Hutan Mangrove     Penanjung Pangandaran     Desa Margacinta     Hau Eco Lodge     
Kuliner Pangandaran
Gulai Kambing Galunggung Pangandaran: Kesegaran Rasa yang Menggugah Selera
Kuliner Pangandaran
Gulai Kambing Galunggung Pangandaran: Kesegaran Rasa yang Menggugah Selera


Mencari sajian untuk berbuka puasa di Pangandaran? Anda tidak boleh melewatkan kelezatan gulai kambing Galunggung. Anda bisa menemukannya di Jalan Kidang Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Gulai kambing ini sering disajikan bersama sate Galunggung. Rasanya tidak lengkap jika hanya memesan sate tanpa gulai, begitu pula sebaliknya.


Rasa gulai kambing di Sate Galunggung 2 sangat memikat dengan cita rasa yang tidak amis dan kaya akan rempah alami. Kaldu kuningnya yang gurih dan lezat menyatu sempurna dengan daging kambing yang lembut.


Proses pembuatannya juga tidak memakan waktu lama karena daging telah melalui proses setengah matang. Ketika disajikan, tinggal dituangi dengan kuah gulai kuning yang lezat.

Gulai kambing Galunggung ini merupakan pilihan yang sempurna untuk hidangan berbuka puasa bagi pecinta daging. Kombinasi dengan sate kambingnya juga meningkatkan selera makan.


Ada dua opsi saat memesan gulai kambing, yaitu dengan sate atau sup iga. Keduanya menjadi favorit di tempat ini.

Harga satu porsi gulai kambing dan sup iga masih terjangkau, hanya Rp 35 ribu per porsi. Biasanya gulai ini menjadi tambahan hidangan atau menjadi menu utama yang disantap bersama sate.


Nama Gulai Kambing ini terkenal karena terkait dengan nama tempatnya, yaitu sate Galunggung, menjadikannya salah satu kuliner legendaris di Pangandaran. Restoran ini telah berjualan sejak tahun 1976.


detikJabar baru-baru ini mencoba mengunjungi rumah makan Sate Galunggung. Sejak pukul 16.30 WIB, pengunjung yang antre atau yang sudah memesan bersedia menunggu lebih lama untuk mendapatkan tempat untuk berbuka puasa.


Owner Sate Galunggung, Deni Heryadi, menjelaskan bahwa Sate Galunggung sudah berdiri sejak lama. "Ya dulu tahun 1976 waktu almarhum kakek mengembara dari Tasikmalaya ke Pangandaran untuk berjualan sate," ujarnya.

Nama Galunggung diambil dari daerah asal orang tuanya di Tasikmalaya. "Rumah kan dekat dengan Gunung Galunggung, jadi namanya yang terkenal sekarang sate Galunggung atau Gulai Galunggung," tambahnya.


Deni adalah generasi ketiga yang meneruskan usaha sate Galunggung di Pangandaran. "Dulu kakek Ajiji yang pertama buka di Pangandaran," katanya.


Meskipun namanya adalah sate Galunggung, menu yang ditawarkan sangat beragam, termasuk sate ayam, sapi, dan kambing. Namun, sate kambing dan gulai kambing adalah yang paling populer. "Semuanya dari resep warisan keluarga Galunggung," ucapnya.



(Foto/Gambar: Ilustrasi gulai kambing/Dok. Freepik/KamranAydinov)



Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Kuliner Pangandaran Lainnya
Mengenal Honje Laka, Buah Asam Dari Pangandaran
Mengenal Honje Laka, Buah Asam Dari Pangandaran
Minggu, 21 April 2019 06:56 WIB
Honje Laka atau buah dari pohon kecombrang adalah buah khas dari Pangandaran, Honje Laka atau honje hutan (Etlingera hemisphaerica) juga bisa diolah
Menikmati Renyahnya Calamari (Cumi Tepung) Khas Pangandaran
Menikmati Renyahnya Calamari (Cumi Tepung) Khas Pangandaran
Minggu, 15 Juli 2018 10:02 WIB
Olahan cumi-cumi biasa dijumpai di restoran-restoan atau pedagang oleh-oleh khas Pangandaran dipantai timur,tapi tahukah Anda kalau cumi tepung mempunyai nama lain yaitu
Jus Honje Minuman Khas Pangandaran
Jus Honje Minuman Khas Pangandaran
Kamis, 05 Maret 2015 10:03 WIB
Selain dikenal tempatnya pindang gunung buhun (semacam sup ikan), di kabupaten ini juga mulai dikenal dengan olahan berbahan dasar kecombrang (etlingera hemisphaerica)
Catatan Perjalanan Green Canyon dan Sungai Citumang
Catatan Perjalanan Green Canyon dan Sungai Citumang
Sabtu, 15 Januari 2011 08:36 WIB
Pangandaran, sebuah kota kecil di daerah Ciamis yang memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Jika seseorang ditanya kesan apa yang pertama kali
7 Coffee Shop Photogenic di Pangandaran, Bikin Feed Instagram Kamu Makin Kece!
7 Coffee Shop Photogenic di Pangandaran, Bikin Feed Instagram Kamu Makin Kece!
Kamis, 03 Februari 2022 16:22 WIB
Wisatawan di Pantai Pangandaran kini semakin dimanjakan dengan hadirnya deretan café cantik yang tentunya sangat Photogenic. Kebutuhan social media bagi milenial muda menjadi
Si Manis Calangaren, Kuliner Khas dari Pangandaran
Si Manis Calangaren, Kuliner Khas dari Pangandaran
Senin, 13 Mei 2019 08:21 WIB
Berburu takjil untuk berbuka puasa pada saat ngabubirit di bulan Ramadan merupakan hal yang menyenangkan, sekaligus menjadi sebuah sensasi tersendiri. Di pasar-pasar

Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini