Pangandaran,aneka
Aneka
7 Hewan Penghuni Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran
Oleh SatiminSelasa, 30 Juli 2013 13:52 WIB | Dibaca 10.645 kali
7 Hewan Penghuni Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran
Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran merupakan kawasan hutan yang dilindungi jadi jangan kaget jika saat perjalanan menyusuri hutan Anda akan menemui beberapa hewan yang berkeliaran bebas seperti monyet dan rusa burung rangkong dan lain-lain. Jangan khawatir, binatang-binatang itu tidak akan menggangu pengunjung yang datang selama keberadaan mereka pun tak diganggu, justru mereka akan bertingkah lucu dan beratraksi unik kepada para pengunjung.

Berikut 7 hewan lucu penghuni taman wisata dan cagar alam pangandaran :

1. Kera Ekor Panjang (Macaca fascicularis)

Merupakan salah satu penghuni dominan Taman Wisata Cagar Alam, biasa bertingkah lucu tapi kadang-kadang suka iseng mengganggu, hal ini dikarenakan Kebiasaan diberi makanan hingga membuat hewan-hewan tersebut ketergantungan, bahkan terkadang menimbulkan sifat agresif.

2. Lutung (Trcyphithecus auratus)

Salah penghuni taman wisata dan cagar alam pangandaran, berbeda dengan kera ekor panjang tingkah laku lutung lebih pemalu dibandingkan kera ekor panjang, mereka hidup diatas pohon dan memakan pucuk-pucuk dedaunan.

3. Kijang (Muntiacus muntjak)

Salah satu hewan yang dilindungi di taman wisata dan cagar alam pangandaran, Menjangan atau kijang biasa hidup berkelompok dan mencari makan dipinggiran cagar alam yang dekat dengan pemukiman dan hotel, dan sepertinya terbiasa dengan aktifitas manusia sampai-sampai pengunjung dapat mengelus dan memotret kijang dalam jarak dekat.

4. Kalong (Pteroptus vampyrus)

Kalong atau kelelawar besar memang salah satu satwa penghuni Cagar Alam Pangandaran. Satwa ini terbilang unik mengingat hidup dipepohonan dan juga gua-gua yang ada di taman wisata dan cagar alam pangandaran, Kalong di Pangandaran mempunyai daya tarik tersediri, pada sore hari kalong yang jumlahnya ribuan ini terbang dari caga ralam yang berada didaerah selatan menuju utara yang terdapat gunung-gunung dengan hutan yang lebat, kalong-kalong ini keluar menjelang maghrib.

5. Burung Kangkareng (Anthracoceros albirostris)

Burung Kangkareng/Kangkareng perut putih (Anthracoceros albirostris) adalah salah satu spesies dari family bucerotidae. Panjang tubuhnya bs mencapai 90 cm.Makanannya juga buah2an, kadal, serangga, burung2 kecil. Burung ini memiliki bulu berwarna hitam, dan tanduk kuning-hitam di atas paruh besar berwarna kuning. Kulit mukanya berwarna putih dengan bulu leher berwarna hitam.Burung Kangkareng hidup di Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran dan bersarang di dalam lubang pohon, jika sedang beruntung sesekali burung rangkong akan terlihat di atas pohon-pohon besar di dalam kawasan taman wisata dan cagar alam pangandaran.

6. Landak jawa (Hystrix javanica)

Landak penghuni taman wisata dan cagar alam pangandaran dapat ditemui di goa parat, meski terlihat mengerikan dengan duri tajamnya landak-landak penghuni goa parat ternyata jinak-jinak, saking jinaknya pengunjung bisa bermain-main dengan delapan ekor landak yang lucu-lucu, karena sudah terbiasa landak-landak di gua parat tidak takut terhadap aktifitas pengunjung yang keluar-masuk gua, bahkan jika diberi makan kacang landak biasa mengambil dari tangan pengunjung.

7. Tando (Cynocephalus variegatus)

Tando adalah mamalia terbang bukan terbang menggunakan sayap melainkan meluncur seperti melompat dari satu pohon ke pohon lainnya. Ini adalah benar-benar arboreal, aktif di malam hari, dan memakan bagian tanaman lunak seperti daun muda, tunas, bunga, dan buah-buahan.
Print PDFPDF ArsipArsip RSSRSS


ramdani rahman
1
ramdani rahman
Sabtu, 03 Agustus 2013 07:59 WIB
perlu di lindungi tuh... pangandaran selalu memiliki daya tarik tersendiri dan tidak pernah luput dari kunjungan wisatawan dikala waktu libur..
adit
2
adit
Selasa, 06 Agustus 2013 02:41 WIB
memang di pangandaran itu tidak hanya pantainya saja yang indah, tetapi banyak lagi ke indahan dan ke unikan lainnya, , nah seperti hewan-hewan seperti di atas. .
bayu
3
bayu
Jum'at, 16 Agustus 2013 11:07 WIB
pangandaran is the best ...........
nira rosani
4
nira rosani
Rabu, 13 November 2013 19:15 WIB
pangandaran tempat wisata terfavorit
james
5
james
Kamis, 06 Maret 2014 15:07 WIB
Kalo banteng jawa masih ada ? Kata`a cuman satu ekor lagi+di tmenin sma sapi
Liliek aji
6
Liliek aji
Senin, 31 Maret 2014 14:56 WIB
Kita harus bisa jaga keindahan pangandaran.dan sebaiknya lebih di tingkatkan lagi kualitas pantai pangandaran
manfaat temulawak
7
manfaat temulawak
Minggu, 07 September 2014 16:51 WIB
smoga saja manusia bisa menjaga habitat hewan tersebut agar tetap terjaga
resep nasi goreng seafood
8
resep nasi goreng seafood
Minggu, 07 September 2014 16:53 WIB
mayarakat dan pemerintah harus turut serta dalam proses perlidungan hewan tersbut
abdul rohman
9
abdul rohman
Rabu, 10 Desember 2014 23:43 WIB
Lestarikanlah dan ikut juga melindungi hewan di sekitar kita.
abdul rohman
10
abdul rohman
Rabu, 10 Desember 2014 23:44 WIB
Lestarikanlah dan ikut juga melindungi hewan di sekitar kita.
abdul rohman
11
abdul rohman
Rabu, 10 Desember 2014 23:44 WIB
Lestarikanlah dan ikut juga melindungi hewan di sekitar kita.

Anda dapat memberikan komentar tentang 7 Hewan Penghuni Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran dengan menggunakan form dibawah ini .





 Notifikasi via email jika ada yang komentar



comments powered by Disqus
Akomodasi,Pangandaran
Pondok Mila Purnama
Rp. 200.000
Pondok Mila Purnama
Hotel melati dengan kesederhanaan yang ditawarkan kepada pengunjung obyek wisata pantai pangandaran, sangat cocok untuk menginap backpacker atau rombongan keluarga,
Sun In Pangandaran
Rp. 250.000
Sun In Pangandaran
Lokasi yang strategis akan memudahkan Anda menjangkau tempat-tempat hiburan seperti Jet Ski, Banana Boat, Cagar Alam serta pemandangan laut dan
Aneka,Pangandaran
Tips Mencari Hotel/Penginepan di Pantai Pangandaran

Tips Mencari Hotel/Penginepan di Pantai Pangandaran
Penginapan-penginapan di pangandaran sangat beragam. Mulai dari yang fasilitasnya memuaskan sampai yang sangat sederhana, dari yang relatif murah sampai yang relatif mahal. Bagi Wisatawan yang baru pertama kali menginjakkan k