Pasar     Dinas     Guna     Perahu     
Kuliner Pangandaran
Kecamatan Terluas di Pangandaran, Wilayah Ini Mempunyai Sate Unik dan Jarang Ada di Daerah Lain
Kuliner Pangandaran
Kecamatan Terluas di Pangandaran, Wilayah Ini Mempunyai Sate Unik dan Jarang Ada di Daerah Lain


Wilayah ini termasuk dalam tiga kecamatan terluas di Kabupaten Pangandaran. Sebagai salah satu kecamatan terluas di Kabupaten Pangandaran, wilayah ini ternyata memiliki kuliner unik yang membuat rasa penasaran bergelora. Kuliner tersebut bernama Sate Toe, jenis sate yang jarang didengar orang dibandingkan Sate Taichan, Sate Buntel atau Sate Kere.


Meskipun begitu, Sate Toe khas dari salah satu kecamatan terluas di Kabupaten Pangandaran ini memiliki potensi ekonomi yang menarik jika terus diperkenalkan. Dari nama saja sudah mengundang rasa penasaran, apalagi jika dikombinasikan dengan rasa Sate Toe sendiri yang nikmat.

Dua kombinasi itu bukan tidak mungkin akan mendorong banyak orang datang dan berkunjung ke salah satu kecamatan terluas di Kabupaten Indramayu tersebut. Dengan kata lain, sate toe sangat potensial untuk terus dikenalkan oleh warga maupun pemerintah di salah satu kecamatan terluas Kabupaten Pangandaran tersebut.

Sate toe merupakan kuliner khas dari salah satu kecamatan terluas di Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Tidak seperti Sate Kambing atau Sate Ayam yang akrab dikonsumsi banyak orang. Sate Toe justru menggunakan bahan utama Kerang, atau warga Pangandaran menyebutnya Sate Kerang Totok.


Dilansir dari Klik Pendidikan, kerang totok sebenarnya adalah jenis kerang kepah atau yang bernama latin Polymesoda Erosa yang umumnya tumbuh di kawasan mangrove.

Meski termasuk makanan rakyat yang biasa dijajakan di kawasan wisata Pangandaran, Sate Toe ternyata memiliki manfaat penting untuk manusia.


Dua manfaat penting dari kerang Totok tersebut adalah kandungan Omega 3 yang berguna untuk otak, serta kandungan Zinc atau Seng yang baik untuk kekebalan tubuh.

Sate Toe yang terkenal di Pangandaran berasal dari Kalipucang, salah satu kecamatan terluas di Kabupaten Pangandaran.

Luas Kecamatan Kalipucang sendiri mencapai 136,7 KM/persegi, menjadi yang terluas nomor 2 setelah Kecamatan Langkaplancar yang mencapai 177,19 KM/persegi. (Foto/Images: Kecamatan Kalipucang/Wikipedia)




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Kuliner Pangandaran Lainnya
Mengenal Honje Laka, Buah Asam Dari Pangandaran
Mengenal Honje Laka, Buah Asam Dari Pangandaran
Minggu, 21 April 2019 06:56 WIB
Honje Laka atau buah dari pohon kecombrang adalah buah khas dari Pangandaran, Honje Laka atau honje hutan (Etlingera hemisphaerica) juga bisa diolah
Menikmati Renyahnya Calamari (Cumi Tepung) Khas Pangandaran
Menikmati Renyahnya Calamari (Cumi Tepung) Khas Pangandaran
Minggu, 15 Juli 2018 10:02 WIB
Olahan cumi-cumi biasa dijumpai di restoran-restoan atau pedagang oleh-oleh khas Pangandaran dipantai timur,tapi tahukah Anda kalau cumi tepung mempunyai nama lain yaitu
Jus Honje Minuman Khas Pangandaran
Jus Honje Minuman Khas Pangandaran
Kamis, 05 Maret 2015 10:03 WIB
Selain dikenal tempatnya pindang gunung buhun (semacam sup ikan), di kabupaten ini juga mulai dikenal dengan olahan berbahan dasar kecombrang (etlingera hemisphaerica)
Catatan Perjalanan Green Canyon dan Sungai Citumang
Catatan Perjalanan Green Canyon dan Sungai Citumang
Sabtu, 15 Januari 2011 08:36 WIB
Pangandaran, sebuah kota kecil di daerah Ciamis yang memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Jika seseorang ditanya kesan apa yang pertama kali
7 Coffee Shop Photogenic di Pangandaran, Bikin Feed Instagram Kamu Makin Kece!
7 Coffee Shop Photogenic di Pangandaran, Bikin Feed Instagram Kamu Makin Kece!
Kamis, 03 Februari 2022 16:22 WIB
Wisatawan di Pantai Pangandaran kini semakin dimanjakan dengan hadirnya deretan café cantik yang tentunya sangat Photogenic. Kebutuhan social media bagi milenial muda menjadi
Si Manis Calangaren, Kuliner Khas dari Pangandaran
Si Manis Calangaren, Kuliner Khas dari Pangandaran
Senin, 13 Mei 2019 08:21 WIB
Berburu takjil untuk berbuka puasa pada saat ngabubirit di bulan Ramadan merupakan hal yang menyenangkan, sekaligus menjadi sebuah sensasi tersendiri. Di pasar-pasar

Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini