Kuliner Pangandaran
10 Oleh-oleh Khas Pangandaran yang Enak dan Perlu Dicoba oleh Wisatawan
Kuliner Pangandaran
10 Oleh-oleh Khas Pangandaran yang Enak dan Perlu Dicoba oleh Wisatawan


Pangandaran merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Barat yang memiliki sajian oleh-oleh khasnya yang enak. Sudah tidak asing lagi bahwa Pangandaran menawarkan banyak tempat wisata alam yang menakjubkan serta berbagai kuliner lezat. Anda bisa mengunjungi salah satu tempat wisata atau mencoba salah satu makanan khas yang ditawarkan.

Setelah menghabiskan waktu berlibur di lokasi ini, tidak ada salahnya untuk membawa pulang salah satu oleh oleh khas Pangandaran. Ada cukup banyak oleh-oleh yang bisa Anda pilih.


Berikut oleh oleh khas Pangandaran dilansir dari GoTravelly bisa Anda pilih untuk dibawa pulang:

1. Opak Mini

(Foto/Images: survive-giezag.org)

Salah satu oleh-oleh khas Pangandaran yang mudah dijumpai adalah opak mini. Sesuai dengan namanya, opak yang satu ini memiliki ukuran yang relatif kecil. Jika dilihat dari tampilannya, opak mini memiliki warna coklat kekuningan dengan tekstur tidak lembek. Makanan yang satu ini cocok dinikmati di sela-sela berbincang atau bersantai bersama keluarga atau pun teman.

Untuk menikmati satu paket opak mini, Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp30.000an*. Makanan yang satu ini dibuat dengan bahan dasar beras ketan, kelapa parut, santan, dan garam. Proses membuatannya juga cukup unik diantaranya dijemur satu hari, diembunkan satu malam, dan juga melalui proses pembakaran.


2. Sale Pisang Pangandaran

(Foto/Images: Nusantarapedia.net)

Sale pisang menjadi salah satu oleh-oleh khas Pangandaran yang sayang untuk tidak Anda coba. Makanan yang satu ini dibuat dengan bahan dasar pisang rajasiyem. Jika tidak ada pisang tersebut, biasanya sale pisang dibuat dengan menggunakan jenis pisang lain seperti pisang raja atau pisang ambon.

Cara pembuatan makanan yang satu ini cukup mudah yakni selain menggunakan bahan dasar pisang juga menggunakan bahan lain seperti tepung dan minyak goreng. Pisang yang telah dikupas dan diiris tipis memanjang lalu ditata dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Proses pengeringan ini memakan waktu beberapa hari. Sebelum disajikan, sale pisang terlebih dahulu dilumuri adonan tepung dan digoreng dalam minyak.


3. Noga Kelapa

(Foto/Images: tribunpriangan.com)

Oleh-oleh khas Pangandaran yang sayang untuk Anda lewatkan selanjutnya adalah noga kelapa. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar kelapa dan jahe. Cita rasa khas dari jahe menjadikan makanan ini banyak disukai dan kaya akan manfaat.

Warga Pangandaran banyak yang membuat makanan ini dengan bentuk yang sangat beragam. Tidak heran jika Anda akan dengan mudah menjumpai makanan ini saat berada di Pangandaran. Noga kelapa dibuat dengan cara mencampurkan parutan kelapa dengan jahe dan ditambah dengan gula. Rasanya yang khas menjadikan kuliner ini bisa Anda pilih sebagai oleh-oleh yang tepat.


4. Ikan Asin Jambal Roti

(Foto/Images: tampang.com)

Saat berlibur ke Pangandaran, Anda tentu sudah tidak asing dengan salah satu oleh-olehnya yakni ikan asin jambal roti. Ikan yang satu ini sering dipilih karena cocok dimasak dengan berbagai olahan masakan. Saat stok sedang melimpah, ikan asin jambal roti dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Ikan yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih dan enak. Teksturnya yang lembut dan dagingnya yang tebal juga sangat memuaskan saat dikonsumsi. Tidak hanya itu, ikan asin jambal roti juga kaya akan protein dan nutrisi bagi tubuh. Jadi tidak ada salahnya jika Anda membeli ikan asin jambal roti sebagai oleh oleh khas Pangandaran untuk dibawa pulang.


5.  Gula Merah

(Foto/Images: myPangandaran.com)

Selain dikenal memiliki banyak tempat wisata alam, Pangandaran juga dikenal sebagai daerah penghasil gula merah. Banyak warga di Pangandaran yang menjadikan produksi gula merah sebagai mata pencahariannya. Tidak sedikit juga kebun pohon kelapa yang nantinya akan dideres untuk diambil air niranya. Selain pohon kelapa, juga terdapat pohon aren atau kawung yang juga menghasilkan bahan baku untuk gula merah.

Selain manis, gula merah juga memiliki cukup banyak manfaat bagi tubuh. Biasanya gula merah dipilih sebagai campuran minuman atau masakan. Saat berlibur ke Pangandaran, gula merah khas Pangandaran bisa Anda pilih sebagai oleh-oleh yang tepat.


6. Noga Suuk

(Foto/Images: tribunpriangan.com)

Selain noga kelapa, terdapat noga suuk yang juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Pangandaran. Makanan yang satu ini juga disebut noga kacang tanah. Masyarakat setempat menyebut kacang tanah dengan istilah kacang suuk.

Noga suuk sangat cocok dinikmati pada saat bersantai. Perpaduan yang pas antara kacang dan manisnya gula akan sangat lezat dinikmati. Anda akan dengan mudah menjumpai makanan satu ini di toko oleh-oleh di Pangandaran.


7. Keripik Cau

(Foto/Images: iNews.ID)

Keripik cau atau keripik pisang adalah salah satu oleh-oleh khas Pangandaran. Makanan yang satu ini menggunakan bahan dasar pisang kepok asli Pangandaran. Tidak heran jika Anda akan merasakan cita rasa khas Pangandaran saat mencoba keripik cau.

Cara pembuatan makanan yang satu ini terbilang cukup mudah yakni dengan mengiris tipis pisang yang telah dikupas. Kemudian dilumuri dengan bumbu tertentu. Setelah itu, pisang yang telah berbumbu siap digoreng dalam minyak panas. Cita rasanya yang khas menjadikan jajanan yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba.


8. Rengginang Terasi

(Foto/Images: iNews.ID)

Pernah mencoba jajanan berupa rengginang? Rengginang terasi menjadi salah satu oleh-oleh khas Pangandaran yang cukup unik dan bisa Anda pilih untuk dibawa pulang. Makanan satu ini dibuat dengan bahan dasar beras ketan.

Rengginang terasi akan sangat mudah Anda jumpai di berbagai pusat oleh-oleh di Pangandaran. Anda dapat membelinya dalam keadaan matang (sudah digoreng) maupun mentah. Rengginang yang berpadu dengan terasi menghasilkan cita rasa khas yang membuat Anda ketagihan setelah mencobanya.


9. Petai (pete)

(Foto/Images: Suara.com)

Ada yang suka dengan olahan petai/pete? Petai menjadi salah satu hasil panen yang banyak dicari wisatawan saat datang ke Pangandaran. Selain diolah dan dikonsumsi langsung, petai juga sering dipilih sebagai oleh-oleh khas Pangandaran untuk dibawa pulang. Stoknya yang melimpah menjadikan petai sangat mudah dijumpai dan memiliki harga yang terjangkau. Selain enak untuk dikonsumsi, petai juga dikenal kaya akan manfaat bagi tubuh.


10. Ikan Teri

(Foto/Images: detikTravel)

Saat bingung mencari oleh oleh khas Pangandaran, ikan teri bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Ikan yang satu ini sangat mudah dijumpai di Pangandaran dan kerap dipilih wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Terdapat banyak sekali menu yang dapat dipilih untuk mengolah ikan teri. Selain ditambahkan pada sayur, ikan yang kaya akan protein ini juga dapat diolah sebagai lauk hingga peyek untuk camilan. Jangan lupa memilih ikan teri sebagai salah satu oleh-oleh khas Pangandaran yang bisa Anda bawa pulang, ya.


Selain oleh-oleh makanan khas Pangandaran, tentunya Anda bisa membeli pernak-pernik seperti hiasan rumah yang juga khas dari Pangandaran, lho.
Pernak-pernik khas Pangandaran seperti hiasan dinding dari kerang contohnya seperti cermin dan jam dinding, gantungan kunci, gelang, kalung, dan berbagai macam cindera mata lainnya atau berbelanja baju khas Pantai Pangandaran.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya, SobatMy.




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Kuliner Pangandaran Lainnya
Mengenal Honje Laka, Buah Asam Dari Pangandaran
Mengenal Honje Laka, Buah Asam Dari Pangandaran
Minggu, 21 April 2019 06:56 WIB
Honje Laka atau buah dari pohon kecombrang adalah buah khas dari Pangandaran, Honje Laka atau honje hutan (Etlingera hemisphaerica) juga bisa diolah
Jus Honje Minuman Khas Pangandaran
Jus Honje Minuman Khas Pangandaran
Kamis, 05 Maret 2015 10:03 WIB
Selain dikenal tempatnya pindang gunung buhun (semacam sup ikan), di kabupaten ini juga mulai dikenal dengan olahan berbahan dasar kecombrang (etlingera hemisphaerica)
Menikmati Renyahnya Calamari (Cumi Tepung) Khas Pangandaran
Menikmati Renyahnya Calamari (Cumi Tepung) Khas Pangandaran
Minggu, 15 Juli 2018 10:02 WIB
Olahan cumi-cumi biasa dijumpai di restoran-restoan atau pedagang oleh-oleh khas Pangandaran dipantai timur,tapi tahukah Anda kalau cumi tepung mempunyai nama lain yaitu
Catatan Perjalanan Green Canyon dan Sungai Citumang
Catatan Perjalanan Green Canyon dan Sungai Citumang
Sabtu, 15 Januari 2011 08:36 WIB
Pangandaran, sebuah kota kecil di daerah Ciamis yang memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Jika seseorang ditanya kesan apa yang pertama kali
7 Coffee Shop Photogenic di Pangandaran, Bikin Feed Instagram Kamu Makin Kece!
7 Coffee Shop Photogenic di Pangandaran, Bikin Feed Instagram Kamu Makin Kece!
Kamis, 03 Februari 2022 16:22 WIB
Wisatawan di Pantai Pangandaran kini semakin dimanjakan dengan hadirnya deretan café cantik yang tentunya sangat Photogenic. Kebutuhan social media bagi milenial muda menjadi
Si Manis Calangaren, Kuliner Khas dari Pangandaran
Si Manis Calangaren, Kuliner Khas dari Pangandaran
Senin, 13 Mei 2019 08:21 WIB
Berburu takjil untuk berbuka puasa pada saat ngabubirit di bulan Ramadan merupakan hal yang menyenangkan, sekaligus menjadi sebuah sensasi tersendiri. Di pasar-pasar

Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini