pembinaan, baik rohani maupun jasmani pemeluknya. Dari segi rohani, ibadah puasa setidaknya mengandung nilai-nilai sebagai berikut

Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini