Abdi Homestay     Owen     Restauran     Menara Laut     
Wisata Update
Pangandaran Tak Hanya Sekedar Pantai
Wisata Update
Pangandaran Tak Hanya Sekedar Pantai


Pangandaran merupakan kabupaten pariwisata yang masih muda, baru 5 tahun berdiri menjadi kabupaten. Sebelumnya pangandaran menjadi bagian dari kabupaten Ciamis.

Nama Pangandaran sudah tak asing lagi menjadi salah satu destinasi unggulan di Jawa Barat. Pangandaran memang identik dengan wisata pantai , tak heran jika banyak wisatan yang berkunjung hanya untuk menikmati indahnya pantai pangandaran. Namun tahukah anda jika destinasi wisata di Pangandaran bukan hanya "Pantai Pangandaran" sajah. karakteristik daerah nya yang banyak sungai dan bukit-bukit  menjadikan pangandaran memiliki beberapa destinasi wisata unggulan selain pantai, yuu mari cek  wisata alternatif selain pantai :

1. wisata jelajah hutan

Taman Wisata Cagar Alam atau sering di sebut TWA Cagar Alam Merupakan kawasan konservasi wana wisata alam yang dikelola oleh Perum Perhutani, terdapat goa-goa dan kawasan karst yang masih alami serta flora dan fauna juga hewan perimata yang masih banyak terdapat di dalamnya. Selain itu dapat juga menapaki jejak sejarah dengan mengunjungi peninggalan-peninggalan serta cagar budaya seperti situs Agama Hindu, Kerajaan Galuh dan Goa-goa peninggalan jaman penjajahan Jepang.

2.  wisata sungai

wisata sungai bisa menjadi alternatif wisata jika anda sudah bosan dengan pantai. di Kabupaten Pangandaran memiliki banyak pilihan wisata sungai, mulai dari santai untuk relaksasi sampai yang extreme untuk menantang adrenalin anda.  Sungai-sungai yang di jadikan wisata merupakan sungai dengan karakteristik bebatuan karst. untuk wisata sungai di kabupaten pangandaran di antaranya : Green Canyon, Citumang, Santirah river tubing, Goa lanang River tubing , ciwayang river tubing, jojogan, dan batu lumpang. Untuk wisata sungai yang yang menjadi favorit wisatawanya yaitu Green canyon, Citumang, dan Santirah river tubing. 

Baca juga : 7 Wisata Rafting Favorit di Pangandaran

untuk anda yang ingin menguji adrenalin dengan wisata sungai yang extreme bisa pilih full body rafting Green Canyon atau Santirah River Tubing. dan untuk anda yang ingin relaksasi bisa mencoba citumang body rafting dengan arus sungai nya tenang dan jeram yang tidak terlalu extreme, bagi anda yang tidak ingin berenang di Citumang juga tersedia kolam terapi ikan.

3. wisata  bukit

Nahh untuk wisata bukit di Pangandaran cocok bagi anda yang suka selfie. wisata bukit di Pangandaran memiliki beberapa tempat dengan spot selfie yang instagramable. beberapa tempat di antaranya : Pepedan Hill, wonder Hill Jojogan, Goa Sutra reregan, Paliken Hill.

4. wisata edukasi

Mungkin sebagian besar wisatawan belm tau jika di Pangandaran ada wisata edukasi yang cocok untuk para pelajar ketika berlibur di Pangandaran salah satunya adalah museum nyamuk yang berlokasi di L. Raya Pangandaran Km. 3, Desa Babakan, kecamatan Pangandaran

Museum Nyamuk merupakan salah satu program wisata ilmiah yang ditawarkan oleh Loka Litbang Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Balitbangkes Kemenkes. Terletak dalam kompleks Loka Litbang, museum ini berisikan berbagai jenis nyamuk dan fasilitas penelitian lainnya, dan merupakan Musieum nyamuk pertama di Indonesia.

Museum ini mempunyai koleksi 28 spesies nyamuk dari 6 genus yang berbeda. Berbagai jenis nyamuk seperti anopheles, Aedes aegypti dan Culex yang berbahaya hingga Toxorynchites atau yang biasa dikenal sebagai nyamuk vegetarian.

Tak hanya nyamuk dan perangkat penelitian, museum nyamuk Pangandaran juga punya sinema. Layaknya gedung bioskop, sinema ini digunakan untuk memutarkan video atau film animasi, tentu saja masih seputar nyamuk. Mulai dari daur hidup nyamuk hingga habitat dan perkembangbiakannya.

 




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Update Lainnya
Catat, Ini Rundown Acara Tahun Baru 2018 di Pangandaran
Catat, Ini Rundown Acara Tahun Baru 2018 di Pangandaran
Sabtu, 30 Desember 2017 09:10 WIB
Tahun 2018 tinggal hitungan hari bahkan jam, berbagai persiapan dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran, salah satunya adalah menginformasikan kepada wisatawan maupun
7 Homestay Yang Paling Rekomended Untuk Liburan di Pangandaran
7 Homestay Yang Paling Rekomended Untuk Liburan di Pangandaran
Senin, 26 Februari 2018 13:59 WIB
Selain hotel, terkadang dari kita lebih asyik untuk menikmati liburan di Pangandaran dengan menginap di rumah-rumah warga yang disewakan atau juga homestay,
Muara Cileutik Nu Tinggal Saeutik
Muara Cileutik Nu Tinggal Saeutik
Minggu, 28 November 2010 09:08 WIB
Isuk-isuk keneh harita poe minggu kuring jeung babaturan geus tatan-tatan ek indit ka hiji tempat anu jadi tempat ulin barudak harita, nyaeta
7 Rumah Sewa di Pangandaran Paling Rekomended Murah dan Dekat Pantai 
7 Rumah Sewa di Pangandaran Paling Rekomended Murah dan Dekat Pantai 
Sabtu, 09 Februari 2019 10:37 WIB
Pangandaran sebagai salah satu Kabupaten Pariwisata unggulan di jawa bat memiliki berbagai potensi wisata yang luar biasanya mulai dari wisata pantai yang