Terminal Pangandaran     Pemadam Kebakaran     Ikan Marlin     Peraturan     
Kuliner Pangandaran
Lebih Dekat dengan Si Pengisap Darah
Kuliner Pangandaran
Lebih Dekat dengan Si Pengisap Darah


Mendengar nama Pangandaran, siapa pun akan terbayang pantainya yang indah. Pangandaran di selatan Kabupaten Ciamis memang obyek wisata andalan Jawa Barat. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa di Pangandaran juga terdapat obyek wisata ilmiah yang tak kalah menarik, yaitu Teater Nyamuk lengkap dengan Museum Nyamuk.

Apabila Pantai Pangandaran menjadi tujuan wisata utama Anda, tidak ada salahnya ke pantai mampir dulu di wisata ilmiah yang berada di bawah naungan Loka Litbang Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Kementerian Kesehatan itu. Apalagi, lokasinya di pinggir Jalan Raya Pangandaran Km 03, tidak sulit dijangkau. Menurut Penanggung Jawab Wisata Ilmiah Loka Litbang P2B2 Firda Yanuar, ada empat lokasi yang bisa dikunjungi, yakni Teater Nyamuk, Museum Nyamuk, koleksi Tanaman Obat Malaria dan Pengusir Nyamuk (Tompen), serta Insektarium.

Keberadaan lokasi obyek wisata ilmiah itu terkait erat dengan penelitian Loka Litbang P2B2 di selatan Ciamis yang merupakan daerah endemis malaria.

Teater Nyamuk adalah ruangan berukuran 9 meter x 18 meter layaknya bioskop. Di ruangan bertempat duduk 120 buah ini pengunjung disajikan tontonan mendidik pada layar berukuran 3 meter x 4 meter. Bagi pengunjung usia SD-SMP, film yang diputar ialah animasi tentang demam berdarah dengue (DBD). Jika pengunjungnya siswa SMA, mahasiswa, atau umum, yang diputar adalah film dokumenter siklus hidup nyamuk. Di Museum Nyamuk pengunjung bisa melihat berbagai genus nyamuk yang diawetkan, peralatan menangkap nyamuk, serta video tentang bionomik nyamuk, informasi seputar di mana nyamuk hidup dan dapat menularkan penyakit apa saja, serta daur hidup nyamuk. Di museum ini kita bisa melihat dari dekat nyamuk dari genus Aedes, Culex, Armigeres, dan Mansonia.

Pengusir nyamuk

Di lokasi Tompen, pengunjung dapat melihat koleksi tanaman obat malaria dan pengusir nyamuk. Pemandu dari Loka Litbang P2B2 akan setia menemani dan menjelaskan secara detail kegunaan setiap tanaman. Misalnya, tanaman sambiloto (Andropogon paniculata) berguna sebagai obat demam, tanaman anak nakal (Duranta repen) sebagai obat malaria, dan tanaman patah tulang (Euphorbia tirucalli) sebagai pengusir nyamuk.

Jika di Museum Nyamuk pengunjung hanya melihat koleksi nyamuk yang diawetkan, di Insektarium, nyamuk-nyamuk hidup sengaja dipelihara untuk kepentingan penelitian. Pengunjung juga bisa melihat telur nyamuk dan beragam jenis ikan pemakan jentik.

Sejak dibuka Agustus 2009, wisata ilmiah Museum Nyamuk kebanyakan dikunjungi rombongan siswa sekolah dan mahasiswa yang melakukan penelitian. Belum ada pengunjung umum yang datang. Padahal, Museum Nyamuk terbuka untuk siapa saja.

Bahkan, Loka Litbang P2B2 juga punya paket wisata dan pelatihan. Selain mengunjungi empat lokasi tadi, peserta juga diajak ke lapangan untuk belajar bagaimana menangkap nyamuk malam hari dan mengetahui tempat perindukan si pengisap darah itu.

Hanya dengan Rp 5.000 per orang untuk siswa SD-SMA dan Rp 7.000 untuk mahasiswa dan umum, kita bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang nyamuk.


#


Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Kuliner Pangandaran Lainnya
Mengenal Honje Laka, Buah Asam Dari Pangandaran
Mengenal Honje Laka, Buah Asam Dari Pangandaran
Minggu, 21 April 2019 06:56 WIB
Honje Laka atau buah dari pohon kecombrang adalah buah khas dari Pangandaran, Honje Laka atau honje hutan (Etlingera hemisphaerica) juga bisa diolah
Jus Honje Minuman Khas Pangandaran
Jus Honje Minuman Khas Pangandaran
Kamis, 05 Maret 2015 10:03 WIB
Selain dikenal tempatnya pindang gunung buhun (semacam sup ikan), di kabupaten ini juga mulai dikenal dengan olahan berbahan dasar kecombrang (etlingera hemisphaerica)
Menikmati Renyahnya Calamari (Cumi Tepung) Khas Pangandaran
Menikmati Renyahnya Calamari (Cumi Tepung) Khas Pangandaran
Minggu, 15 Juli 2018 10:02 WIB
Olahan cumi-cumi biasa dijumpai di restoran-restoan atau pedagang oleh-oleh khas Pangandaran dipantai timur,tapi tahukah Anda kalau cumi tepung mempunyai nama lain yaitu
Catatan Perjalanan Green Canyon dan Sungai Citumang
Catatan Perjalanan Green Canyon dan Sungai Citumang
Sabtu, 15 Januari 2011 08:36 WIB
Pangandaran, sebuah kota kecil di daerah Ciamis yang memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Jika seseorang ditanya kesan apa yang pertama kali
7 Coffee Shop Photogenic di Pangandaran, Bikin Feed Instagram Kamu Makin Kece!
7 Coffee Shop Photogenic di Pangandaran, Bikin Feed Instagram Kamu Makin Kece!
Kamis, 03 Februari 2022 16:22 WIB
Wisatawan di Pantai Pangandaran kini semakin dimanjakan dengan hadirnya deretan café cantik yang tentunya sangat Photogenic. Kebutuhan social media bagi milenial muda menjadi
Si Manis Calangaren, Kuliner Khas dari Pangandaran
Si Manis Calangaren, Kuliner Khas dari Pangandaran
Senin, 13 Mei 2019 08:21 WIB
Berburu takjil untuk berbuka puasa pada saat ngabubirit di bulan Ramadan merupakan hal yang menyenangkan, sekaligus menjadi sebuah sensasi tersendiri. Di pasar-pasar

Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini