Pangandaran,aneka
Aneka
Menelusuri Terowongan Kereta Terpanjang di Indonesia, Terowongan Sumber
Oleh @AdiSumaryadiKamis, 08 Juli 2010 19:35 WIB | Dibaca 12.410 kali
Menelusuri Terowongan Kereta Terpanjang di Indonesia, Terowongan Sumber
Bila kita melakukan perjalan menggunakan kereta api dari Jakarta menuju Bandung sudah dipastikan akan melewati sebuah terowongan sasak saat di Purwakarta, terowongan itu merupakan terowongan kedua terpanjang di di Indonesia setelah terowongan Sumber di Kecamatan Kalipucang, 5 km sebelum Pangandaran.

Terowongan sumber pada jaman dulu bernama Terowongan Wilhelmina di bangun pada zaman penjajahan Belanda dan diresmikan pada tanggal 1 Juni 1921. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 1208 m. terowongan kereta api yang dulu menghubungkan Banjar-Cijulang. Dikarenakan matinya jalur kereta api Banjar cijulang maka mati pula terowongan ini dan tidak digunakan lagi. Terowongan ini berdekatan dengan 2 terowongan lainnya yang lebih pendek. masing-masing 105 dan 147 meter saja. Ketiganya merupakan tripariat yang sekarang diberi nama Terowongan Sumber. Masih dalam rangkaian relnya juga terdapat beberapa jembatan yang cukup panjang yaitu jembatan cikacepit.

Jempatan Cikacepit Sungguh mahakarya yang sangat mengagumkan, jembatan seolah-olah menggantung di awang-awang. Jembatan Cikacepit ini mempunyai panjang ±1.250 m dengan lebar 1.70 m dengan tinggi dari permukaan tanah sekitar 100 m tanpa pelindung dikiri kanan jembatan. Pelindung buat orang yang kebetulan nyebrang justru adanya di bawah, sehingga orang harus meniti tangga dulu.

Sumber
Kondisi terowongan inipun sudah sangat memprihatinkan, rel didalamnya sudah hilang entah kemana justru banyak rembesan air yang masuk, dimulut terowongannyapun sudah dipenuhi dengan rumput dan semak belukar, Padahal terowongan ini merupakan bukti sejarah yang seharusnya tetap terjaga. Selain menjadi bukti sejarah, terowongan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata sejarah.


Berikut ini adalah daftar Terowongan terpanjang di Indonesia.

10. Terowongan Gunung Gajah (368 m)
Termasuk dalam wilayah DIVRE III Sumsel dan terletak antara stasiun Lahat dan stasiun Bunga mas, panjang terowongan ini sekitar 368 m.

9. Terowongan Tebing Tinggi (424 m)
Terowongan ini terletak di Talang Banyu Desa Tanjung Kupang, Kecamatan Tebing Tinggi, Sumetara Selatan. Terowongan yang masih aktif ini memiliki panjang sekitar 424 m.

8. Terowongan Ijo (580 m)
Terletak di di Rowokele, Kebumen. Terowongan ini dibangun di jaman Belanda pada 1885-1886, dengan sistem kerja paksa terowongan ini sudah menelan banyak jiwa. Memiliki panjang sekitar 580 m.

7. Terowongan Kupitan (600 m)

Berada di wilayah DIVRE II Sumbar antara Muarakalaban dan Padang Sibusuak, Terowongan ini memiliki panjang kurang lebih 600 m.

6. Terowongan Lampegan (687 m)
Terowongan ini terletak di Kec. Cibeber, perbatasan Kab. Cianjur dan Kab. Sukabumi. Pada tanggal 8 Februari 2001, terowongan ini runtuh, namun saat ini terowongan yang memiliki panjang sekitar 687 m ini telah direnovasi.

5. Terowongan Mrawan (690 m)
Terletak disebelah Barat Stasiun Mrawan, Kalibaru, Banyuwangi. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 690 m dan dibangun pada tahun 1901.

4. Terowongan Eka Bakti Karya (760 m)
Terowongan ini terletak di Sumberpucung, malang. Lima kilometer setelah stasiun Sumberpucung. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 760 m dan juga terdapat terowongan Dwi Bhakti Karya dengan panjang 400 m. Disebelah terowongan ini terdapat Bendungan Ir. Sutami.

3. Terowongan Sawahlunto (835 m)

Terowongan Sawahlunto terletak di antara stasiun Muara Kalaban dan Sawahlunto, Sumatera Barat. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 827 m dikenal juga dengan sebutan Lubang Kalam.

2. Terowongan Sasaksaat (949 m)
Terowongan Sasaksaat merupakan terowongan jalur kereta api yang dibangun oleh SS (Staatsspoorwagen) antara tahun 1902-1903. Bangunan Hikmat 503 ini berada di jalur antara Purwakarta dan Padalarang di Km 143 + 144 antara Stasiun Sasaksaat dan Stasiun Maswati, membelah perbukita Cidepong di Kampung Sasaksaat Desa Sumurbandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Didalam terowongan sepanjang 949 m ini terdapat 35 sleko terdiri dari 17 kiri dan 18 kanan dari arah Stasiun Sasaksaat. Terowongan yang terletak di Daerah Operasi II Bandung merupakan terowongan kereta api yang padat lalu lintas, setiap harinya ada 44 Kereta api yang melintas secara reguler. Jalur yang lengkung ketika akan memasuki terowongan baik dari arah Stasiun Sasaksaat dan stasiun Maswati maka jalan relnya diberi rel paksa (gongsol). Banyaknya kereta api yang melintas memerlukan penjagaan khusus di terowongan sehingga di kedua ujung terowongan terdapat gardu jaga untuk JPTw (Juru Periksa Terowongan).

1. Terowongan Wilhelmina/Terowongan Sumber (1208 m)
Terowongan Wilhelmina yang di bangun pada zaman penjajahan Belanda dan diresmikan pada tanggal 1 Juni 1921. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 1208 m. terowongan kereta api yang dulu menghubungkan Banjar-Cijulang, kini keberadaanya sungguh memprihatinkan, dengan rel yang hilang dan muka terowongan yang tak terurus, di rambati akar-akar tanaman semak belukar, semakin menghilangkan pamor dari sejarah maupun aset wisata dari terowongan terpanjang di Indonesia ini.
Print PDFPDF ArsipArsip RSSRSS


abuhaidar
1
abuhaidar
Jum'at, 09 Juli 2010 10:55 WIB
>>> pangandaran di hati, pangandaran di nanti.... sungguh kami merindukan akses kereta api banjar - pangandaran - cijulang di aktifkan kembali.... karena akses ini mencakup semua aspek baik dari segi perekonomian, sejarah apalagi dari segi wisata alam yg sungguh sangat indah & mengagumkan... Terowongan Wilhelmina/ Terowongan Sumber (1208 m) sungguh maha karya yg pernah ada di bumi selatan tatar galuh parahyangan....
turqi
2
turqi
Senin, 12 Juli 2010 16:03 WIB
hayang maju mah pangandaran teh kudu pisah ti CIamis aya jauh pisan mun di bandingkeun jeung ciamis teh..ah ciamis mah cuman nyokot pendapatana wungkul ari ngawangun mah embung
Nova aka Eko
3
Nova aka Eko
Selasa, 20 Juli 2010 13:40 WIB
butuh biaya yg sangat banyak menghidupkan jalur mati ini,,tp bkln terbayar dgn pemandangan yg tiada tanding...terowongan sumber+jembtn cikacepit=masterpice jalur kereta api^^
Tur Astadiwangsa
4
Tur Astadiwangsa
Rabu, 21 Juli 2010 11:26 WIB
Terimakasih telah memuat terowongan sumber yang merupakan bukti sejarah. Pembangunannya dahulu tentu juga sudah dikaji dengan potensi daerah kedepannya, sekarang seiring dengan akan adanya pemekaran ciamis selatan moga2 wisata sejarah menjadi bagian yang melengkapi terealisasinya rencana urang pakidulan... hatur nuhun
sutisna
5
sutisna
Minggu, 01 Agustus 2010 20:10 WIB
Ku rindu pangandaran
dwi purnomo
6
dwi purnomo
Minggu, 01 Agustus 2010 23:12 WIB
Aset budaya dan sejarah yang seharusnya di lestarikan buat nambah keeksotisan pangandaran, tapi bakal jadi cerita panjang kalau terowongan terpanjang di Indonesia ini di renovasi kembali
oki
7
oki
Minggu, 26 September 2010 12:27 WIB
harus political will dari pemerintah baik pusat maupun daerah untuk membangkitkan kembali jalur ini karna biaya yg dibutuhkan sangat mahal.8ercermin pada pembangunan rel baru di pulau kalimantan, investor asing bersedia menanamkan modalnya untuk membangun rel ini karena mereka mendapatkan keuntungan yg lebih besar karena waktu angkut hasil tambang lebih cepat dan ongkos angkutnya lebih rendah. Oleh karena itu pemerintah harus mengeluarkan kebijakan yg tepat agar investor asing tertarik membangun kembali jalur rel ini karena akan mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut
Febrian Djaka Putra
8
Febrian Djaka Putra
Kamis, 14 Oktober 2010 21:21 WIB
Halo MyPangandaran.com, Saya mau tanya dong. Kalau mau ke Terowongan Wihelmina itu lewat mana ya? Akses jalannya seperti apa? Disana ada ojek motor trail ya buat masuk ke dalam terowongan Wihelmina? Soalnya saya pernah lihat foto seorang blogger yang memajang foto para trailer di depan terowongan Wihelmina? Mohon informasinya, sebab saya ingin kesana, tapi ngga tau jalan. Many thanks.. Febrian Sawangan, Depok
dedebagong
9
dedebagong
Selasa, 19 Oktober 2010 11:50 WIB
kayaknya pake trail juga bisa mas..... tapi hanya terowongan yang paling panjang aja...... terowongan yang lebih pendek mungkin ga bisa di akses soalnya tembus ke bawah cikacepit....... saya ma tementemen sepeda sudah sering lewati terowongan ini...... seru!!!!!...... untuk para adventure dan seneng tantangan di sini bisa di coba..... kalau anda minat untuk track ke sini coba hub KANGKARENG TOUR aja...... sepeda di sediain kok.... hehehehehehee......
Febrian
10
Febrian
Selasa, 19 Oktober 2010 12:30 WIB
Mas Dedebagong, Wah terima kasih banyak atas infonya. Kebetulan saya memang sedang mencari operator wisata yg menyediakan layanan petualangan di Wihelmina, apalagi dengan sepeda atau trail. Bisa tolong kirimkan info lengkap mengenai KANGKARENG TOUR ke febriandjakaputra@gmail.com mas? Apakah ada paketnya untuk wisata petualangan tersebut? Terima kasih..
Adi Sumaryadi
11
Adi Sumaryadi
Selasa, 19 Oktober 2010 15:15 WIB
Mas febrian..untuk hubungi/profil kangkareng tour bisa diliat di menu Info Fasilitas -> Transportasi dan Travel...
Ivan edityawan
12
Ivan edityawan
Kamis, 28 Oktober 2010 19:42 WIB
sebaiknya jalur KA diaktifkan lagi, dijamin 1000% Pangandaran akan lebih oke. pemprof Jabar harus serius membangunnya, khusus kanggo Kang Dede Yusuf anu sami urang Ciamis asli sok atuh realisasikeun.
Ivan edityawan
13
Ivan edityawan
Kamis, 28 Oktober 2010 19:42 WIB
sebaiknya jalur KA diaktifkan lagi, dijamin 1000% Pangandaran akan lebih oke. pemprof Jabar harus serius membangunnya, khusus kanggo Kang Dede Yusuf anu sami urang Ciamis asli sok atuh realisasikeun.
Ivan edityawan
14
Ivan edityawan
Kamis, 28 Oktober 2010 19:43 WIB
sebaiknya jalur KA diaktifkan lagi, dijamin 1000% Pangandaran akan lebih oke. pemprof Jabar harus serius membangunnya, khusus kanggo Kang Dede Yusuf anu sami urang Ciamis asli sok atuh realisasikeun.
Ivan edityawan
15
Ivan edityawan
Kamis, 28 Oktober 2010 19:43 WIB
sebaiknya jalur KA diaktifkan lagi, dijamin 1000% Pangandaran akan lebih oke. pemprof Jabar harus serius membangunnya, khusus kanggo Kang Dede Yusuf anu sami urang Ciamis asli sok atuh realisasikeun.
Ivan edityawan
16
Ivan edityawan
Kamis, 28 Oktober 2010 19:44 WIB
sebaiknya jalur KA diaktifkan lagi, dijamin 1000% Pangandaran akan lebih oke. pemprof Jabar harus serius membangunnya, khusus kanggo Kang Dede Yusuf anu sami urang Ciamis asli sok atuh realisasikeun.
Ivan edityawan
17
Ivan edityawan
Kamis, 28 Oktober 2010 19:46 WIB
sebaiknya jalur KA diaktifkan lagi, dijamin 1000% Pangandaran akan lebih oke. pemprof Jabar harus serius membangunnya, khusus kanggo Kang Dede Yusuf anu sami urang Ciamis asli sok atuh realisasikeun.
Ivan edityawan
18
Ivan edityawan
Kamis, 28 Oktober 2010 19:46 WIB
sebaiknya jalur KA diaktifkan lagi, dijamin 1000% Pangandaran akan lebih oke. pemprof Jabar harus serius membangunnya, khusus kanggo Kang Dede Yusuf anu sami urang Ciamis asli sok atuh realisasikeun.
Ivan edityawan
19
Ivan edityawan
Kamis, 28 Oktober 2010 20:31 WIB
sebaiknya jalur KA diaktifkan lagi, dijamin 1000% Pangandaran akan lebih oke. pemprof Jabar harus serius membangunnya, khusus kanggo Kang Dede Yusuf anu sami urang Ciamis asli sok atuh realisasikeun.
Fredi Abdullah
20
Fredi Abdullah
Senin, 22 November 2010 16:36 WIB
saya sebagai orang bagolo emplak sangat berharap pembangunan renovasi terowongan sumber dan jembatan cikacepit bisa direalisasikan sebagai bukti kecintaan kita terhadap aset budaya sejarah dan juga kedepanya mungkin sebagai aset perekonomian bagi warga kalipucang, emplak, bagolo, putra pinggan, pangandaran dan sekitarnya, untuk pemprov jabar dan pemda ciamis tolong jangan cuma mementingkan kantong pribadi saja, tetapi pentingkan juga kondisi semua aset yang berada di tatar galuh parahyangan khususnya ciamis bagian selatan,,, thank`s ,, FREDI, Bekasi
abdan syakuro
21
abdan syakuro
Minggu, 18 September 2011 10:28 WIB
aneh jalur mati nan elok bisa di non aktif kananehh pingin klo jalur panagdaran diaktifkan muantap buangat tuhh
alampriangan
22
alampriangan
Selasa, 27 September 2011 15:46 WIB
ikut ijin copy , buat blog aku ya
ferry andriawn
23
ferry andriawn
Kamis, 13 Oktober 2011 00:53 WIB
"Saya sgt bangga jdi orang cijulang"namun lbh bangga lagi jika jalur kereta api di buka kembali"saya yakin sejarah akan menggubah roda perekonomian daerah sekitar akan maju pesat, " sayangi sejarah " dn mari kita bangun bersama menjadi selatan jabar yg maju dn bermartabata"amin"
ferry andriawn
24
ferry andriawn
Kamis, 13 Oktober 2011 00:53 WIB
"Saya sgt bangga jdi orang cijulang"namun lbh bangga lagi jika jalur kereta api di buka kembali"saya yakin sejarah akan menggubah roda perekonomian daerah sekitar akan maju pesat, " sayangi sejarah " dn mari kita bangun bersama menjadi selatan jabar yg maju dn bermartabat"amin"
agyl dede muslim
25
agyl dede muslim
Rabu, 21 Desember 2011 21:36 WIB
SAYA sangat rindu dan berharap jalur kereta api BANJAR - PANGANDARAN di hidupkan kembali karena sy sangat berkesan dg keindahan panorama sekotar terowongan WILHELMINA dan jembatan CIKECEPIT.
Panorama Bagolo
26
Panorama Bagolo
Minggu, 12 Februari 2012 16:10 WIB
Terowongan kereta api terpanjang di Indonesia ini (1.208 m) yang terletak di perbatasan Desa Emplak-Desa Bagolo, kecamatan Kalipucang-Pangandaran, Jawa Barat, agar dimasukkan sebagai tujuan Wisata Khusus di Jawa Barat.
jajang kusnadi
27
jajang kusnadi
Sabtu, 28 Juli 2012 12:49 WIB
masih ada trowongan yang panjang di daerah batulawang,300 meter tahun 1914,masih pada jalur banjar-cijulang,,mancaf
asep gilar suryatna
28
asep gilar suryatna
Selasa, 26 Februari 2013 16:56 WIB
waktos sim kuring masih sakola dasar, hampir tiap bulan ku pun bapak sok diajek ameng ka pangandaran ka bumina ua di daerah pangandaran waktos eta sok naek kareta api ti banjar anu jurusan pangandaran waas pisan pamandangannana di sapanjang jalan , komo pas lewat terowongan , upami pamarentah jawa barat tiasa ngarealisasikeun jalur kareta api bakal nguntungkeun tina segi ekonomi,komo deui daerah pangandaran tujuan wisata, sim kuring ngaharepkeun pisan sabab emut nostalgia nuju alit....... biaya anu ageung kanggo ngaktifkeun jalur eta bakal kagentosan, komo deui gaduh nilai sejarah tiasa jadi cagar budaya sapertos kota tua di jakarta malah ti mana-mana dijarugjug jadi sektor pariwisata anu bisa ningkatkeun pendapatan daerah jeung ekonomi masyarakat mudah- mudahan tiasa di aktifkeun....
opik
29
opik
Kamis, 20 Februari 2014 07:28 WIB
tos 10 taun teu jalan2 ka terowongan wihelmina..kpungkur mh tiap minggu jalan2 jlan kaki rute ti desa pamotan dugi ka karang nini..sok lah dido`a kn mudah2an kacepit tiasa di buka deui...
Deni
30
Deni
Senin, 14 April 2014 18:22 WIB
sayang,jembatan dan terowongan yg sangat brsejarah itu,kini tdk terawat,bahkan relnya habis di curi oleh tangan2 yg tdk bertanggung jawab.

Anda dapat memberikan komentar tentang Menelusuri Terowongan Kereta Terpanjang di Indonesia, Terowongan Sumber dengan menggunakan form dibawah ini .





 Notifikasi via email jika ada yang komentar



comments powered by Disqus
Akomodasi,Pangandaran
Sandaan Hotel
Rp. 100.000
Sandaan Hotel
Menghadap langsung laut letak yang strategis di jantung pantai Pangandaran, Sandaan menawarkan kenyamanan utama tinggal di surga tropis.
Sawargi
Rp. 150.000
Sawargi
Keramahan pemilik Hotel akan menyambut Anda dan keluarga bila menginap di Hotel Sawargi,Anda akan merasakan suasana di rumah sendiri.
Aneka,Pangandaran
7 Alasan Mengapa Harus Liburan Musim Panas di Pangandaran

7 Alasan Mengapa Harus Liburan Musim Panas di Pangandaran
Liburan terutama di Pangandaran selalu menjadi pilihan menarik mengingat dalam satu daerah wisata terdapat begitu beragamnya aktifitas yang dapat anda lakukan mulai dari bermain di air laut, bermain di air tawar, hingga menje