Tiket Masuk     Pt Netral Jaya Motor     Pangandaran Banjir     Kantor Bupati     
Kuliner Pangandaran
Kisah Unik di Balik Nikmatnya Pindang Gunung Makanan Khas Pangandaran
Kuliner Pangandaran
Kisah Unik di Balik Nikmatnya Pindang Gunung Makanan Khas Pangandaran


Pangandaran, mypangandaran.com - Selain memiliki pantai yang eksotis, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat juga menyuguhkan berbagai macam makanan khas yang legendaris salah satunya adalah pindang gunung. Gunakan resep turun temurun, pindang gunung kuah kuning jadi kuliner yang wajib dicicipi saat ke Pangandaran.

Sup ikan dengan bumbu rempah ini menciptakan cita rasa yang gurih, sedikit pedas dan segar saat disantap. Pindang gunung amat cocok untuk mengisi tenaga usai lelah bermain di wisata pantai, maupun curug yang ada di sana.


Kisah Unik Pindang Gunung

Dilansir dari merdeka.com, mengutip kanal YouTube Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah IX, pindang gunung memiliki harfiah yang berbeda. Pindang bukanlah jenis ikan, melainkan proses memasak dengan cara disayur. Sedangkan gunung merupakan daerah asal makanan ini dibuat.

Di sini letak keunikannya, karena makanan berbahan ikan ini justru jadi makanan khas warga pegunungan Pangandaran, bukan dari pesisir. Hal ini turut dibenarkan oleh Kepala Seksi Seni Budaya, Disparbud Pangandaran, Iing Rohidin.

“Kalau di daerah lain, pindang itu kaya ikan, tapi kalau di sini pindang itu semacam sayur (masakan). Jadi pindang gunung ini adalah sayur khas yang bumbunya dari daerah gunung” kata dia.


Kuliner Khas Warga Pegunungan Pangandaran

Iing menambahkan jika di masa lampau pindang gunung jadi kuliner khas warga pegunungan. Ini bisa dilihat dari bumbu yang tidak bisa ditanam di daerah pantai, seperti daun kedondong dan buah kecombrang.

Namun saat itu masyarakat gunung pangandaran tetap mencari bahan baku ikannya dari daerah pesisir, hanya bumbu yang berasal dari dataran tinggi.

“Yang khas dari pindang gunung adalah rempahnya yang dari gunung, seperti daun kedondong dan buah honje atau kecombrang” kata Iing.

Saat ini, sajian pindang gunung sudah mudah ditemukan di hampir setiap tempat keramaian di kabupaten pariwisata itu.


Rasa Pindang Gunung

Tak diragukan lagi bahwa pindang gunung selalu jadi buruan para wisatawan asal luar kota. Kombinasi rempah dataran tinggi seperti bawang merah, putih, cabai domba, daun bawang, daun kedondong, kunyit sampai buah kecombrang menawarkan sensasi segar yang nagih.

Belum lagi paduan lemak ikan dari rebusan kaldunya yang makin membuatnya lezat, dan cocok disantap terutama saat cuaca dingin.

Dikutip dari Liputan6, secara keseluruhan rasa kompleks dari pindang gunung adalah asam gurih, yang berpadu dengan manis dan pedas. Karena rempahnya kuat, rasa amis ikan justru tidak terasa, dan berganti dengan nikmatnya tekstur daging ikan yang lembut.

Untuk satu porsi menu pindang gunung biasanya dibanderol dengan harga kurang lebih Rp30.000, dan belum termasuk nasi. Harga ini terbilang murah, karena satu porsi sup pindang gunung akan diisi dengan potongan ikan yang cukup besar.

Gimana nih, apakah Anda penasaran dan tertarik dengan pindang gunung makanan khas dari Pangandaran ini? Yuk, lansung cus ke Pangandaran sobat!




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Kuliner Pangandaran Lainnya
Mengenal Honje Laka, Buah Asam Dari Pangandaran
Mengenal Honje Laka, Buah Asam Dari Pangandaran
Minggu, 21 April 2019 06:56 WIB
Honje Laka atau buah dari pohon kecombrang adalah buah khas dari Pangandaran, Honje Laka atau honje hutan (Etlingera hemisphaerica) juga bisa diolah
Menikmati Renyahnya Calamari (Cumi Tepung) Khas Pangandaran
Menikmati Renyahnya Calamari (Cumi Tepung) Khas Pangandaran
Minggu, 15 Juli 2018 10:02 WIB
Olahan cumi-cumi biasa dijumpai di restoran-restoan atau pedagang oleh-oleh khas Pangandaran dipantai timur,tapi tahukah Anda kalau cumi tepung mempunyai nama lain yaitu
Jus Honje Minuman Khas Pangandaran
Jus Honje Minuman Khas Pangandaran
Kamis, 05 Maret 2015 10:03 WIB
Selain dikenal tempatnya pindang gunung buhun (semacam sup ikan), di kabupaten ini juga mulai dikenal dengan olahan berbahan dasar kecombrang (etlingera hemisphaerica)
Catatan Perjalanan Green Canyon dan Sungai Citumang
Catatan Perjalanan Green Canyon dan Sungai Citumang
Sabtu, 15 Januari 2011 08:36 WIB
Pangandaran, sebuah kota kecil di daerah Ciamis yang memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Jika seseorang ditanya kesan apa yang pertama kali
7 Coffee Shop Photogenic di Pangandaran, Bikin Feed Instagram Kamu Makin Kece!
7 Coffee Shop Photogenic di Pangandaran, Bikin Feed Instagram Kamu Makin Kece!
Kamis, 03 Februari 2022 16:22 WIB
Wisatawan di Pantai Pangandaran kini semakin dimanjakan dengan hadirnya deretan café cantik yang tentunya sangat Photogenic. Kebutuhan social media bagi milenial muda menjadi
Si Manis Calangaren, Kuliner Khas dari Pangandaran
Si Manis Calangaren, Kuliner Khas dari Pangandaran
Senin, 13 Mei 2019 08:21 WIB
Berburu takjil untuk berbuka puasa pada saat ngabubirit di bulan Ramadan merupakan hal yang menyenangkan, sekaligus menjadi sebuah sensasi tersendiri. Di pasar-pasar

Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini