Bank Indonesia     Mugibis     Pasar Pangandaran     Abad     
Tips Wisata
10 Tips Liburan Aman untuk Solo Traveler
Tips Wisata
10 Tips Liburan Aman untuk Solo Traveler


Liburan atau traveling dapat dilakukan dengan siapa saja, termasuk sendirian atau yang biasa dikenal dengan solo traveling. Dengan bepergian atau berlibur sendiri, kamu dapat melakukan berbagai hal baru dengan suasana dan pengalaman yang berbeda. Meski begitu, kamu perlu persiapan yang matang sebelum berangkat agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ya, SobatMy!

Lalu, apa saja sih hal yang harus dilakukan saat berlibur sendirian? Yuk simak informasi berikut ini mengenai 10 tips liburan aman untuk solo traveler dilansir dari laman Tempo!


1. Riset Tentang Tempat Tujuan
Tips liburan aman untuk solo traveler yang pertama adalah riset tentang tempat tujuan. Pastikan kamu sudah mengetahui tempat apa saja yang akan dikunjungi, akomodasi apa yang dipilih, di mana akan menginap, dan berbagai informasi lain mengenai tempat tujuan untuk berlibur. Dengan begitu, kamu dapat mempersiapkan kegiatan berlibur yang lebih matang. 

2. Cadangkan Identitas dan Dokumen Penting
Sebelum berangkat, sebaiknya cadangkan atau fotocopy dokumen identitas yang penting, seperti paspor atau visa. Selain itu, pastikan juga untuk memberikan dokumen tersebut kepada keluargamu. Hal ini dilakukan agar jika dokumen tersebut hilang saat dalam perjalanan liburan, kamu masih memiliki cadangannya. Perlu juga memberitahukan rencana perjalanan selama liburan kepada teman atau keluarga agar mereka mengetahui jika kamu baik-baik saja ya, Sob!

3. Siapkan Rencana Perjalanan
Solo traveling bukan berarti dapat bebas pergi kemanapun tanpa adanya persiapan. Persiapan ini perlu dilakukan agar kamu bisa mengetahui apa yang akan dilakukan dan destinasi wisata apa saja yang akan dikunjungi. Jangan sampai terlihat bingung di tempat baru, karena akan berisiko meningkatkan tindakan kriminal.

4. Pastikan Akomodasi yang Aman
Sebagai solo traveler, akomodasi adalah hal utama yang harus disiapkan. Maka, kamu harus memastikan agar tempat penginapan yang digunakan selama kamu liburan aman dan nyaman. Pastikan juga agar penginapan yang akan dipakai memiliki lokasi dan keadaan yang kondusif atau ramah untuk solo traveler. Hal ini karena kamu bepergian sendiri sehingga membutuhkan keamanan yang ekstra, Sob.

5. Cari Tahu Akses Transportasi
Saat traveling, kamu pasti akan mengunjungi beberapa destinasi wisata. Berpindah dari satu tempat ke tempat lain membutuhkan moda transportasi yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, kamu perlu mencari tahu akses transportasi yang mudah dijangkau saat akan mengunjungi suatu tempat wisata. Apabila menggunakan transportasi umum, seperti bus atau MRT, pastikan jadwal keberangkatan agar tidak tertinggal atau terlewat bus.

6. Bawa Obat Pribadi dan Uang Lebih
Tips liburan aman untuk solo traveler selanjutnya adalah membawa obat-obatan pribadi dan uang lebih. Solo traveling tentu berbeda ketika traveling bersama keluarga atau teman-teman. Kamu perlu mempersiapkan mental dan fisik agar selalu sehat selama berlibur. Oleh karena itu, penting untuk membawa obat-obatan pribadi dan uang lebih guna berjaga-jaga, ya Sob!

7. Bergabung dengan Grup atau Komunitas Solo Traveler
Jika kamu belum begitu yakin untuk melakukan solo traveling, kamu dapat meminta pendapat pada orang atau teman terdekat yang sudah pernah melakukan solo traverling sebelumnya. Kamu juga dapat bergabung dengan komunitas solo traveler untuk mendapatkan pandangan, masukkan, dan kekuatan agar kamu tambah yakin berlibur sendirian.

8. Catat Nomor Darurat dan Nomor Polisi Setempat
Karena kamu traveling sendirian, penting untuk mencatat nomor darurat yang dapat dihubungi jika kamu berada dalam keadaan terdesak. Baik nomor pasangan, teman, atau pun keluarga. Pastikan juga orang tersebut mudah dihubungi sehingga akan segera merespon saat dihubungi sewaktu-waktu. Selain itu, catat juga nomor polisi setempat agar dapat dihubungi saat kamu dalam keadaan bahaya.

9. Bawa Alat Pelindung Diri
Agar liburanmu menjadi lebih aman, bawalah alat perlindungan diri yang sederhana namun tetap berguna, seperti contoh semprotan merica. Alat ini bisa digunakan saat kamu berada dalam situasi yang bahaya atau diganggu oleh orang yang tidak dikenal. Dengan begitu, kamu dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

10. Manfaatkan Kemajuan Teknologi Melalui Ponsel
Tips liburan aman untuk solo traveler yang terakhir adalah memanfaatkan kemajuan teknologi melalui ponsel. Melalui ponsel, kamu dapat mencari informasi mengenai berbagai hal. Mulai dari mencari tempat makan terdekat, transportasi yang dapat diakses, destinasi yang dapat dikunjungi, hingga informasi cuaca, lalu lintas, dsb. Hal ini akan membantu dan memudahkan kegiatanmu saat berlibur sendirian.


Nah, itulah rangkuman informasi mengenai 10 tips liburan aman untuk solo traveler. Semoga bermanfaat ya, SobatMy!

(Foto/Gambar: Ilustrasi solo traveler/Dok.Shutterstock)




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Tips Wisata Lainnya
Daftar Homestay Murah di Pangandaran
Daftar Homestay Murah di Pangandaran
Selasa, 11 September 2018 10:11 WIB
Pangandaran sebagai kabupaten Pangandaran memiliki berbagai potensi wisata mulai dari pantai sampai wisata sungai. Dengan banyaknya objek wisata untuk di kunjungi maka
Suka Sensasi Baru? Hotel di Citumang Ini Menawarankan Sensasi Berbeda
Suka Sensasi Baru? Hotel di Citumang Ini Menawarankan Sensasi Berbeda
Senin, 27 November 2017 10:02 WIB
Mungkin sebagian besar wisatawan hanya tau jika citumang itu tempat wahan body rafting dengan airnya yang jernih dari gua bawah tanah. Kali
Secangkir Kopi dan Sebatang Rokok
Secangkir Kopi dan Sebatang Rokok
Selasa, 28 Maret 2017 09:52 WIB
Bangun pagi sinar mentari hangat di hati seiring bob marley nyanyikan lagu cinta.. aku belum mandi dan gosok gigi aku sudah di air, dengan
7 Cara Menikmati Pantai Barat Pangandaran
7 Cara Menikmati Pantai Barat Pangandaran
Senin, 27 April 2015 10:25 WIB
Wisata Pangandaran tidak lepas dari wisata kekayaan bahari atau wisata pantainya, terdapat setidaknya 7 pantai di wilayah kabupaten Pangandaran, dan dua diantaranya
7 Tips Liburan Asik di Pangandaran
7 Tips Liburan Asik di Pangandaran
Kamis, 05 Maret 2015 10:12 WIB
Selalu harus terencana ketika kita akan berlibur kemanapun, termasuk ke Pangandaran. Nah kali ini myPangandarantour.com akan coba memberikan beberapa tipsnya di simak
7 Tips Backpakeran ke Pangandaran
7 Tips Backpakeran ke Pangandaran
Sabtu, 16 Mei 2015 11:22 WIB
Banyak cara berlibur ke Pangandaran, liburan istimewa dengan menggunakan pesawat dan menginap di hotel berbintang? bisa, atau dengan jalur seru dan penuh

Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini