Gate     Upacara     Kamera     Simpati     
Kuliner Pangandaran
6 Tips Memasak Nasi Liwet agar Menghasilkan Rasa yang Lezat dan Gurih
Kuliner Pangandaran
6 Tips Memasak Nasi Liwet agar Menghasilkan Rasa yang Lezat dan Gurih


Nasi liwet, yang diolah dengan santan dan rempah-rempah harum, memberikan rasa gurih yang menggugah selera. Nasi liwet sering disajikan dengan beragam lauk, lalapan, dan sambal.


Berikut adalah 6 tips dari Chef Egy, Head Chef Talaga Sampireun, dilansir dari laman Kompas untuk memasak nasi liwet dengan hasil yang lezat dan gurih.

1. Gunakan Api Kecil saat Memasak dalam Panci Kastrol
Nasi liwet dapat dimasak dalam panci kastrol, panci biasa, atau rice cooker. Jika Anda memilih memasak nasi liwet dalam panci kastrol, pastikan untuk menggunakan api kecil. Menurut Chef Egy, ini akan mencegah bagian bawah nasi menjadi gosong.

2. Pilih Santan Segar dari Kelapa Tua
Disarankan untuk menggunakan santan segar yang dihasilkan dari perasan kelapa tua agar nasi liwet memiliki rasa yang lebih gurih. Chef Egy menjelaskan bahwa santan instan, meskipun bisa digunakan, cenderung memiliki rasa yang kurang gurih karena telah melalui proses fermentasi.

3. Tidak Perlu Memasukkan Semua Bahan pada Awal
Kesalahan umum adalah memasukkan semua bahan sekaligus pada awal proses memasak nasi liwet. Chef Egy mengingatkan bahwa memasukkan semua bahan pada awalnya, terutama teri, dapat mengubah rasa nasi dan membuatnya terlalu asin. Sebaiknya, cuci bersih beras terlebih dahulu, lalu tambahkan daun salam, serai, lengkuas, dan santan segar. Masak hingga setengah matang, baru kemudian tambahkan bahan lain seperti teri jengki dan teri medan yang sudah digoreng.

4. Gunakan Beras Pandan Wangi
Beras pandan wangi merupakan pilihan terbaik untuk memasak nasi liwet. Beras ini memiliki ukuran yang lebih besar, tekstur yang pulen, dan menghasilkan nasi yang harum.

5. Sesuaikan Takaran Air Santan dengan Baik
Pastikan takaran air santan sesuai agar nasi liwet tidak terlalu lembek. Chef Egy merekomendasikan aturan sederhana: jika Anda memasak satu kilogram beras, gunakan 1,2 liter air santan.

6. Gunakan Banyak Daun Salam
Tambahkan lebih banyak daun salam untuk mendapatkan rasa nasi liwet yang lebih gurih dan lezat.


Dengan mengikuti 6 tips ini, Anda dapat memasak nasi liwet yang memiliki rasa yang menggoda dan gurih. Semoga tips ini berguna bagi Anda.


(Foto/Gambar: Ilustrasi nasi liwet/iStockphoto)




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Kuliner Pangandaran Lainnya
Mengenal Honje Laka, Buah Asam Dari Pangandaran
Mengenal Honje Laka, Buah Asam Dari Pangandaran
Minggu, 21 April 2019 06:56 WIB
Honje Laka atau buah dari pohon kecombrang adalah buah khas dari Pangandaran, Honje Laka atau honje hutan (Etlingera hemisphaerica) juga bisa diolah
Menikmati Renyahnya Calamari (Cumi Tepung) Khas Pangandaran
Menikmati Renyahnya Calamari (Cumi Tepung) Khas Pangandaran
Minggu, 15 Juli 2018 10:02 WIB
Olahan cumi-cumi biasa dijumpai di restoran-restoan atau pedagang oleh-oleh khas Pangandaran dipantai timur,tapi tahukah Anda kalau cumi tepung mempunyai nama lain yaitu
Jus Honje Minuman Khas Pangandaran
Jus Honje Minuman Khas Pangandaran
Kamis, 05 Maret 2015 10:03 WIB
Selain dikenal tempatnya pindang gunung buhun (semacam sup ikan), di kabupaten ini juga mulai dikenal dengan olahan berbahan dasar kecombrang (etlingera hemisphaerica)
Catatan Perjalanan Green Canyon dan Sungai Citumang
Catatan Perjalanan Green Canyon dan Sungai Citumang
Sabtu, 15 Januari 2011 08:36 WIB
Pangandaran, sebuah kota kecil di daerah Ciamis yang memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Jika seseorang ditanya kesan apa yang pertama kali
7 Coffee Shop Photogenic di Pangandaran, Bikin Feed Instagram Kamu Makin Kece!
7 Coffee Shop Photogenic di Pangandaran, Bikin Feed Instagram Kamu Makin Kece!
Kamis, 03 Februari 2022 16:22 WIB
Wisatawan di Pantai Pangandaran kini semakin dimanjakan dengan hadirnya deretan café cantik yang tentunya sangat Photogenic. Kebutuhan social media bagi milenial muda menjadi
Si Manis Calangaren, Kuliner Khas dari Pangandaran
Si Manis Calangaren, Kuliner Khas dari Pangandaran
Senin, 13 Mei 2019 08:21 WIB
Berburu takjil untuk berbuka puasa pada saat ngabubirit di bulan Ramadan merupakan hal yang menyenangkan, sekaligus menjadi sebuah sensasi tersendiri. Di pasar-pasar

Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini